Pelesiran

Ini Dia Destinasi di Bali yang Pernah Didatangi oleh Pesohor Hollywood

.

Aku berada di commuter line yang membawaku dari stasiun di Batu Caves menuju KL Sentral saat aku berjumpa dengan sepasang traveler bule yang sibuk membolak-balik Lonely Planet edisi Indonesia. Mereka asyik berbincang dalam bahasa Inggris sembari mengutak-atik itinerary dan mencatat banyak hal di buku kecil yang mereka bawa. Mendapati hal itu, aku nggak tahan untuk tidak menyapa mereka.

“Hai mas, mbak. Mau liburan ke Indonesia, ya?” sapaku.

“Hai, iya nih, besok rencananya kami bertolak ke Bali setelah menghabiskan beberapa hari di Kuala Lumpur,” ujar si traveler pria. Wanita yang berada di sebelahnya pun merespon dengan memberikan senyuman hangat.

Lonely PLanet Indonesia seperti yang mereka bawa. Kebetulan aku punya juga 🙂 Yang di atas itu memperlihatkan kalau Ubud masuk dalam buku “501 Must-Visit Destinations”-nya D Brown. Keren, ya!

Kami lantas berbincang seru. Mengetahui aku berasal dari Indonesia, mereka langsung menyodorkan Lonely Planet tersebut dan berkata, “wah pas banget, tolong dong kasih masukan, sebaiknya kami jalan ke mana saja selama di Bali.”

Dzeggh. Duh, gimana ini, aku kan belum pernah sekalipun ke Bali! Huaa, trus gimana? Jadilah, dengan malu-malu aku berkata, “nganu, mas-mbak, pangapunten, aku belum pernah ke Bali.” Yang kemudian mendapatkan tatapan, “serius lo?” dari mereka.

Tak hanya sekali, dulu saat diundang di Kerala Blog Express, aku banyak mendapatkan tatapan serupa dari blogger lain yang sudah pernah ke Indonesia (baca : Bali). Bahkan, teman-temanku di grup perjalanan suka ngebully begini, “hah yang bener Yan? Ke Langkawi aja udah 2 kali. Ke India, Hong Kong dan Thailand udah. Kok ke Bali malah belum pernah?”

Javier Bardem & Julia Robert, dua bintang besar peraih penghargaan Academy Award saat berada di Bali untuk syuting Eat, Pray, Love

Rrr, iya juga ya, rasanya semua traveler (pasti) pernah ke Bali. Lha, tahun lalu aja hampir 5 juta wisatawan datang ke Bali. Sebagian malah datang dari negeri yang jauh. Lha kok aku yang “dekat” aja belum pernah? Kenapa oh kenapa? Gak malu apa sama pesohor Hollywood yang menjadikan Bali sebagai destinasi berlibur mereka? Beberapa film pun memilih Bali sebagai lokasi syutingnya.

“Oh ya? Emangnya siapa saja sih pesohor Hollywood yang sudah mampir ke Bali?”

Ini dia!

Mengulik Pesona Candi Gunung Kawi

Bisa jadi, objek wisata ini tidak setenar objek wisata lain yang ada di Bali. Namun, tempat ini pernah dipilih sebagai lokasi syuting film The Fall –salah satu film favoritku, yang dibintangi oleh Lee Pace (Guardians of The Galaxy & The Hobbit series), maka sepertinya wajib banget main ke kawasan candi ini jika kelak berkesempatan ke Bali.

Tempat ini disajikan dengan begitu indah dan sakral di film The Fall di mana ada nama besar David Fincher di baliknya.

Candi yang dibangun pada abad ke-11 masehi pada masa pemerintahan Raja Udayana ini konon dibangun oleh orang sakti yang dikenal dengan nama Kebo Iwa. Dengan kesaktiannya, Kebo Iwa menatahkan kuku-kukunya untuk memahat bebatuan sehingga terbentuklah pahatan indah pada dinding batu cadas.

Masih tergambar jelas adegan film yang diambil di sini. Yakni, pengelanaan salah satu tokohnya yang disambut dengan tarian kecak. Sungguh menawan! Kini, situs purbakala yang terletak di Sungai Pakerisan, Kecamatan Tampaksiring, Kabupaten Gianyar ini menjadi salah satu situs purbakala yang dilindungi di Bali. Paten!

Memandang Keindahan Persawahan Tegalalang di Ubud

Kalau objek wisata yang satu ini, dijamin sudah banyak dikenal oleh wisatawan. Apalagi pasca film Pray Eat Love booming beberapa tahun silam dan nampaklah adegan persawahan ini di opening scene-nya. Mbak Julia Robert juga Nampak asyik mengayuh sepeda di area persawahan yang emang banyak tersebar di Ubud.

Siapa sangka, sistem perairan sawah di Ubud, Bali ini termasuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO!

Spesialnya lagi, sistem perairan sawah di sana telah ditetapkan menjadi salah satu warisan situs dunia oleh UNESCO pada tahun 2012 lalu. Sebagai postcrosser, kartu pos bergambar sawah yang “berteras” ini menjadi incaran oleh para postcrosser di seluruh dunia. Haa, lumayan banget ya, mengenalkan Bali dari keindahan persawahannya seperti ini. Btw, The Fall juga mengambil beberapa gambar di persawahan Tegalalang ini. Kayaknya wajib banget ya pose kece di sini 🙂

Takjub Sekejap di Nusa Dua

Yuk beralih ke pasangan seleb Hollywood lain yang “kepergok” berlibur ke Bali beberapa tahun lalu. Siapa sih? Itu, mas Ashton Kutcher, pria yang pernah jadi brondongnya-mbak-Demi-Moore ini menghabiskan waktu selama sepekan dengan kekasih (yang kini sudah jadi istrinya) Mila Kunis.

Nampak salah saru resort mewah di kawasan Nusa Dua, Bali. Siapa yang gak ngeces liat pantai berpasir putih kayak gini, coba?

Mereka berdua melewatkan liburan di kawasan Nusa Dua yang merupakan sebuah enclave berisi deretan resort bintang 5 bertaraf internasional yang emang jadi incaran banyak wisatawan borjuis untuk “menghamburkan” pundi-pundi mereka di pulau dewata.

Selain deretan penginapan mewah, terdapat beberapa objek wisata juga di kawasan ini. Misalnya saja Pantai Nusa Dua-nya yang terkenal kece bana-bana itu. Atau juga Pantai Geger dan Pantai Pandawa yang tak kalah cakep. Mau olahraga? Bias nyobain flyboarding yang lagi hits banget. Kalau mau lihat atraksi seni, bisa pilih menyaksikan Devdan Show. Hayo, jika sudah begini siapa yang gak mupeng, kan?

Merasakan Serunya Arung Jeram di Sungai Ayung

Jauh sebelum Sungai Ayung makin tersohor karena didatangi Presiden Obama, di tahun 2012, penyanyi harimau-aum-aum Katy Perry udah duluan mendatangi Sungai Ayung dan menjajal keseruan arung jeramnya. Aku sih pernah ya nyobain rafting di kabupaten OKU, Sumatra Selatan. Rasanya seru luar biasa! Di OKU saja pemandangannya udah kece.

Arung Jeram adalah olahraga yang menyenangkan. Apalagi bonusnya jalur dan pemandangan kayak gini. Obama & Katy Perry aja sampe nyobain!

Nah di Ayung, pemandangannya lebih spekta lagi. Gak heran, karena sisi sungai ini dihiasi oleh persawahan dan di satu bagian terdapat air terjunnya segala. Sungai yang oleh masyarakat setempat disebut Tukad Ayung ini adalah sungai dengan panjang 68,5 km ini adalah sungai terpanjang yang ada di Bali. Hmm, kira-kira cakepan mana ya sama Sungai Musi? Hehe, mesti bandingkan sendiri, langsung di sana!

Menganga di Uluwatu

Jika Ashton Kutcher datang bersama pacar, Obama datang bersama keluarga dan mbak Katy Perry datang bersaman-teman, nah Christina Aguilera datang bersama Jordan Bratman saat berbulan madu pasca menikah. Uwuwuwu! Ironisnya sekarang mereka udah cerai hohoho.

Pemandangan indah Pura Luhur Uluwatu dilihat dari atas. Phil Keoghan pernah datang ke sini bersama kru The Amazing Race.

Saat itu, mereka menghabiskan honeymoon di kawasan Uluwatu yang berada di wilayah Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Badung. Kawasan ini juga yang pernah didatangi oleh tim The Amazing Race, tepatnya ke Pura Luhur Uluwatu yang berada di tepi tebing dengan view hamparan laur. Indah sekali! Eh ngomongin bulan madu, mega bintang Korea Selatan, Rain dan Kim Tae Hee serta Miss Universe 2004 asal Australia Jennifer Hawkins (beserta suami Jake Wall) pun menghabiskan waktu honeymoon mereka di Bali. Mantaf!

Jumpa Teman “Lama” di Ubud Monkey Forest

Di Palembang sini sih ada juga kawasan yang banyak monyetnya. Adanya di Komplek Bagus Kuning dimana monyet-monyet tersebut dipercaya sebagai penunggu/pelindung makam kramat yang ada di sana. Nah, di Bali juga ada, tepatnya di Desa Ubud, sekitar 26 km dari Denpasar.

Ntah apa yang bikin Paris Hilton tertarik datang ke Ubud Monkey Forest ini. Mungkin mau nyari monyet yang mirip sama Rick Solomon? hwhwhw

Hutan yang memiliki luas sekitar 8 hektar dan bersisian dengan pemakaman ini dianggap sebagai salah satu tempat suci. Terdapat pura juga di kawasan ini. Lantas, tahu siapa pesohor yag pernah datang ke sana? Itu, mbak Paris Hilton. Ngapain? Ya liburanlah! Gak mungkin banget syuting sekuel 1 Night in Paris, kan? –ya kali jadi 1 Night in Bali hwhw.

Kenapa Mereka Memilih Bali?

Bali yang dikenal sebagai Pulau Dewata sudah menggaung namanya sejak lama. Bahkan, akuilah, banyak cerita dari para pejalan dimana mereka lebih mengenal Bali ketimbang Indonesia itu sendiri. Film Eat Pray Love aja bahkan menuliskan Italy, India & Bali bukan Indonesia saat launching yang kemudian menuai (sedikit) kontra dari warganet.

“Ntah kenapa, jika ke Bali, aku merasa seperti sedang di luar negeri. Karena aura Bali itu beda banget,” ujar salah seorang selebriti di tayangan gosip yang aku tonton. “Pokoknya, Bali itu nggak akan pernah bosen untuk dikunjungi,” ujarnya lagi.

Apa iya Bali seistimewa itu? Hmm, walaupun aku belum pernah ke sana, aku setuju dengan itu. Ibaratnya nih, pesohor dari berbagai penjuru dunia aja niat datang ke Bali.

Grup musik Michael Learns To Rock (MLTR) aja bahkan pernah syuting video klip di Bali (tepatnya Pantai Padang-Padang) 22 tahun yang lalu untuk lagu “Someday” yang kemudian meledak dan bercokol di tangga lagu dunia.

Haa, pingin gegulingan dan ngebasahin “insang” di Pantai Padang-padang ini. MLTR pernah syuting video klip di sini, lho!

Bahkan, 2 tahun sebelumnya, penyanyi terkenal asal Filipina Maribeth lebih dulu mempopulerkan Bali melalui lagu Denpasar Moon-nya. Bagi anak generasi 80-an akhir dan 90-an awal, pasti ngeh dengan lagu yang sampe sekarang masih sering aku dengarkan itu.

Bali itu lengkap! Nggak usah diragukan lagi keindahan alamnya. Ditopang dengan penduduk yang ramah yang masih memegang adat budaya dengan teguh. Ya, sebagaimana mayoritas penduduk Indonesialah, yang memang murah senyum, ramah, doyan ngelawak (itu sih aku sih hwhw) dan funky abis hahaha.

Selain itu, Bali menjelma menjadi lokasi wisata andalan di Indonesia dengan elemen-elemen penunjangnya, seperti wisata belanja dan kuliner. Siapa yang gak penasaran mencicipi Bebek Betutu yang femes itu, coba?

Di Palembang sini sih ada yang jual, tapi gak sah kan kalo gak icip langsung di kota asalnya. Itu makanan serasa antiklimaks di lidah -alagh 🙂 ibarat Bika Ambon yang asli buatan Medan tapi dimakan oleh orang Jawa yang kebetulan lagi tinggal di Palembang hahaha.

Lupakan diet! hidangan selezat ini sayang banget kalau dianggurin!

Atraksi seni dan budaya Bali juga banyak memukau wisatawa dunia. Siapa yang gak terpesona coba saat dipertontonkan Tari Kecak yang indah itu? Di film The Fall (well, ini film aku favoritkan banget, makanya aku sebut terus), Tari Kecak ditampilkan dengan sedemikian indah dan…magis. Nah, kalau atraksi budaya lain yang mupeng aku lihat (dan coba) itu sih Omed-Omedan –silakan googling sendiri hwhwhw.

Nama sederet pesohor Hollywood yang aku sebutkan di atas itu adalah secuil saja dari banyak sekali nama pesohor dunia yang telah mengakui keindahan Bali. Inget dong sama babang John Legend dan istrinya yang cantik dan ramah itu –Chrissy Teigen, saat menghabiskan waktu liburan di Bali bahkan menjajal keindahan busana tradisonalnya?

Atraksi memikat Tari Kecak dengan suasana se-syahdu ini. Lope banget!

Atau, keseruan pemain bola David Bechkam yang datang bersama keluarga, pun Cristiano Ronaldo yang datang ke Bali membawa misi lingkungan dengan menanam mangrove. Penyanyi besar semacam Justin Bieber dan Selena Gomez serta penyanyi peraih penghargaan Grammy Award si John Mayer pun pernah mendatangi Bali.

Jadi, dengan fakta kedatangan para pesohor itu, kayaknya lengkap sudah alasan kenapa aku harus mengunjungi Bali. Gak ada alasan untuk mengacuhkan Bali sebagai destinasi wisata, toh? mereka aja datang dari jauh, coba! 🙂

Hmm, belum apa-apa aku udah ngebayangin sepedaan di Ubud kayak mbak Julia Robert, rafting kayak Obama dan Katy Perry dan trekking di perbukitan di sekitaran Uluwatu atau Nusa Penida yang keindahannya bikin ngiler itu.

Seneng ya pas liat mereka mau pake baju tradisional Bali kayak gini 🙂

Atau, mau kontemplasi kayak om Richard Gere? Bisaaa bisaaa… siapa tahu bakalan diwawancari sama mbak Desi Anwar kan ya? Hahaha –ngayal! Gak kebayang kalau kejadian beneran kayak Richard Gere, ya. Mungkin, pertanyaan pertama yang keluar dari bibirnya Desi Anwar ialah, “kenapa kamu menyepi di Bali? Galau karena kelamaan jomblo, ya?”

Lhaaaa 🙂

By the way, hei, Bali! Tunggu kedatanganku, ya!

Para selebgram dunia yang berhasil meningkatkan level kecantikan wanita-wanita ini dengan berfoto menggunakan latar belakang keindahan Bali. Love!

“This post is my attempt to be chosen as 1 of the 4 winners of Bali Funky Blogger Hunt in collaboration with Pungky Prayitno”

UPDATE 10 Oktober 2017

Tanggal 5 Oktober, aku mendapatkan email panjang dari Mbak Pungky yang berisi pemberitahuan pembatalan lomba ini (versi singkatnya dapat dibaca di sini). Berulang kali membaca email tersebut, banyak pertanyaan yang tersisa di benakku. Mau “ngomelin” Balifunky dot com-nya juga gak bisa, karena penyelenggaraan lomba ini ternyata ada miss yang besar antara Mbak Pungky, Bali Funky dan pihak ke-3 (bernama Dee Dee Sabrina) sebagai penghubung antara keduanya.

Intinya aku kecewa (bohong banget kalo nggak), mengingat aku mempersiapkan tulisan ini selama 3 hari di antara kendala teknis yang ada (pas banget Telkom & Speedy mati total sejak tanggal 18 September, sehingga harus bolak-balik ke tempat lain buat persiapkan tulisan), walaupun, yeah, tulisan ini belum tentu keluar sebagai pemenang juga.

Apa boleh buat, keadaan harus diterima. Ini jadi pelajaran juga buatku dalam memilih lomba blog. Namun, terlepas dari itu semua, aku dan Mbak Pungky masih berteman dengan baik. She is still one of my fav travelmates. Dan semoga bisa jalan bareng lagi dengan beliau di destinasi lainnya. Terakhir, terima kasih kepada semua teman yang udah komen dan memberikan dukungan kepadaku, ya! #Love

Iklan

71 thoughts on “Ini Dia Destinasi di Bali yang Pernah Didatangi oleh Pesohor Hollywood

  1. Yang belum didatangan Candi gunung Kawi. Tahu gitu, kemarin waktu touring kesana dengan sepeda mampir kesini.

    Semoga menang ya Ya, dan menulsi cerita cintamu sendiri ketemu sama si Neng Julia…

    • Haha sama neng Chelsea Islan aja mbak 🙂

      Mbak coba nonton deh, soalnya India ditampilkan indaaaah banget di film The Fall, makanya aku ke India dulu.

      Makasih supportnya. Amiin.

  2. Bali memang selalu mempesona. Belum keubek semua karena memang selalu ada tempat baru yg harus dikunjungi. Mungkin masih Ada tempat keren yg belum ditemukan? Apa mesti dikunjungi Artis Hollywood dulu baru terkenal???

    • Kayaknya potensi wisata di Bali masih akan terus berkembang. Kalau wisata alamnya mungkin udah “mentok” tapi tetap bisa dikembangkan lagi dengan elemen penunjang macam dibuat anjungan view buat selfie dsb hehe

    • Wow! *bengong

      Yang satu ini jago sepertinya “sembunyi” dari media. Aku iseng ngegoogling dan gak nemu satu beritapun tentang kunjungan/liburannya di Bali 🙂

  3. Aku selalu suka tandang ke Bali . Budaya mereka masih terjaga . Btw jika nanti ke Bali jangan lupa juga ke pasar tradisional nya siapa tau ketemu mba Julia yaaa hehehehe …. Trus Kirimi aku photo bebek atau ayam betutu yaaa …. plus Kirimi aku photo bareng Punky juga . Sukses pasti menang !! Hehehehe
    duniaindra.com

    • Wah ini doanya komplet!! 🙂 makasih bang, amin, semoga bisa jumpa lagi sama mb Pungky. Udah kebayang serunya jalan bareng belio (lagi).

      Ayam betutu ya? oke sip, ntar ditag spesial hwhw

  4. Dari daftar tempat yang om sebutin di atas, cuma uluwatu yg sudah pernah aku kunjungi. Kayaknya aku harus masukin beberapa tempat di atas ke dalam daftar perjalanan yg wajib aku kunjungi kalau ke Bali deh.

    Semoga tulisannya terpilih ya om 🙂

  5. Satu waktu dulu, aku pernah mimpi ketemu sama artis Hollywood pas mereka liburan di Bali. Hahahaha.. aneh kan, ya😂. Padahal aku aja belum tentu setahun sekali main ke Bali. Etapi baca tulisan ini jadi makin tau siapa-siapa aja artis yang udah pernah ke sana. Ternyata sebanyak itu!🤔

    • Coba tonton The Fall deh mbak 🙂 itu syutingnya lebih dari 25 negara. Sebagian besar memang di India, namun bagian Indonesianya (yang walaupun sebentar) terasa begitu sakral 🙂

  6. destinasi Bali memang tidak ada matinya. Walaupun mereka membuka destinasi baru biasanya sudah dipersiapkan dengan matang makanya wisatawan tidak kesulitan untuk mencapainya. Jadi mau tidak mau wisata Indonesia harus bercermin kepada Bali

  7. Aku pengen ke Amed, mas. Jujur, aku nggak suka dengan sebagian obyek wisata Bali yang udah touristy banget, pengen ke yang lebih tenang..

    Aku juga agak malu sih kepergok traveler lain udah keliling hampir Asia Tenggara, tapi Indonesia-nya baru seiprit. Tapi mau gimana lagi. Dengan waktu dan dana terbatas, aku harus memprioritaskan tempat yang memang aku gebet!

  8. Tulisanmu bikin aku juga jadi ingin ke Bali lagi. Masih banyak yang belum dieksplore. Bali memang luar biasa indah. Keunikannya bikin seleb2 dunia berdatangan. Seleb blog maxam Yayan memang kudu ke sana. Good luck ya.

  9. Aku baru tau sama Pesona Candi Gunung Kawi.
    Keren sekali tempatnya, itu peristiwa sejarahnya juga, pantas dikulik
    Sepertinya Tahun ini impian untuk menjejakkan Kaki di Bali bisa terwujud nih…
    Semoga tercapai yaa Om nduut, ^_^

  10. Sungai Ayung emg keren, kayak ala ala Amazon gitu pas ngelewatin bbrp alirannya. Yg seru sih liat bbrp pahatan didinding yg mmg jd salah satu pesona rafting di sungai Ayung.

    • Wah noted banget ini kalau beneran bisa rafting di Ayung, mau lihat pahatan yang ada di dinding tsb. Makasih infonya mas. Btw, kok namanya gak dipasang link hidup ya? aku mau BW jadi bingung hehe

  11. Dulu waktu masih tinggal di Surabaya, beberapa kali pernah weekend escape ke Bali. Berangkat Sabtu pulang Minggu malam. Gak bosan-bosan.. Dan Ubud, masih tetap jadi favoritku.

    Good luck ya, Yan.. Moga bisa ke Bali. Mana tau pulang dari Bali jadi gak jomblo lagi.. 😁😁

  12. Wah sampe riset nih tempat yang dikunjungi pesohor hollywood! Niat banget, ooom! Salut. Justru menariknya nih saya jadi dapet sudut pandang mereka. Oh begitu Bali dalam perspektif orang barat. Saya sendiri belum pernah ke Bali dong hahahaha. Punya paman di Tabanan. Bibi di Denpasar. Saya belum aja datang aja ke Bali. Hahahaha 🙂 Bali is definetely ada di travel wishlist saya.

    • Selain emang pernah denger kabar kedatangan mereka, karena ini buat lomba, jadinya emang sengaja cari sudut pandang tulisan yang beda. Ini nulisnya 3 hari baru kemudian dipublish hehehe. Hayo ke Bali, mumpung ada keluarga di sana 🙂

    • Ada tuh aku masukin satu, babang Rain yang bulan madu sama istrinya di Bali haha.

      Soal ngefans, duh gimana ya, kan aku bagian dari K-Pop, masak aku ngefans sama diri sendiri hwhwhw.

      Oppaaaaa

  13. Aku pernah ke Bali dua kali, tapi dua-duanya ikut outing kantor. Jadi pilihan destinasi wisata yaa itu-itu aja. Destinasi yang paling lama didatangi; Sukowati dan Krisna (pusat oleh-oleh). Sebagai mbak-mbak ga suka bawa oleh-oleh kan aku sedih.

    Baca tulisan ini aku jadi makin pengen ke Bali lagi, mengikuti jejak para pesohor holiwud *macak Scarlett Johansson*

    Anyway, good luck untuk kontes-nya ya, Om! Semoga kepilih jalan-jalan bareng Pungky!

    • Iya, 2 nama tempat oleh-oleh itu tersohor banget kayaknya haha. Makasih kak Hita, jika terpilih bakal jadi kali ke-3 jalan sama mbak Pungky. Udah kebayang serunya kayak apa hehe

  14. Waahhh aku baru tau update ttg lomba ini.. Gpp mas, yg ptg tulisan mu ini ttp kereb banget dijafiin referensi kalo mau liburan ke bali 🙂 .

    Aku sampe mau browsing vidclip nya mltr yg di bali loh. selama ini ga ngeh kalo lokasinya itu di pantai padang2.

    Kalo lg k bali jujurnya aku lbh suka k ubud. Krn sejuk sih yaa dan hijau2 gitu. Kalo pantai, dr dulu aku memang ga suka pantai ato tempat panas lainnya :D.

    • Aku pun sesungguhnya kurang begitu suka pantai. Mungkin kalau udah punya bodi bagus, perut kotak-kotak, jadi suka, biar bisa pamer kayak seleb IG muahahahahaha.

      Tapi emang aku lebih suka tempat yang sejuk (bukan dingin). Dan kayaknya Ubud lebih cocok. Mata seger, ijo royo-royo 😀

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s