Tontonan

Pencarian akan Tuhan? – PK –

PK

::: PK :::

| 2014 | Rajkumar Hirani Films | Directed by : Rajkumar Hirani |

| Starring : Aamir Khan, Anushka Sharma, Sanjay Dutt, Boman Irani, Sushant Singh Rajput |

| Rating MPAA : PG | Running Time : 153 minutes | Genre : Drama |

| Rating ala Omnduut : 8.9/10 | Rating ala IMDB : 8.7/10 | Rating ala Rottentomatoes : 86% |

Apa kamu percaya akan keberadaan Tuhan?

Jika iya, dimana kamu bisa menemukanNya? ‘berbicara’ langsung kepadaNya? Meminta bantuanNya?

PK atau PeeKay (Aamir Khan) datang ke Bumi dan ‘terdampar’ di kawasan gersang Rajasthan, India. Orang pertama yang ditemuinya malah mencuri kalung yang sesungguhnya alat penting untuk mengirimkan sinyal ke kapal luar angkasa yang dapat membawanya pulang. Di tengah kebingungannya, PK mulai menyusuri keramaian dan mendapati beberapa keanehan yang ada dalam dirinya. Pertama, dia tidak memakai pakaian. Kedua, semua orang berkomunikasi dengan berbicara sedangkan, di planetnya, komunikasi sudah dapat dilakukan melalui pikiran.

Sejalan waktu, PK mulai mencoba beradaptasi. Dia sudah memahami bahwa orang harus memakai pakaian. Untuk mengerti banyak hal, dia harus bertanya langsung kepada banyak orang dan dia harus mengerti bagaimana caranya berkomunikasi dengan makhluk bumi. Proses-proses pembelajaran hal-hal tersebut dilalui PK dalam situasi yang tidak mudah namun juga mampu memunculkan gelak tawa bagi penonton yang menyaksikannya.

PK2

PK bersama Jaggu. Sumber gambar : Imdb

 

“Apa kau tahu dimana kalungku?” itulah yang selalui ia tanyakan kepada setiap orang yang ia temui di jalanan. “Hei, siapalah aku. Aku bukan Tuhan yang tahu segalanya, dasar peekay (mabuk)” begitu jawab orang-orang. Mendapati jawaban yang seragam, PK mulai penasaran mengenai Tuhan. Pencariannya terhadap Tuhan mengantarkan ia ke New Delhi.

Ketika sedang membagikan poster berisi pencariannya terhadap Tuhan, keberadaan PK menarik perhatian Jaggu (Anuskha Sharma), jurnalis TV yang belakangan berniat menjadikan PK sebagai liputan khusus di stasiun TV tempat ia bekerja. Namun, TV tersebut sudah lama berkomitmen tidak akan membuat liputan yang menyerempet agama.

Perlahan namun pasti, kepala TV akhirnya ikutan penasaran dengan kehidupan PK yang unik dengan harapan PK akan mamu mampu mendobrak dan membongkar kepalsuan seorang pemuka agama bernama Tapasvi (Saurabh Shukla) yang dipuja banyak penduduk di Delhi. Ditengah pencarian PK terhadap Tuhan demi menemukan kalungnya, perlahan namun pasti penonton pun diajak untuk lebih memahami kesejatian ajaran agama yang melekat dikehidupan hampir setiap orang di muka bumi ini.

PK3

PK bersama abang angkatnya. Sumber gambar : imdb

Piuh, akhirnya nonton film bagus lagi. Sejak 3 Idiots, PK adalah film India yang mampu menarik perhatianku sedemikian besarnya. Aku tidak akan terlalu bercerita banyak di ulasan ini mengenai filmnya karena setiap segmen yang ada di film ini dapat menjadi pelajaran yang mengejutkan, yang mamu ‘menyentil’ perasaan setiap manusia yang (ngakunya) beragama.

Butuh kelegowoan yang tinggi jika ingin menonton film ini. Orang yang berfikirian (maaf : sempit) akan dengan mudah menilai film ini sebagai bentuk penghinaan terhadap agama. Hampir semua agama yang dikenal luas di Indonesia mendapat sorotan di film ini.

Film ini memang belum berhasil mengungguli pencapaian 3 Idiots sebagai film terbaik nomor wahid menurutku. Namun, tetap saja PK adalah sajian istimewa dari seorang Rajkumar Hirani. Bagaimana dengan acting pemainnya? Not bad. Terutama untuk Aamir Khan yang disepanjang film harus mengernyitkan alis dan bertingkah aneh sesuai tuntutan peran. 8,9 skor film ini dariku. 0,1-nya lagi terpaksa dikurangkan karena aku tidak suka melihat gaya PK berlari yang mirip sekali dengan Mr.Bean hahaha. Finally, PK is highly recommended!

Iklan

77 thoughts on “Pencarian akan Tuhan? – PK –

    • Jangan tinggi-tinggi mbak Dian. Akupun begitu, banyak baca ulasan semacam “ini film terbaik tahun ini yang pernah saya tonton” dsb. Ketika ditonton, ya memang bagus, cuma masih rata-rata espektasiku, belum melampaui.

  1. Isu yang diangkat menarik hanya saja premisnya kurang kuat dan banyak, eksekusinya tidak sukses dan endinya tidak solutif. Penampakan Aamiir Khan sungguh annoying dan sedikit tidak konsisten. Well, jadi ingat Ben Stiller di film Zoolander.

    Film ini tidak sebagus 3 idiots, jauh sih kalo mau dibandingkan dengan film itu. Hehehe… Tapi dibandingkan rata2 film produksi Boliwut sih, ini jelas masih di atas rata-rata.

    *imho*

    • Beberapa orang bilang juga akting Aamir Khan seperti pengulangan di 3 Idiots. Dan aku harus setuju mungkin karena secara look ya sama aja ya *kecuali bagian telinga yang lebih lebar dan alis yang mengernyit hehe*

      Aku gregetnya dapet ketika dia bisa mengalahkan si pemuka agama itu. Tapi memang endingnya nggak begitu solutif ya Ncha. Makasih ya udah mampir ^_^

  2. aduuhhh aku suka banget film iniiii, maknanya sungguh mendalam. Dan oom Aamir Khan masih terlihat sangat keren meskipun sudah menginjak usia hampir 50 tahun 😀

    • Halo mas Farchan, wah makasih sudah mampir. Iya, film India (dan juga Korea serta Iran) adalah film-film fav-ku 🙂 ceritanya (hampir selalu) kasih kejutan.

  3. Sukaaaa parah sama PK. Iyes, 3 idiots keren. My name is khan bagus. Semua bagus, dan aku anaknya gak bisa compare2 suatu film karena ada nilai plus dan minus dalam sebuah film. Tapi PK ini emang flawless. Hampir setiap adegan itu penting, hampir semua orang yang ada di dalamnya penting. Udah gitu mbaknya cantik yaaa. Hahaha, aku penggemar Aamir Khan kak, lebih suka dia drpd shakrukh. Kalo udah liat aamir khan di 3 idiots sama PK, coba cek juga Like Stars on Earth. Itu felem dia sebelum 3 Idiots tentang pendidikan. MENYENTUHHHHH BANGET KAAAKK AKU NANGIISS :)) Nice review anyway meskipun ada spoiler dikiittt.. x)

  4. Iya, setuju gerak-gerik Amir Khan di sini mirip Mr. Bean. Mungkin dia terinspirasi dari tokoh itu. Sebenarnya agak sulit juga menginterpretasikan karakter alien, apalagi yang perutnya sixpack dan harus lari-lari telanjang di tengah padang pasir gitu, hahahaha..

    I love watching PK, anyway. This movie will be remembered as one of the most courageous productions in movie history due to its honesty 🙂

    Cobain juga nonton Taare Zameen Par (Like Stars on Earth, 2007) yang juga dibintangi Amir Khan, om. Film tentang dunia seorang anak yang mengalami dyslexia. Bagusss :’)

  5. Film ini memang bagus, selera kita sama Om, 3 Idiots menurut saya juga yang terbaik, cocok sama kondisi saya yg masih studi sarjana. PK berani menyentil kehidupan beragama..

  6. mengapa banyak orang menyebut akting Aamir Khan dalam PK seperti mengulang aktingnya dalam 3 Idiots?
    karena sumber dua karakter yg diperankannya sama; Osho alias Bhagwan Sree Rajnesh alias Ranchoo Rajnesh. dalam 3 Idiots tokoh yg diperankan Aamir KKhan namanya Ranchoo kan? Rajkumar Hirani itu seorang “pengikut” ajaran Osho. Nah Osho ini sendiri gak beragama..pun dia sendiri gak ngajarin agama baru..namun mencoba membuka pikiran orang-orang yang selama ini dianggapnya salah.. yaitu memeluk agama. oleh orang yg beragama film ini diartikan sebagai pesan yg mengkritisi para pemuka agama yg “salah sambung” dan gaj menyadari bahwa yg nonton juga selama ini “salah sambung”. you see what you wanna see.
    padahal menurut saya dan Raju.. film ini sedang menertawan semua manusia di muka bumi ini…

  7. Omigot, ternyata Abang ada memposting film ini juga. Saya suka banget lagu-lagunya. Mengena sekali pesan moralnya. Intinya kita tidak boleh hipokrit dalam menjalani hidup.

  8. Eh, Aamir Khan beda agama sama istrinya kan ya? Kalau tidak salah istri dan anak-anaknya beragama Hindu. Hanya dia sendiri yang beragama Islam. Tapi salut dengan aktingnya di film ini. Benar kata Abang muka Aamir Khan di sini mirip sekali dengan Mr. Bean.

  9. Ping-balik: Mencecap Kesyahduan Tempat Paling Suci Bagi Kaum Sikh : Golden Temple | Omnduut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s