Perjalanan Sebutir Biji Kopi di Festival Kopi Al-Munawar
Pelesiran

Perjalanan Sebutir Biji Kopi di Festival Kopi Al-Munawar

Bukti bahwa aku bukan penikmat kopi ialah sampai detik ini aku masih saja berpendapat, “apa enaknya kopi yang pahit?” nah, bagi pecinta kopi garis keras, kata-kata itu terasa begitu menyakitkan. Well, mungkin kata-kata itu selevel kayak aku ngatain orang, “apa gunanya ganteng/cantik tapi jomblo?”(1) yekan yekan yekan? Jadi inget saat terakhir kali ke Jambi, diajakin ke … Baca lebih lanjut

Hunian Istimewa di Kota Pagaralam : Besh Hotel & Villa
Pelesiran

Hunian Istimewa di Kota Pagaralam : Besh Hotel & Villa

Beberapa waktu lalu, aku sudah menulis tentang 10 kegiatan eksplorasi yang dapat dilakukan di kota Pagaralam, Sumatra Selatan. Salah satunya adalah leyeh-leyeh di penginapan. “Heh, liburan kok hanya leyeh-leyeh?” Ya nggak apa-apa banget. Tujuan orang liburan kan beda-beda. Ada yang memang ingin beristirahat atau ingin mengeksplor destinasi wisata. Lebih-lebih jika liburannya dalam rangka hanimun, kan … Baca lebih lanjut

Museum “Paksa” di Taman Purbakala Sriwijaya
Pelesiran

Museum “Paksa” di Taman Purbakala Sriwijaya

“Jangan paksa abang, neng!” “Gak mau, pokoknya abang harus mau!” “Sungguh abang udah nggak sanggup.” “Mubazir abaaang! Ini pempek kapal selamnya masih ada 2 biji. Tekwan satu mangkuk. Pindang patin-nya masih satu panci! Siapa suruh maksa eneng masak sebegitu banyak!” “Abang nyerah, neng! Abang khilaf!” “Habisiiinnn!” *  *  * Maaf, drama yang tertulis di adegan … Baca lebih lanjut

Menyapa Pulau Marisa di Danau Ranau
Pelesiran

Menyapa Pulau Marisa di Danau Ranau

“Marisa Nasution?” “Bukan, tapi Marisa Tomei.” Eh, ngelantur. Marisa yang dimaksud adalah nama pulau yang berada di tengah Danau Ranau. Namanya cakep ya! Lantas, darimana nama ini berasal? *    *    * Perjalanan ke Danau Ranau ditempuh sekitar 1 jam dari pusat kabupaten OKU Selatan. Kami sempat main dan makan siang bersama dengan Bupati OKU Selatan, … Baca lebih lanjut

Pelesiran Ke Pagaralam? Lakukan 10 Kegiatan Ekplorasi Ini!
Pelesiran

Pelesiran Ke Pagaralam? Lakukan 10 Kegiatan Ekplorasi Ini!

KALAU kalian penggemar film India yang sering lihat adegan nari di pepohonan dan perkebunan teh kayak di lagu ini, jangan sedeh, kalau sekadar jejogetan ala-ala penari India kayak gitu, di Pagaralam, Sumatra Selatan juga bisa kok! Pagaralam? Iyap, mungkin perkebunan teh paling tersohor itu yakni perkebunan Rancabali yang ada di Ciwidey, Jawa Barat ya? Padahal … Baca lebih lanjut

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 : Banjir Selfie di Jembatan Ampera
Kopdar

Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016 : Banjir Selfie di Jembatan Ampera

“Farah, nanti sekitar jam 4 kita sudah harus bangun. Jam 5 sudah di atas Jembatan Ampera.” Itu yang aku bilang ke Farah, pemilik blog ThatSoFarah.com, salah satu partisipan di Kerala Blog Express 2016 dan menjadi satu-satunya perwakilan dari Malaysia. Kebetulan, sejak di Kerala aku sudah menginformasikan mengenai akan adanya Gerhana Matahari Total tanggal 9 Maret … Baca lebih lanjut