Museum “Paksa” di Taman Purbakala Sriwijaya
Pelesiran

Museum “Paksa” di Taman Purbakala Sriwijaya

“Jangan paksa abang, neng!” “Gak mau, pokoknya abang harus mau!” “Sungguh abang udah nggak sanggup.” “Mubazir abaaang! Ini pempek kapal selamnya masih ada 2 biji. Tekwan satu mangkuk. Pindang patin-nya masih satu panci! Siapa suruh maksa eneng masak sebegitu banyak!” “Abang nyerah, neng! Abang khilaf!” “Habisiiinnn!” *  *  * Maaf, drama yang tertulis di adegan … Baca lebih lanjut

Kopdar Mancanegara di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang
Kopdar / Pelesiran

Kopdar Mancanegara di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

“Salam. @Omnduut masih berada di Palembang ye?” Begitu isi kicauan di sebuah twit yang dikirimkan oleh Nuar melalui akun @PenaBerkala. Tanpa mengecek siapa yang menyapa lewat twitter, aku langsung membalas : “Halo mas Nuar, iya masih di Palembang :)” Belakangan aku baru ngeh jika yang menyapaku itu seseorang dari negeri seberang. Dan, setelah dikepoin lebih … Baca lebih lanjut

Terkesima di Balaputra Dewa : Museum Uang Rp.10.000!
Pelesiran

Terkesima di Balaputra Dewa : Museum Uang Rp.10.000!

“Lim, kita mau ke mana lagi nih?” Tanyaku ke Halim pasca mengunjungi Bait Al-Akbar, galeri Al-Quran ukir terbesar di dunia. “Enaknya ke mana lagi ya Yan?” “Ke museum Balaputra Dewa, mau?” “Ya boleh, deh!” Halim si Jejak-bocahilang.com berada di Palembang pasca mengikuti Festival Teluk Semaka di Lampung. Sebelum pulang ke Jakarta, Halim memutuskan untuk singgah … Baca lebih lanjut

Mendadak Mengecap Sejarah di Museum Ketransmigrasian Lampung
Pelesiran

Mendadak Mengecap Sejarah di Museum Ketransmigrasian Lampung

“Duh, mana ini si Bedu, kok lama banget.” “Nggak apa-apa, Pak. Kita tunggu kok.” Seorang petugas Museum nampak sedikit kesal dan khawatir si Bedu, pemegang kunci Museum Ketransmigrasian ini tak kunjung datang. Beliau merasa tidak enak dengan kami, si pengunjung museum yang datang kesorean ini saat jam kunjung museum memang sudah habis. Tak lama kemudian, … Baca lebih lanjut

Melongo Takjub di Museum Bank Indonesia
Kopdar / Pelesiran

Melongo Takjub di Museum Bank Indonesia

“Mas maaf air minum dan tasnya harus dititipkan,” ujar seorang petugas sembari mendekatiku. “Wah, museumnya lumayan ketat, nih!” batinku. Sebelum ke museum Bank Indonesia ini aku juga mendatangi museum Bank Mandiri yang berada di sebelahnya. Di museum Bank Mandiri nggak pake acara titip tas segala, sih. Tapi ya udahlah, namanya juga peraturan kan dibuat demi … Baca lebih lanjut