Pesona Mangrove Tapak Semarang
Kuliner

Pesona Mangrove Tapak Semarang

Dari jendela pesawat, sesaat sebelum mendarat di bandara Ahmad Yani, pandanganku menyapu ke bagian daratan. Nampaklah deretan pepohonan hijau yang awalnya kupikir tumbuhan bakau. Namun, saat itu aku tidak begitu yakin, mengingat hanya melihat sekilas dan akar menyeruak khas bakau tak terlihat dengan jelas. Maklum saja, wong aku ngeliatnya dari ketinggian, kan? Eh ternyata, itu … Baca lebih lanjut

Kopdar Kuliner : Kreasi Olahan Makanan Laut? Palembang Juaranya!
Kuliner

Kopdar Kuliner : Kreasi Olahan Makanan Laut? Palembang Juaranya!

“Saya sungguh kasihan dengan orang yang alergi seafood,” tulis Trinity, di salah satu bukunya. “Duh, makanan begitu enaknya, kok, nggak bisa?” lanjut Trinity. Yup benar sekali. Aku sendiri kadang masih terheran-heran gimana bisa ada tubuh yang menolak dimasuki makanan yang berasal dari laut. Ternyata ada beberapa penyebabnya, misalnya saja faktor keturunan, proses pengolahan yang nggak … Baca lebih lanjut

Yuk, Kita Intip Dapurnya Garuda Indonesia
Kuliner / Pelesiran

Yuk, Kita Intip Dapurnya Garuda Indonesia

“Sebelum kita melihat presentasi makanan yang biasanya disajikan di atas pesawat, ayo kita cicip dulu makanan yang sudah disediakan,” ajak Pak Asa, kepala kantor Garuda Indonesia yang ada di Palembang. Aku melirik sekilas ke sebuah ruangan yang telah menyediakan berbagai macam hidangan khas Palembang. Ada mie celor, laksan, celimpungan, lontong dan… tentu saja pempek! Huaa … Baca lebih lanjut

Mencecap Nikmatnya Kumis eh Pempek Pak Raden
Kuliner / Pelesiran

Mencecap Nikmatnya Kumis eh Pempek Pak Raden

Hmm, baiklah aku mengaku, selama melewati masa kanak-kanak nan menggemaskan (serta diselinggi beberapa adegan perpeloncoan di sekolah) hingga sekarang memasuki usia remaja –uhuk, aku belum pernah sekalipun nyobain makan pempek di rumah makan Pak Raden. Padahal, nih warung eh restorannya tersohor banget! Letaknya pun di pusat kota yang bahkan dulu saat masih ngantor, dilewati setiap … Baca lebih lanjut

Kuliner Tepi Musi : Bergoyang Asyik Bersama Mbok Yah
Kuliner / Pelesiran

Kuliner Tepi Musi : Bergoyang Asyik Bersama Mbok Yah

“Hah, ngomongin makanan lagi?” Gitu ya kali pikir kalian. Bosan? Ah, hanya orang yang makan listrik kayak gadget yang bosan ngomongin makanan. Kalau kamu manusia normal apalagi yang berstatus mamamholic kayak aku, ngomongin makanan itu seru! Trus, coba pikirkan, mending mana : aku ngomongin kejombloan akut atau ngomongin makanan? Jajajaja. Di hari ke-2 perjalanan bersama teman-teman … Baca lebih lanjut

Mencicipi Makanan Kaisar Mughal di Restoran Terbaik di Asia : Karim Restaurant
Kopdar / Kuliner / Pelesiran

Mencicipi Makanan Kaisar Mughal di Restoran Terbaik di Asia : Karim Restaurant

Sore hari, di jalanan kota New Delhi… Aku terus melangkahkan kaki. Seharusnya kami sudah menemukan India Gate sejak lama. Namun entah kenapa kami seolah-olah berjalan memutar sejak tadi. Beberapa orang yang kami tanyakan hanya menjawab, “lurus saja, sudah dekat,” atau, “Kau lihat jalan di ujung sana? Setelah itu kau belok ke kiri.” Tapi tetap saja … Baca lebih lanjut