Latest Entries
Sejenak di Keraton Surakarta Hadiningrat
Pelesiran

Sejenak di Keraton Surakarta Hadiningrat

Masih teringat jelas perjalanan seru saya ke Yogyakarta akhir tahun lalu, dimana, pada saat itu, saya berkesempatan berkunjung ke beberapa tempat menarik, termasuklah Keraton Yogyakarta. Mungkin karena pesona Tanah Jawa yang kian memikat, takkala datang kembali satu kesempatan untuk berkunjung ke Solo, saya tak mampu menolaknya. Pertama, jelas karena saya belum pernah sekalipun menginjakkan kaki … Baca lebih lanjut

Kembali Menyapa Belitong
Pelesiran

Kembali Menyapa Belitong

“Bang, rumah kami sudah tenggelam, doakan kami selamat.” Diana, sepupu saya yang tinggal di Desa Gantung, Belitong Timur berkata dengan terisak di ujung telepon. Selanjutnya, secara bergantian, keluarga yang ada di sana dengan berurai air mata mengabarkan kondisi yang mereka hadapi. Tidak ada yang lebih memilukan dari mendengar kabar kerabat yang sedang kesusahan namun tidak … Baca lebih lanjut

Cara Seru Menghabiskan Sore di Singapura : Leyeh-leyeh di Marina Barrage
Pelesiran

Cara Seru Menghabiskan Sore di Singapura : Leyeh-leyeh di Marina Barrage

Saya pertama kali mengetahui kalau Singapura ada tempat keren bernama Marina Barrage ini dari novel Finding You yang saya baca 5 tahun lalu. Ceritanya, tokoh utama novel tersebut ke Singapura untuk sebuah seminar dan di waktu luang, dia mendatangi tempat ini. Penggambaran yang apik oleh penulisnya, bikin saya penasaran. Saat dulu membacanya, saya langsung googling … Baca lebih lanjut

Sapa Hangat di Kuil Matahari, Kashmir
Pelesiran

Sapa Hangat di Kuil Matahari, Kashmir

Saya lupa tepatnya, namun rasanya sekitar 3 bulan pasca kepulangan saya backpacking ke India, saat telepon genggam saya berdering dan saya mendapati nomor asing berawalan +91 di layar gawai. Tanpa berpikir lama, saya tahu itu telepon dari India. Perjalanan backpacking memang sudah berakhir. Namun, rasanya segala sesuatu yang berhubungan dengan India masih melekat baik di … Baca lebih lanjut

Mumpung di Maluku Utara, Jelajah Ternate, Ah!
Pelesiran

Mumpung di Maluku Utara, Jelajah Ternate, Ah!

Sebut saja ini bonus. Bonus yang terlampau menyenangkan dari sebuah perjalanan. Gimana tuh maksudnya? Gini, udah tahu dong kalau saya diundang ke Tidore karena menangin lomba menulis Tidore Untuk Indonesia beberapa waktu lalu? Nah, alhamdulillah, sebagai hadiah atas kompetisi tersebut, saya dan pemenang lain mendapatkan hadiah perjalanan ke Tidore selama 7 hari. Tak puas hanya … Baca lebih lanjut

Di Balik Layar Pembuatan Buku Jungkir Balik Dunia Bankir
Publikasi

Di Balik Layar Pembuatan Buku Jungkir Balik Dunia Bankir

Emang mbak Cinta aja yang harus menunggu sekian purnama demi bertemu kembali dengan bang Rangga? Lha, saya juga begitu! Saya harus menunggu kurang lebih 4 tahun untuk mendapati sebuah buku dengan sampul bertuliskan nama saya sendiri! Aaaaa! Eh sebentar, permisi, saya mau salto dulu saking senengnya! -lalu pinggang encok. Ah, sungguh usia tidak pernah berlaku … Baca lebih lanjut