Serba

Ulang Tahun ala The Amazing Race

DSC_0420

Rais dengan gigi ompongnya ^^

6 Mei 2013, keponakanku yang pertama –Rais, berulang tahun yang ke-7. Sejak seminggu sebelumnya dia udah koar-koar dan bilang ke seisi rumah kalo akan ulang tahun. Ya, cuma sekedar bilang aja, bukan tanpa maksud apa-apa. Soalnya keponakanku yang lugu (pake banget) ini masih gak ngerti soal perayaan ulang tahun dan hadiah. Bahkan ketika dibecandain, “memangnya kenapa kalo minggu depan ulang tahun?” jawabnya “Ya gak kenapa-kenapa, artinya umur Rais sudah 7 (tahun maksudnya).”

“Rais mau hadiah apa sih?” tanyaku. Dia gak jawab apa-apa, cuma angkat bahu. “Terserah om nduut!”  haha. Memang ya nih bocah, masih belum ngerti. Coba ya dulu pas aku kecil ditanyain omku pertanyaan itu, pastilah jawabannya berupa deretan permintaan gabungan 4 buah kertas A4 *maruk*

Karena papa-mamanya bekerja, sehari-hari Rais dan Syifa (adiknya) dititipin di rumah. Berhubung aku sekarang statusnya jobless, ya sehari-hari gaulnya sama mereka hahaha. Begitu pagi Senin dia nongol di rumah, keluarga cuma kasih ucapan selamat plus peluk cium. Gak ada satupun yang siapin kado *malang bener nasipmu Cu…cucu*, memang dasar keluarga yang tipe-tipe gak pedulian dengan hari ginian sih :p Menurut ‘adat’ biasanya kado baru diberikan ketika makan bersama ntah dimanaaa gitu. Berhubung hari Senin itu hari kerja dan Minggu malam Rais udah ngerayain makan-makan di rumah Mbak Kakung-Mbah Uti-nya, jadi makan-makan versi keluarga Gede-Datok (nenek-kakek) dari sebelah keluarga kami ditunda.

Sebetulnya aku udah rencana mau kasih globe buat Rais. Soalnya sehari-hari di rumah, Rais aku cekokin tayangan Amazing Race di komputer. Malah dia yang selalu ngerengek mau nonton. Kami biasanya nonton berdua (kadang bertiga kalo Syifa ikutan nimbrung). Dan… Rais kayaknya sangat tertarik dengan negara-negara lain dan selalu nanya, “Jerman itu dimana om? Kalau Jepang jauh tidak?” pokoknya… dia sangat tertarik dan cerewet sekali kalo nonton. Tiap part pasti ditanyain dan… dia sangat tertarik untuk tahu bahasa asing. Dia selalu nanya bahasa asingnya ini-itu, aah untung ada google translate.

Nah, Senin pagi aku ke kantor pos buat ngirim postcard dan dokumen ke ex kantor. Mendadak aja pingin mampir dulu ke gramedia. Eh pas liat pojokan buku anak, nemu sebuah buku yang keren banget! Berisi tentang binatang-binatang dengan kertas bagus dan full color. Ya udah, buku itu aku giring aja ke kasir. Beli globenya nanti aja deh tahun depan hahaha. Mahal cuuuyyy! Hampir dua kali lipat harga buku yang juga udah lumayan hehehe.

Sampe di pagar rumah, kok aku jadi kepikiran untuk ngasih dengan cara yang beda ya! Aha! Aku jadi kepikiran Amazing Race dan mau kasih dengan cara yang sama. Yakni berupa petunjuk-petunjuk misteri yang harus dipecahkan untuk dapetin lokasi hadiah. Yang simpel-simpel aja, tapi seru!

Masuk dari dapur aku mengendap-endap dan langsung umpetin hadiah. Aku nyalain komputer untuk ngetik petunjuk lokasi. Hiiy, susah banget, karena si Rais ini kepo mania kalo aku sudah nyalain komputer. Setelah bersusah payah, tantangan selanjutnya adalah gimana caranya nempelin petunjuk tanpa diintilin sama Rais. Maklum nih bocah udah kayak buntut, ngikut aku kemana-mana (sampe ke WC pun kadang dikejar hahaha). “Rais mau belajar ngetik lagi gak? coba ketik buku in di komputer.”

Selagi dia asyik ngetik di kamar, aku bergeriliya ke seisi rumah buat nempelin petunjuk. Sesekali aku masuk ke kamar untuk mastiin tempat persembunyianku gak ketahuan. Asli ya deg-degan, kalo Rais tahu bakalan gagal nih rencana ^^

Benar saja, begitu aku masukin petunjuk pertama di amplop, eh ketahuan… “Itu hadiah untuk Rais, ya, Om?” tanyanya sambil berusaha merebut amplop. “Iya, tapi isinya duit palsu,” sahutku sambil masukin duit mainan ke amplop. “Haha, kok Rais dikasih duit palsu?” sahutnya. “Iya, soalnya kan om gak punya duit asli. Lagian kalo ada duit untuk apa sih?” yang dijawab Rais dengan angkat bahu. Gak lama kemudian dia kembali asyik ngetik.

Begitu sore tiba dan mama-papanya datang menjemput, amplop hadiah aku kasih. Sebelumnya sempet aku becandain dan kasih lihat amplop itu, tapi gak boleh dibuka sebelum mamanya datang. Dia sempet marah dan mukul-mukul gitu saking gak sabarnya hahaha.

Begitu dia buka amplop pertama, benar isinya uang palsu. Tiba…tiba…”Eh ada kertasnya. Ini kertas apa om?” tanya Rais. “Kertas hadiah. Dibaca dong!”  ujarku. Rais lalu membaca petunjuk pertama itu.

  Petunjuk 1

Begitu dia baca, Rais langsung lari ke kamar dan ambil handphoneku. Berhubung dia tahu paswordnya, jadi langsung dia buka dan cari gambar yang ada di sana. Keliatan banget dia seneng diajakin main teka-teki kayak gini. “Om, kok ini gambar kulkas? Petunjuk kedua ada di situ, ya?” tanyanya. “Oom nggak tahu, ya lihat aja sendiri.” Tanpa aba-aba lanjutan, Rais langsung lari ke dapur dan buka kulkas. Aku ngikutin dari belakang sambil bawa-bawa kamera hehe. “Kok nggak ada om?” sahut Rais. “Yeey kalo cuma diliatin gak bakalan ketemu, Is. Di cari dong!” awalnya Rais buka boks pempek yang ada di kulkas. Gak nemu… dia juga sempet balik-balik botol minuman, tapi gak ada. Begitu dia menyingkirkan botol obat…. “Kyaaaaa ketemuuuuu! Ketemuuuuu!!!”  asli ya! Waktu itu Rais teriak kenceng banget sambil loncat-loncat! Hahaha… aku ikutan seneng daaaah. Dia lalu lari ke teras ketemu mama-papanya sambil baca petunjuk kedua.

DSC_0409

Nyari petunjuk di kulkas. Sesuai lokasi yang ada di hape 😀

Petunjuk 2

Petunjuk kedua aku ngakin Rais untuk belajar matematika sedikit. Aku siapin 6 kolom soal penjumlahan dan pengurangan sederhana. Begitu selesai dia nanya, “Kok petunjuknya cuma angka om? Dimana petunjuk selanjutnya?” melihat dia bingung aku bilang aja untuk nanya ke mama-nya. Begitu dibaca, mamanya bilang, “oh ini kan nomor telepon rumah Gede Is!” langsung deh, mendapat petunjuk gitu dia langsung lari ke telepon dan nemuin petunjuk selanjutnya di bawah telepon 😀

DSC_0410

Si Kidal lagi nyelesain soal 🙂

 Petunjuk 3

Petunjuk ketiga berhubungan dengan adiknya. Awalnya dia sempat bingung dengan pertanyaan itu. Benda yang sering dibawa-bawa Syifa belakangan adalah balon. Sedangkan balonnya udah kempes dan gak tahu dimana. “Hayo, adek Syifa senengnya apalagi?” tanyaku. Untuk yang satu ini, aku sempet deg-degan ketika Rais dan Syifa habis mandi dan Syifa mau gendong boneka. Wah kalo digendong, pasti kertas petujuknya ketahuan, makanya bonekanya aku singkirin dan Syifa aku alihkan perhatiannya. ^^ “Oooohhhh aku tahuuuu…. Pasti Chipi!!!” FYI, Chipi itu nama bonekanya Syifa hekhekhek.

DSC_0411

Tuh petunjuk ada di punggung Chipi hehe

Petunjuk 4

Petunjuk keempat berhubungan dengan hobi oom-nya hehe. Sejak aku gabung di postcrossing dan sering nerima kartu pos, Rais lah orang pertama yang lari ke teras dan ambil kartu pos-kartu pos itu di pak pos. Sudah jadi kebiasaan, kartu pos itu aku scan untuk dipamerin di blog. Hihi. Nah, scan ini adalah tugasnya Rais. Jadi, untuk petunjuk yang satu ini gampang banget dia tebak.

DSC_0412

Waktu nempelin petunjuk di sini, sempet ketahuan haha, kan dia lagi ngetik di deket situ 😀

Petunjuk 5

Petunjuk kelima aku kaitkan dengan kesukaan Rais mimik susu. Hahah, yang ini juga gampang banget. Dia ketawa geli ketika baca petunjuk ini. Ketawanya lumayan kenceng, begitupun mama-papanya. Iya, walau udah kelas 1 SD, Rais masih ngedot hehehe.

DSC_0413

Maaf bukan bermaksud mengiklankan produk susu ya hahaha

Petunjuk 6

Petunjuk keenam aku ambil dari kegemaran kami berdua. Yaaa nonton The Amazing Race itu ^^ Begitu pulang sekolah Rais biasanya ngerengek, “Oooommm… ayok kita nonton Lomba Keliling Negeri!” haha. Rais juga tahu kotak CD tempat aku menyimpan kumpulan DVD Amazing Race ini. Jadi, petunjuk ini juga dilalui dengan gampang.

DSC_0414

Bongkar lemari untuk ambil kotak CD 😉

 Petunjuk 7

Di petunjuk yang ketujuh berhubungan dengan rumah. Rais sih gampang banget nebak. Cuma saking semangatnya, dia langsung ke lantai 2, padahal petunjuk ada di sisi tangga. Dia bete soalnya lama nggak ketemu petunjuk di sana. “Oooomm, kok nggak ada?” tanyanya sebel. “Coba dong baca lagi petunjuknya!” saranku. “Coba liat dengan teliti.”  Di sini, ada kali 2 atau 3 menit dia nyari-nyari. Pas ketemu, dia lagi-lagi jerit seneng.

 Petunjuk 8

Petunjuk terakhir adalah lokasi tempat hadiah aku simpan. Hahaha… aku sampe ngeri dia turun tangga kayak mau terjun saking gak sabarnya. Begitu hadiahnya dibuka (yaaa hadiahnya gak sempet dibungkus kado, dibuka dari plastik maksudnya), dia jingkrak-jingkrak dihadiahin buku. Hahaha… misi pemberian hadiah berlangsung sukses. Rais seneng, aku apalagi bisa kasih hadiah dengan cara yang seru hihihi.

DSC_0422

Mulai asyik dengan buku baru hehe

Selamat ulang tahun Rais… semoga tetap pintar, rendah hati dan ramah ke semua orang 😉

 

 

Iklan

48 thoughts on “Ulang Tahun ala The Amazing Race

    • Idenya mendadak muncul ketika sampe di depan pagar rumah 🙂 Hadiahnya biasa, makanya harus diberikan dengan cara yang luar biasa unik hihihi.

  1. Wah boleh juga nih idenya om ndut. Mau dipraktekin bulan depan pas ultah prabu, tapi bobot soal nya dinaekin kali yah untuk yg 8 tahunan, he he…. Ijin nyontek yah ommm

    • Tentu boleh Bu 🙂 kalo dipikir-pikir, petunjuk yang aku buat kemarin itu juga nggak susah haha, harusnya bisa dibikin yang lebih menantang dan berhubungan dengan kegiatan Rais langsung. Wah Prabu ulang tahunnya sama kayak aku *pamcol* hihihi. Ditunggu cerita kejutan ulang tahunnya di blog Bu 😉

  2. keren caranya, ada usaha untuk meraih kado.. mogamoga ntar rais bisa jadi temennya om ndut ngeamazingrace ya.. *amin..

    selalu sehat dan bahagia dan cepat besar ya rais..

    suka deh kado bukunya.. dan itu isi kulkas cuma air? rapi aja..

    • terima kasih tante tintin. doakan rais bisa keliling negeri seperti tante

      >>> Haha, iya ya bisa jadi nanti bisa nge-amazing race (jalan-jalan kemanaaa gitu sama Rais berdua). Iya, kulkas itu cuma untuk air, makanan dan buah. Kalo sayur, bumbu dapur, ikan ada di kulkas satunya lagi ^^

  3. Kreatif sekali omnduut untuk kasih hadiah ke Rais, bikin permainan dulu. Sampai 7 petunjuk, banyak bangett om, untungnya Rais bisa temukan ;). Selamat ultah Rais semoga jadi anak pintar disekolah, yang berbakti pada orangtua, Nusa dan Bangsa ;).

    • terima kasih tante nela atas doanya amin

      >>> Haha, ketika selesai Rais protes mbak, “kok petunjuknya cuma 8 om? harusnya kan banyak-banyak” Hahaha… mungkin karena bagi dia gak susah-susah banget ^^

  4. Keren!!! Gw dulu wkt SD sering main ginian dgn teman kelas. Biasanya gals vs boys.
    Rais cerdas ya. Cara menikmati permainan sampe kemudian membaca bukunya keliatan excited nya! b^^d

    • Haha iya Ncha 🙂 Selama di rumah dia aku cekokin dengan majalah anak dan buku. Kalo ke rumah dia dilarang bawa PSP apalagi main PS di kamar oom satunya lagi. Cuma ada buku, dot susu dan the amazing race hahahaha

    • Siippp 🙂 Aku beli di mbak Kai dari season 5 hingga season 22 ^^
      Hmm, apa lagi ya yang bagus? haha, soalnya hanya beberapa serial yang aku tonton. Untuk drama thriller, Walking Dead juara! Bukan hanya sekedar melawan zombie, tapi lebih ke sisi psikologis para pemainnya. Harus bertahan hidup dengan teman yang kadang seketika berubah menjadi musuh.

      Serial ini udah sampe 3 season 🙂

    • Haha beneer 🙂 Si Rais juga ngerasa kurang banyak. Maklum persiapannya dadakan dan harus sembunyi-sembunyi dari dia hahaha. Tahun depan pasti lebih baik 😉

  5. Ping-balik: Hadiah yang Tertunda |

  6. Ping-balik: Hampir Mati Karena Gramedia |

  7. Ping-balik: Seberapa Efektif Kinerja Petugas Pembuat Paspor di Kantor Imigrasi Palembang? | Omnduut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s