Apakah Candi Muaro Jambi Laik Dikunjungi? 
Couchsurfing / Kopdar / Pelesiran

Apakah Candi Muaro Jambi Laik Dikunjungi? 

“Dari mana?” Seorang petugas tanpa seragam tiba-tiba datang mendekat dan bertanya kepadaku. “Dari Palembang, Pak,” jawabku sopan. “Oh maksud saya, apakah adik ini dari media?” Heh, belum apa-apa kok pertanyaannya aneh begini ya. Kalau aku dari media trus kenapa? Kalau nggak kenapa? Karena aku gak ngerti maksud dan tujuan si bapak ini, akhirnya aku jawab … Baca lebih lanjut

Melongo Takjub di Museum Bank Indonesia
Kopdar / Pelesiran

Melongo Takjub di Museum Bank Indonesia

“Mas maaf air minum dan tasnya harus dititipkan,” ujar seorang petugas sembari mendekatiku. “Wah, museumnya lumayan ketat, nih!” batinku. Sebelum ke museum Bank Indonesia ini aku juga mendatangi museum Bank Mandiri yang berada di sebelahnya. Di museum Bank Mandiri nggak pake acara titip tas segala, sih. Tapi ya udahlah, namanya juga peraturan kan dibuat demi … Baca lebih lanjut

Kopdar Gelora Sentosa : Dari Nasi Minyak Hingga Es Kacang Merah
Kopdar / Kuliner

Kopdar Gelora Sentosa : Dari Nasi Minyak Hingga Es Kacang Merah

“Kita makan apa nih, Yan?” “Udah pernah nyobain Nasi Minyak? Mau coba nggak?” “Wah baru pertama kali denger nih tentang nasi minyak. Boleh juga!” Jadilah, aku dan mas Hendra [hensamfamily dot wordpress dot com] melaju ke sebuah rumah makan yang terkenal akan nasi minyaknya yang lezat. Tepatnya di rumah makan Abuk di daerah Dempo. Sayang … Baca lebih lanjut

Nomadic Heart :  Tentang Julian dan Kecintaannya Terhadap Indonesia
Couchsurfing / Kopdar

Nomadic Heart : Tentang Julian dan Kecintaannya Terhadap Indonesia

“Karena. Kalian semua. Puasa. Besok. Saya. Puasa” Julian berkata terbata-bata memakai bahasa Indonesia sambil terus mengunyah makanan saat berbuka puasa di rumah kami. Mendapati keinginannya untuk berpuasa, seketika kami semua (aku, orang tua dan dua adik) terkejut. “Are you sure, Julian? Because you have to wake up early morning around 3.30 am for sahur,” tanyaku … Baca lebih lanjut