Museum “Paksa” di Taman Purbakala Sriwijaya
Pelesiran

Museum “Paksa” di Taman Purbakala Sriwijaya

“Jangan paksa abang, neng!” “Gak mau, pokoknya abang harus mau!” “Sungguh abang udah nggak sanggup.” “Mubazir abaaang! Ini pempek kapal selamnya masih ada 2 biji. Tekwan satu mangkuk. Pindang patin-nya masih satu panci! Siapa suruh maksa eneng masak sebegitu banyak!” “Abang nyerah, neng! Abang khilaf!” “Habisiiinnn!” *  *  * Maaf, drama yang tertulis di adegan … Baca lebih lanjut

Mencecap Nikmatnya Kumis eh Pempek Pak Raden
Kuliner / Pelesiran

Mencecap Nikmatnya Kumis eh Pempek Pak Raden

Hmm, baiklah aku mengaku, selama melewati masa kanak-kanak nan menggemaskan (serta diselinggi beberapa adegan perpeloncoan di sekolah) hingga sekarang memasuki usia remaja –uhuk, aku belum pernah sekalipun nyobain makan pempek di rumah makan Pak Raden. Padahal, nih warung eh restorannya tersohor banget! Letaknya pun di pusat kota yang bahkan dulu saat masih ngantor, dilewati setiap … Baca lebih lanjut

Kuliner Tepi Musi : Bergoyang Asyik Bersama Mbok Yah
Kuliner / Pelesiran

Kuliner Tepi Musi : Bergoyang Asyik Bersama Mbok Yah

“Hah, ngomongin makanan lagi?” Gitu ya kali pikir kalian. Bosan? Ah, hanya orang yang makan listrik kayak gadget yang bosan ngomongin makanan. Kalau kamu manusia normal apalagi yang berstatus mamamholic kayak aku, ngomongin makanan itu seru! Trus, coba pikirkan, mending mana : aku ngomongin kejombloan akut atau ngomongin makanan? Jajajaja. Di hari ke-2 perjalanan bersama teman-teman … Baca lebih lanjut

Kopdar Mancanegara di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Kopdar / Pelesiran

Kopdar Mancanegara di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

“Salam. @Omnduut masih berada di Palembang ye?” Begitu isi kicauan di sebuah twit yang dikirimkan oleh Nuar melalui akun @PenaBerkala. Tanpa mengecek siapa yang menyapa lewat twitter, aku langsung membalas : “Halo mas Nuar, iya masih di Palembang :)” Belakangan aku baru ngeh jika yang menyapaku itu seseorang dari negeri seberang. Dan, setelah dikepoin lebih … Baca lebih lanjut

Pesona di Ulu Kota Palembang : Kampung Al-Munawar
Pelesiran

Pesona di Ulu Kota Palembang : Kampung Al-Munawar

“Kampung Al-Munawar itu dimana, euy?” Pertanyaan ini sudah mencuat takkala ajakan mengunjungi Kampung Al-Munawar bergaung pasca workshop fotografi bersama Barry Kusuma dan Setiadi Darmawan, Sabtu (23/1) lalu di salah satu aula kantor Gubernur Sumatra Selatan. Workshopnya sendiri berlangsung seru walaupun sayang rencana untuk hunting foto di Bukit Siguntang batal terkendala cuaca yang kurang bersahabat. Kebetulan, … Baca lebih lanjut

Terkesima di Balaputra Dewa : Museum Uang Rp.10.000!
Pelesiran

Terkesima di Balaputra Dewa : Museum Uang Rp.10.000!

“Lim, kita mau ke mana lagi nih?” Tanyaku ke Halim pasca mengunjungi Bait Al-Akbar, galeri Al-Quran ukir terbesar di dunia. “Enaknya ke mana lagi ya Yan?” “Ke museum Balaputra Dewa, mau?” “Ya boleh, deh!” Halim si Jejak-bocahilang.com berada di Palembang pasca mengikuti Festival Teluk Semaka di Lampung. Sebelum pulang ke Jakarta, Halim memutuskan untuk singgah … Baca lebih lanjut