Serba / Tips

Beware! Jangan Grusa-Grusu Belanja Online. Ini Dia Tips Berbelanja Online Secara Aman

1

Baiklah aku mengaku. Dulu banget aku pernah ketipu belanja online. Belanjanya sih nggak gede-gede amat ya, sekitar 200 ribuanlah. Belanja apa? Rahasia! Pokoknya bendanya terlarang. –nganu, obat diet –lha ujung-ujungnya ngaku hehehe. Pokoknya siamang banget tuh yang jualan.

Begitu chit-chat orangnya baek bener dah! Eh setelah ditransfer, tuh orang menghilang. Boro-boro deh kelihatan batang hidungnya, lha wong beliau aja nggak jelas nyata atau fiktif. Dulu bahkan sampe lapor ke bank si pemilik rekening, tapi pihak bank maunya laporan tertulis di kepolisan. Ya kali nanti di kantor polisi gak dimintain duit –eh, ujung-ujungnya ya sudah, (dicoba) diikhlasin aja. Ya sudahlah, mungkin belio butuh duitnya buat beli bulu ketek palsu anti burket.

Zaman teknologi yang semakin canggih ini, tentu rasanya gampang banget buat bertransaksi. Hampir semua hal dapat dilakukan secara online, salah satunya adalah berbelanja. Saat ini begitu banyak online shopping yang siap melayani kita-kita yang malas datang langsung ke pusat perbelanjaan. Hehe, ya macam aku ini. Bukan anak mall sih hehe.

Sayangnya ya itulah, kekurangan dari proses transaksi jual beli yang dilakukan secara online sendiri adalah ‘rawan penipuan’. Ya itu, seperti yang pernah aku dan sebagian teman alami. Agar hal tersebut tidak sampai terjadi pada kalian, baiknya ada simak dulu lima tips belanja online agar tidak sampai tertipu.

Jangan Sembarang Pilih Website Belanja

Dulu sih aku belanjanya di blog pribadi gitu. Nampak kurang meyakinkan memang, namun berhubung butuh dan pingin nyoba, akhirnya kejadianlah tuh kena tipu. Untung ya sekarang menemukan website belanja gampang banget!

2

Namun sekali lagi yang perlu kalian ketahui, tidak semua website belanja dapat dipercaya. Kita semua harus jeli menentukan website yang benar-benar terpercaya. Kalau aku sih sekarang lebih milih belanja ke situs yang bener-bener trusty. Sekarang sih aku belanjanya di blanja.com toko online hasil joint venture Telkom Indonesia dan Ebay. Dijamin aman dan nggak bakalan bikin kamu teriak, “sakitnya tuh di sini,” di kemudian hari.

6

Ada baiknya kita tidak malas melakukan riset pada toko online incaran. Cobalah browsing internet, carilah ulasan yang membahas tentang website online shopping tersebut. Jika lebih banyak ulasan yang positif, tentunya kita akan lebih merasa tenang saat berbelanja. Sebaliknya jika banyak ulasan yang negatif, lebih baik Anda mencari website online shopping yang lain.

Jangan Tergoda dengan Harga yang Terlalu Murah

Ada udang dibalik bakwan. Hati-hati, lebih banyak orang tertipu karena alasan yang satu ini. Sebagai seorang calon pembeli, tentu kita mengharapkan harga yang miring, itu manusiawi. Namun, kita patut curiga jika dalam suatu website jual beli menawarkan harga yang terlalu murah. Bisa jadi itu hanya umpan agar banyak yang tertarik untuk melakukan transaksi bodong. Cari harga murah boleh saja, namun jika terlalu murah, besar kemungkinan itu hanya kedok penipuan saja.

3

Jadi ingat di sebuah forum pernah ada yang ketipu beli gadget HANYA karena harganya murah. Dibilang barangnya nggak kena pajaklah, barangnya KW superlah, ujung-ujungnya kena zonk. Hiks.

Lebih Aman jika Mendapat Rekomendasi Toko Online dari Teman

 Sama seperti nonton film. Aku sih biasanya lirik-lirik dulu ulasan dari beberapa temen hingga kemudian memutuskan untuk menonton film tersebut atau tidak. Temenpun yang sekiranya punya minat yang sama ya dengan kita.

4

Belanja online juga gitulah, sebelum berbelanja, coba bertanya terlebih dahulu pada teman-teman, mintalah rekomendasi website belanja yang terpercaya seperti halnya Blanja.com. Banyak loh temen-temenku yang udah mempercayakan urusan belanja onlinenya di sana. Mintalah pendapat dari teman-teman terdekat kita mengenai kualitas barang yang dijual serta pelayanan di website tersebut.

Simpanlah Bukti Transaksi

Nah ini penting banget! Saat kita melakukan transaksi belanja secara online, ada baiknya kita simpan bukti transaksi termasuk email atau chat yang kita lakukan dengan pihak penjual. Ini akan menjadi barang bukti saat melapor pada pihak yang berwajib jika sesuatu yang tidak diinginkan sampai terjadi.

5

Belanja online memang sangat praktis. Kita tak perlu membuang waktu dengan berkeliling toko secara langsung. Namun, dengan berbelanja online, kita harus memastikan memilih toko yang terpercaya agar apa yang kita inginkan sesuai dengan harapan. Lebih-lebih jika sudah bicara tentang keamanan ya 🙂

Intinya sih jangan takut buat belanja online. Hari gini kan apa-apa serba praktis, kalau nggak mau ngikutin perkembangan zaman ya kadang ribet sendiri. Jika ada yang praktis kenapa harus cari yang sulit, toh? Yang penting tetap waspada dalam bertransaksi. So, mau belanja apa kalian dalam waktu dekat?

Iklan

29 thoughts on “Beware! Jangan Grusa-Grusu Belanja Online. Ini Dia Tips Berbelanja Online Secara Aman

  1. gw justru males belanja online kecuali tiket pesawat, soalnya musti transfer dan nunggu barangnya dateng terus suka kecewa juga dengan barangnya. BTW serius om pernah beli obat pelangsing? ckckck niat banget yak pengen kurus

  2. Alhamdulillah beberapa kali belanja online lancar aja, pernah sih nerima barang kurang sesuai keadaan tapi bisa minta ganti yang lebih bagus.

    • Aku sih problem kalo beli baju ya hahaha, soalnya punya badan yang agak istimewa buahaha. Beberapa kali beli baju, kekecilan dan ya sudah dikasih ke adek 🙂

  3. aku belanja online selalu dari rekomendasi temen atau liat dulu testimonial pelanggannya. bahkan kadang aku googling nama orang, nomor HP atau nomer rekeningnya buat ngecek doi pernah tersangkut penipuan atau nggak *niat* *maklum, duit pas2an, jadi kudu ati2* XD

  4. Haizzz omNdut..toss lagi ah, sama2 pernah beli obat diet lewat onlen. Ditipunya beda, bungkus obat sdh jelek bgt..eh segel didalem sudah terbuka jg. Pas aku komplen n fotoin buktinya malah aku dibilang sengaja mau rusak reputasi toko tsb, katanya aku yg rusakin dan sengaja bikin laporan palsu. Astaghfirullah..yg ada alamat palsu buukk. Yawes dibuang lah daripada terjadi apa2 sama aku. Pas ngaca..ah, ga usah pake obat diet, chubby dutz gini juga masih keren ternyata. Huahahaa..

  5. aku kok keranjingan belanja online yak om ehehehe,,, dari cuma puluhan sampai jutaan lebih dari 5 jeti sekian-sekian wkwkwkw… entah kenapa aku gak takut ketipu yak, belum kejadian sih, amit-amit jangan sampeeeekkk… eh baru tau klo blanja itu joint venture dari telkom dan ebay… kemanah ajah guweeehh…

  6. Luckily selama ini belanja onlen selalu sukses, paling 1-2 kali ga sukses soalnya ukuran aselik sama ukuran di poto beda jauh, beli kaos jadinya crop tee. Beli celana hip hop jadinya lehing. Begitulah…
    Nice Article eniwei!

  7. Kalau aku sih senengnya ke si kuning logonya L atau si Biru buat beli-beli sama Si Merah logonya B om. Aman deh itu…
    Eh blanja.com juga udah aman ya sistemnya… Lain kali mau coba lewat blanja.com deh hehehe
    Kan udah dapet rekomendasi dari om nduut nih hehehehe

  8. Wew, saya juga pernah kena tipu, padahal beli-nya di toko online besar yang sudah punya nama di Indonesia. Beli flash disk kapasitas besar dengan harga miring. Hanya dipakai transfer 1-2x setelah itu data di dalam flash disk hilang semua dan tidak bisa dipakai!!

    Sempat agak kapok sih, tapi beberapa barang lain yang saya beli di toko online memang ada yang bagus (serba salah ya) 😀

    – Utie

  9. aku sekarang sering belanja online, dirumah adem, takut panas ntar jadi hitam, eaaaaaa padahal juga biasanya kelayapan. Aku suka belanja online soalnya nggk suka nge mal. Jadinya tinggal apa yang dicari, ketemu. beli. Beres.

    Eh, itu merk apa buat ngelangsingin badan ?

  10. Ping-balik: Ini Yang Terjadi Jika Pria Ber-BLANJA | Omnduut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s