Siapkan Waktu Lebih Banyak di Chinese Garden Singapura
Pelesiran

Siapkan Waktu Lebih Banyak di Chinese Garden Singapura

Masih menyongsong semangat jalan-jalan hemat di Singapura bersama para sepupu, saya sengaja mencari destinasi yang gratisan. Atau jikapun bayar, ya nggak mahal-mahal amat hehe. Jadilah, saya nemu beberapa tempat yang menarik. Salah satunya yakni Marina Barrage yang sudah saya tulis sebelumnya. Nah, di kesempatan kali ini, giliran Chinese Garden yang akan saya ulas. Sesuai namanya, … Baca lebih lanjut

Nostalgia di Sepur Kluthuk Jaladara di Surakarta
Pelesiran

Nostalgia di Sepur Kluthuk Jaladara di Surakarta

Saat berkunjung ke Solo beberapa waktu lalu, saya dan rombongan berkesempatan mendatangi banyak sekali tempat yang menarik. Salah satunya yang sudah saya tulis sebelum ini ialah Keraton Surakarta. Selebihnya, tempat wisata di Solo kebanyakan seputar bangunan tua, pusat budaya, museum dan wisata kuliner. Untuk wisata alam sih bisa juga, tapi harus melipir dikit ke pinggiran … Baca lebih lanjut

Balada Berbelanja di Saudi Arabia
Pelesiran

Balada Berbelanja di Saudi Arabia

Ada banyak sekali kisah menarik selama perjalanan umroh April lalu. Dari yang seneng, sebel, bikin ketawa, bikin emosi dan lain sebagainya. Campur aduk deh kayak isi gerobaknya mamang jualan gorengan. –ehgimana? Dan, dapat dibilang, semua pengalaman itu terjadi di pasar, pertokoan atau apapunlah namanya di mana banyak penduduk asli menggelar barang dagangannya. Ya namanya juga … Baca lebih lanjut

Sejenak di Keraton Surakarta Hadiningrat
Pelesiran

Sejenak di Keraton Surakarta Hadiningrat

Masih teringat jelas perjalanan seru saya ke Yogyakarta akhir tahun lalu, dimana, pada saat itu, saya berkesempatan berkunjung ke beberapa tempat menarik, termasuklah Keraton Yogyakarta. Mungkin karena pesona Tanah Jawa yang kian memikat, takkala datang kembali satu kesempatan untuk berkunjung ke Solo, saya tak mampu menolaknya. Pertama, jelas karena saya belum pernah sekalipun menginjakkan kaki … Baca lebih lanjut

Cara Seru Menghabiskan Sore di Singapura : Leyeh-leyeh di Marina Barrage
Pelesiran

Cara Seru Menghabiskan Sore di Singapura : Leyeh-leyeh di Marina Barrage

Saya pertama kali mengetahui kalau Singapura ada tempat keren bernama Marina Barrage ini dari novel Finding You yang saya baca 5 tahun lalu. Ceritanya, tokoh utama novel tersebut ke Singapura untuk sebuah seminar dan di waktu luang, dia mendatangi tempat ini. Penggambaran yang apik oleh penulisnya, bikin saya penasaran. Saat dulu membacanya, saya langsung googling … Baca lebih lanjut

Sapa Hangat di Kuil Matahari, Kashmir
Pelesiran

Sapa Hangat di Kuil Matahari, Kashmir

Saya lupa tepatnya, namun rasanya sekitar 3 bulan pasca kepulangan saya backpacking ke India, saat telepon genggam saya berdering dan saya mendapati nomor asing berawalan +91 di layar gawai. Tanpa berpikir lama, saya tahu itu telepon dari India. Perjalanan backpacking memang sudah berakhir. Namun, rasanya segala sesuatu yang berhubungan dengan India masih melekat baik di … Baca lebih lanjut

Mumpung di Maluku Utara, Jelajah Ternate, Ah!
Pelesiran

Mumpung di Maluku Utara, Jelajah Ternate, Ah!

Sebut saja ini bonus. Bonus yang terlampau menyenangkan dari sebuah perjalanan. Gimana tuh maksudnya? Gini, udah tahu dong kalau saya diundang ke Tidore karena menangin lomba menulis Tidore Untuk Indonesia beberapa waktu lalu? Nah, alhamdulillah, sebagai hadiah atas kompetisi tersebut, saya dan pemenang lain mendapatkan hadiah perjalanan ke Tidore selama 7 hari. Tak puas hanya … Baca lebih lanjut