Visit Tidore Island – Bukti Betapa Indonesia Itu Kaya
Pelesiran

Visit Tidore Island – Bukti Betapa Indonesia Itu Kaya

Suara tawa sesekali terdengar menggema di TRC (Tourist Reception Center) yang berada di kota Srinagar, India. Kami berbincang hangat di tengah musim dingin yang membekukan seisi Kashmir. Di hadapan kami, terhidang satu teko kecil chai –teh susu, hangat dan beberapa bungkus biskuit. Semua itu diberikan oleh aunty Jamilah kepada aku, Indra dan Ahlan, yang datang … Baca lebih lanjut

These are The Reasons Why You Will Say, “Wow, Amazing Japan!”
Pelesiran / Serba

These are The Reasons Why You Will Say, “Wow, Amazing Japan!”

Jepang itu Doraemon. Doraemon itu Jepang. Itu yang ada di benakku sejak kecil hingga sekarang. Ingat banget, usia balita, pertama kali “kenal” Jepang ya dari komik Doraemon. Dijajakan pedagang keliling yang berjualan di klinik praktik dokter. Biasa kan, kalau sedang menunggu antrean ada pedagang yang menawarkan buku/majalah? Nah, Doraemonlah komik pertama yang aku punya. Walapun, … Baca lebih lanjut

Liburan Hemat Musim Panas di Sydney? Bisa!
Serba

Liburan Hemat Musim Panas di Sydney? Bisa!

Aku pernah terperangkap musim panas di Varanasi, India tahun lalu. Suhu di sana mencapai 42 derajat. Bagi orang yang sepanjang hidup tinggal di negara tropis, aku ya kaget juga. Apalagi selama di Varanasi, praktis aku mengeksplor kota dengan berjalan kaki. Uih, serasa masuk oven raksasa. Lebih-lebih, perjalanan ke kota Varanasi dilakukan pasca mengunjungi kawasan bersalju … Baca lebih lanjut

#SaveOrangutan : Demi Cinta Kita Terhadap Anggi, Usro, Kumba & Teman-temannya
Serba

#SaveOrangutan : Demi Cinta Kita Terhadap Anggi, Usro, Kumba & Teman-temannya

“Abang udah gak sayang, ya?” “Maksud eneng?” “Itu bilang cinta ke Anggi segala,” ujar eneng dengan suara bergetar. “Trus, siapa pula itu Busro dan Kumba, bang? Apa maksudnya? Sedih eneng abang buat. Perih hati eneng, bang!” isak eneng sambil berlari menghindar. “Neng….” CUT! Eh? Sumpah ini sutradaranya nggak asyik, lagi seru kok di cut aja. Hehe, … Baca lebih lanjut

Hampir Mati Karena Gramedia
Serba

Hampir Mati Karena Gramedia

Suatu hari, di dalam sebuah bus, seorang pemuda tanggung tiba-tiba berpindah tempat dan duduk di kursi kosong yang ada di sebelahku. Semua nampak normal hingga tak lama kemudian, gelagatnya mulai aneh. Beliau nampak gelisah dan matanya awas memandang sekitar. Tiba-tiba, beliau memepetku yang kebetulan duduk di dekat jendela bus. “Hei dek, lihat ini!” ujar pemuda … Baca lebih lanjut

From Jammu To Srinagar : Jalan Panjang Menuju Secuil Surga di Dunia
Pelesiran

From Jammu To Srinagar : Jalan Panjang Menuju Secuil Surga di Dunia

“Hey, what is your name?” Seorang pemuda nampak mensejajarkan langkahnya denganku. Hari semakin gelap saat itu. Pikiranku sedikit kalut. Terus terang aku tidak terlalu ngeh terhadap kehadirannya, juga terhadap pertanyaannya. Hanya satu yang ada di pikiranku saat itu yakni bagaimana caranya aku harus keluar dari kota ini. Secepatnya! “Oh sorry, my name is Haryadi,” jawabku … Baca lebih lanjut