Pelesiran

Hunian Istimewa di Kota Pagaralam : Besh Hotel & Villa

dsc_0373

.

Beberapa waktu lalu, aku sudah menulis tentang 10 kegiatan eksplorasi yang dapat dilakukan di kota Pagaralam, Sumatra Selatan. Salah satunya adalah leyeh-leyeh di penginapan.

“Heh, liburan kok hanya leyeh-leyeh?”

Ya nggak apa-apa banget. Tujuan orang liburan kan beda-beda. Ada yang memang ingin beristirahat atau ingin mengeksplor destinasi wisata. Lebih-lebih jika liburannya dalam rangka hanimun, kan jauh-jauh dari kasur itu nggak enak –ya kali, belum pengalaman soalnya hehehe.

Nah, jika berkesempatan ke Pagaralam, dengan menginap di penginapan yang tepat, kita dapat melakukan kegiatan ekplorasi sambil leyeh-leyeh di saat yang bersamaan. “Kok bisa?” ya bisa! Karena penginapan yang akan aku ceritakan ini berada tepat di lokasi wisata. So, duduk-duduk manja sambil meluk istri pun sudah bisa menikmati panorama yang ditawarkan di sana. Apa sih nama tempatnya? Ini dia!

Selamat Datang di Besh Hotel & Villa

Aku sendiri sudah 2 kali menginap di tempat ini. Saat pertama kali didatangi April 2016 lalu, tempat ini masih bernama Arra Hotel & Villa. Nah, sekarang hunian istimewa ini berubah nama menjadi Besh Hotel & Villa. Lantas apa sih arti Besh sendiri? Kalau mau dipepet-pepet dan diartikan sebagai Best aka Terbaik, bisa!

dsc_0369

Gedung utama Besh Hotel & Villa

Namun sesungguhnya kata Besh berasal dari kata Besemah yang merupakan sebutan bagi masyarakat yang bermukim di daerah perbatasan provinsi Sumatra Selatan dan provinsi Bengkulu yang berada di sekitaran gunung Dempo. Nah, jika mau dikulik lebih dalam, ada sejarah panjang atas asal mulanya muncul kata Besemah itu.

dsc_0437

Yang di tengah itu persis villa saat aku menginap pertama kali. Di sisi kanan dan kiri adalah hotelnya.

Okelah, mau Arra Hotel & Villa atau Besh Hotel & Villa, yang jelas 2 kali ke Pagaralam, aku diinapkan di hunian terbaik sekaligus penginapan setara bintang 3 satu-satunya yang ada di kota Pagaralam. Lokasi Besh Hotel & Villa ini berada di kaki gunung Gare (yang banyak orang keliru dan menganggap sebagai gunung Dempo, padahal letak gunung Dempo ada di baliknya) sehingga jelas panorama alam yang ada di sana menjadi nilai lebih bagi Besh Hotel & Villa.

Pilih Villa atau Hotel?

Tentu saja tergantung dengan kebutuhan, ya! 🙂 Karena datang bersama rombongan, 2 kali ke sana aku selalu kebagian menginap di bagian villanya. Masing-masing villa terdiri dari 3 kamar tidur. 2 kamar tidur dilengkapi dengan ranjang kembar (twin beds) sedangkan 1 kamar lainnya dilengkapi dengan ranjang berukuran besar (double bed). Sehingga dengan demikian, setidak-tidaknya 1 villa ini dapat ditempati oleh 6 orang.

dsc_0352

Bantal aja ada pasangan. Kok yang tidur masih jomblo :p

Fasilitas lain yang ada di masing-masing villa yakni dilengkapi dengan TV berukuran besar, sofa di ruang kumpul, dispenser yang menyediakan air panas, kulkas untuk yang demen sama air dingin (atau yang mau simpan makanan/buah-buahan) dan perlengkapan shalat. Ini hal sederhana, namun sangat bermanfaat bagi yang kelupaan bawa sajadah/sarung tapi mau shalat –benerin peci.

dsc_0355

Beli buah di pasar trus simpan deh di lemari es. Seger!

dsc_0260

Penampakan kamar mandinya. Showernya ada air hangat kok.

“Nggak ada AC ya hotelnya?”

Yup nggak ada! Soalnya Pagaralam itu dingin! Siang hari aja cuacanya dingin, apalagi malam. Untunglah masing-masing kamar dilengkapi dengan selimut tebal yang dapat menghangatkan tubuh namun tidak dengan perasaan. Dan, don’t worry, masing-masing kamar mandi sudah dilengkapi dengan air hangat kok biar mandinya terasa lebih nyaman.

dsc_0358

Villanya nggak dicat. Hanya dipernis. Namun kesannya jadi hangat dan natural.

Untuk hotelnya sendiri terdiri dari 2 tipe. Yakni tipe Deluxe dan Superior. Untuk yang deluxe ranjangnya double bed sedangkan superior ranjangnya twin. Viewnya nggak langsung menghadap ke gunung memang, tapi ke kawasan perkebunan teh atau sisi perkotaan. Tapi itu juga udah lumayan banget. Duduk-duduk sore di teras sambil menyeruput teh pagaralam atau kopi Semende yang terkenal itu pasti asoy rasanya! 🙂

dsc_0351

Sofa di ruang keluarga. Nyaman dan cocok buat ngobrol sambil nonton TV.

Hiburan Tradisional & Sajian Istimewa Dikala lapar

Bisa jadi kami disajikan hiburan tradisional ini karena kami datang dengan rombongan. Namun, sepertinya di hari-hari tertentu, hiburan berupa penampilan lelaki tua yang menyanyi lagu tradisional dengan bermain gitar (disebut gitar tunggal) ini pun dihadirkan demi memanjakan penghuni Besh Hotel & Villa.

dsc_0276

The another of “Sahilin” pelakon seni Gitar Tunggal terkenal asal Pagaralam

Untuk harga paket penginapan yang dibayar, itu sudah termasuk sarapan. Untuk makan siang dan makan malam terpisah namun dapat dipesan di restoran Best Hotel & Villa yang terletak di lantai 2 gedung utama. Sarapan sudah dapat dilakukan sejak pukul 6 pagi hingga 10 malam. Biasanya oleh pihak hotel disediakan nasi goreng atau mie goreng dengan lauk pauk, sayuran dan buah. Di meja lain, aneka roti dan selai, minuman hangat (teh dan kopi) atau jus pun dihidangkan oleh petugas restoran.

dsc_0361

Makanan disajikan prasmanan. Hidangannya sederhana namun nikmat tiada tiada dua.

Jika ingin memesan omelet bisa langsung mendatangi petugas yang berada di bibir kebun teh sambil melihat-lihat pemandangan yang ada. Kali kedua aku kesana, ada hidangan spesial berupa bubur sumsum dengan toping aneka kacang-kacangan yang rasanya enak banget!

dsc_0292

Bang pesen omeletnya 2. Satu buatku, satu buat eneng galaksi 😀

Makan siang dan makan malam dihidangkan dengan prasmanan. Setiap hari menu yang disajikan selalu berganti. Enaknya, akan selalu ada makanan berkuah yang disajikan selagi hangat sehingga terasa makin nikmat dimakan saat cuaca dingin. Mau karaoke sambil makan? Juga bisa! Intinya Besh Hotel & Villa berusaha memberikan layanan yang terbaik demi para tamu yang menginap di sana.

dsc_0360

Bang, lagu dangdut bisa?

Bagi pengunjung yang ingin menyantap sajian istimewa restoran Besh Hotel & Villa namun tidak menginap di sana juga bisa loh! Dengan senang hati petugas restoran akan menyajikan makanan spesial seperti ayam masak bumbu yang terkenal itu. Slrup! Bagi yang mau menggunakan gedung serbaguna untuk acara pernikahan atau menggunakan untuk rapat dan pertemuan pun dapat difasilitasi oleh Besh Hotel & Villa. Pokoknya kece bana!

dsc_0365

Suasana restoran di lantai 2

Jelajah Kebun Teh

Karena lokasi hotel & villa ini yang dikelilingi oleh kebun teh, maka tak usah berjalan terlalu jauh untuk menikmati hamparan dedaunan the yang menyejukkan mata itu. Dengan area yang luas, lagi-lagi Besh Hotel & Villa diuntungkan jika ada rombongan yang ingin melakukan kegiatan outbond atau fun games di sana. Bahkan, di sini terdapat landaian khusus yang dapat digunakan untuk yoga.

dsc_0396

Tuh villanya dikelilingi oleh kebun teh. Asoooy!

Bagi yang demen selfie atau foto-foto, nah di sini lokasi yang tepat banget! Mau background apa juga bisa. Mau foto dengan latar belakang gunung Gare, bangunan villa, hamparan kebun teh atau mau pose ala-ala seperti bintang film India juga bisa hehehe.

dsc_0372

Besh Hotel & Villa sudah tergabung di EHN

Hebatnya Besh Hotel & Villa kini pun sudah menjadi bagian dari konsep Eco Green yang merupakan ciri khas Ecco Hospitality Network yang berkomitmen untuk menggunakan bahan ramah lingkungan yang dapat didaur ulang serta non detergen. Termasuk pula, makanan yang disajikan semua bebas bahan pengawet dan MSG mengikuti standar OHSAS 18001:2007 mengenai Occupational Health and Safety. Huih, keren banget, kan?

Makanya, jika berkesempatan untuk mengunjungi Pagaralam, boleh banget menjadikan Besh Hotel & Villa sebagai pilihan penginapan bagi keluarga/pasangan. Semoga bisa menginap lagi ke sana nanti… sama istri hwhw biar bisa romantis-romantisan dan bikin video clip ala artis Bollywood. Alagh!

dsc_0439

Besh Hotel & Villa

  • Besh Hotel & Villa

  • [] Jalan Laskar Wanita Mentarjo

  • [] Komplek Perkantoran Gunung Gare, Pagaralam, Sumatra Selatan

  • [] Telp : +62730-625067 atau +62730-625057

  • [] Telp/SMS & Whatsapp : +62822-828282-63

  • [] Email : beshpagaralam@ehn-hotels.com atau beshpagaralam@outlook.com

  • [] Sosmed FB : Besh Pagaralam, Twitter : @Besh_Pagaralam

  • [] Line : BeshPagaralam, BBM : D16DDCD, Path : Besh Pagaralam

  • [] Harga kamar Villa Rp.2.500.000, Hotel Deluxe Rp.1.100.000, Hotel Superior Rp.1.000.000. Butuh harga spesial setara corporate rate atau khusus pembaca setia omnduut.com? hubungi WA +62822-828282-63 ya! Dan sebut dapet informasi Besh Hotel & Villa dari sini 🙂

dsc_0383

Ditunggu kedatangannya di Besh Hotel & Villa

Iklan

54 thoughts on “Hunian Istimewa di Kota Pagaralam : Besh Hotel & Villa

  1. Itu background waktu si akang modol minta omelet buat neng “galaksi” cakep banget, perkebunan teh menghampar id kaki gunug. Cuok iki buat menyepi dan menangis sendiri 🙂

  2. Asri banget, yah… Kalau liburannya orang Jerman, banyak yang santai. Liburan di pantai buat berjemur gegoleran. Makan tinggal beli, gak boleh repot bin ribet. Katanya kerja kan udah capek, masak liburan dibuat capek juga… 🙂

  3. kayak di kerinci huhuhu… dingin banget pastinya, airnya kayak es, bernafas kayak ngeluarin asap 🙂 hotelnya juga keren gitu, nggak nyangka pagaralam hotelnya bagus gini… btw, aku amati, rumah2 di sumsel barat (musi rawas, lahat, pagaralam) atapnya lebih mirip rumah di jambi..

  4. Ping-balik: Perjalanan Sebutir Biji Kopi di Festival Kopi Al-Munawar | Omnduut

  5. Masih byk pr utk besh hotel. Terutama pd saat peak season, hrs lebih siap melayani tamu sehingga dgn bayaran yg 2 x lipat tidak membuat tamu dirugikan & kapok kembali lg. Staff front desk ketus jauh dr kata ramah malah berkesan seenaknya dlm melayani tamu bahkan memberikan bukti nota pembayaran dlm amplop bekas, air bolak balik mati, air panas kurang dr 5 mnt lalu mati, listrik mati tidak tersedia genset, sampah menumpuk, kebersihan kurang, tidak tersedia handuk dlm kamar, tidak ada ac , petugas hotel kurang tanggap mungkin krn kurangnya petugas, makanan yg disediakan kurang variatif dgn harga yg kurang rasional terutama minuman cth secangkir susu coklat yg notabene adalah susu kental manis frisian flag dibandrol 20 per cangkir. Tp utk view Alhamdulillah sdikit mengurangi kekecewaan selama 3 hari 2 malam menginap di besh hotel.

    • Halo bu Inge, terima kasih sudah mau berbagi pengalamannya 🙂 boleh tahu kapan terakhir kali kunjungan ke sana? tapi secara garis besar, aku setuju, Besh Villa harus senantiasa memperbaiki diri. Aku nggak tahu apakah di Pagaralam ada penginapan yang lebih baik dari Besh ini, jika Besh adalah yang terbaik, mestinya memberikan pelayanan prima ya, apalagi harganya memang tergolong tinggi.

      Semoga pihak pengelola hotel membaca komentar ibu ini 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s