Ini Yang Terjadi Jika Pria Ber-BLANJA
Lainnya

Ini Yang Terjadi Jika Pria Ber-BLANJA

Di keluarga kami, jamak terjadi jika ayah dan ibu akan berbagi tugas saat berbelanja di pasar tradisional. Biasanya, ayah akan “ditugasi” ibu untuk membeli ikan dan daging, sedangkan ibu akan mengeksplor area penjual sayur dan buah. Mengapa begitu? Ya biar belanjanya lebih efektif dan efisien. Soal belanja, mereka jagonya. Nawar? Keciiil! Mungkin karena basic-nya mereka … Baca lebih lanjut

Jerit Hati Para Guru di Kelas Inspirasi
Lainnya

Jerit Hati Para Guru di Kelas Inspirasi

“Kami sudah 9 bulan tidak menerima gaji,” ujar Ibu Ida lesu. Seketika, kami semua para inspirator yang tengah berkumpul di ruang guru saat jam istirahat terkejut. “Kenapa bisa begitu, Bu?” tanyaku heran. “Soalnya dana BOS belum juga cair.” Hening. “Coba adik-adik semua bayangkan, jika adik terlambat mendapat gaji beberapa hari saja, pasti sudah kelimpungan, kan? … Baca lebih lanjut

Lainnya

Mengenal Jepang Melalui Enikki

“Ohayou gozaimasu. Saa, hajimemashou, おはよう ございます。 さあ, 始めましょう” sahut sensei Drs. Nandang menggema di dalam kelas setiap pagi di akhir pekan. Kata sapa penyemangat itu kurang lebih berarti, “selamat pagi. Ayo, mari kita mulai!” Yup, ketika di bangku SMA saya memang sempat mengikuti kursus bahasa Jepang di lembaga bahasa di kota Palembang. Ada banyak kursus … Baca lebih lanjut

Lainnya

Shalat Jumat Terlucu

Sudah hampir setengah tahun ini Rais (7th) dan Syifa (2th) -dua keponakan, dititip di rumah pasca asisten RT kakakku mendadak pensiun dini. Walaupun kadang sebel direcokin subuh-subuh (hihi, mereka jam 6 udah datang ke rumah kami), tentu saja kehadiran duo krucil ini bikin rumah lebih berwarna. Nah, karena papanya kerja sebagai polisi yang pulang sore, … Baca lebih lanjut

Lainnya

Puasa Pertama

Gambar dari sini Segala sesuatu yang menyangkut ‘serba pertama’ itu pasti menyisakan kenangan. Berhubung belum pernah ngerasain malam pertama tinggal di bulan *emang penting juga gitu diceritain? Hehe* dan mumpung sekarang Ramadhan, kayaknya seru juga nulis pengalaman (ber)puasa pertama duluuuu ketika aku masih imut-imut dan kiyut. *madep kaca, cek apakah masih kiyut atau nggak?   ^^ Baca lebih lanjut

Lainnya

Simsalabim! Membangun Jalan ala Belanda

“Kok bisa ya jalan mereka bagus dan tertata rapi walau hanya menggunakan batu bata?” batinku dulu ketika menonton film bersetting di Eropa. Beda sekali dengan jalan-jalan di Indonesia yang berlubang di sana-sini (bahkan di kota besar). Di Eropa sebagian besar jalannya dibangun menggunakan bata ubin karena memiliki beberapa keuntungan. Selain mudah dibangun, jalan tipe ini … Baca lebih lanjut