Publikasi

Fan Page Omnduut : Seberapa Penting Punya Fan Page Blog di Facebook?

Tips-Fanpage-Facebook

Source : successwithsueham.com

Terus terang, mendapati beberapa teman blogger yang punya fan page sempat terbersit juga di perut kepalaku untu bikin hal yang sama. Namun selalu saja mikirnya, “hmm untuk apa ya?” toh kalau ‘hanya’ untuk share postingan blog, tanpa punya fan page juga udah bisa dibagikan di wall pribadi. Selain itu, aku ini orangnya agak malesan terus terang. Punya blog 2 aja udah sangat merepotkan. Ngap ngap-an rasanya buat terus aktif nulis diantara pikiran yang galau akan problema kehidupan dan percintaan ini –eh. Maksudnya diantara kesibukan aktifitas di dunia nyata, gitu! Hehehe.

Punya twitter aja (dulu) kadang dilihat kadang nggak. –habisnya aku gak suka nulis yang dibatas-batasi gitu hwhw. Instagram? Lha hape yang support buat main instagram aja baru punya sekarang-sekarang ini. –cieeh hape baru, pamcol  niyeee. Makanya, jika kelak punya fan page, jangan-jangan, setelah dibikin eh nantinya akan terbengkalai dan karatan –seperti hatiku. Oalaaah ini postingan apa coba? –langsung minta rukiyah.

No no no no, don’t phunk with my heart –mendadak The Black Eyes Peas… pokoknya BIG NO!

Makanya, boro-boro mau punya fan page. Berusaha untuk nyari tahu gimana caranya bikin fan page aja maleeeesss banget. Hingga….hingga…. kemarin, tanggal 27 Oktober 2015, tepat di hari Blogger Nasional, aku iseng nyobain bikin fan page dan HOLA… jadi fan page blog Omnduut!

1

Cara Bikin FP 1 : Klik aja simbol di kanan atas itu. Pilih “Buat Halaman” atau klik ini.

“Nah, lantas fan page-nya mau diapain? Katanya males? Katanya banyak urusan hati yang kudu dipikirin. Iki piye ini?”

Gitu ya kali pikir kalian. SAMAK! Aku juga mikir gitu tauk. <- warbiyasak ya kata-kataku.

Saat aku bikin fan page blog Omnduut, satu-satunya hal yang aku pikirkan pada saat keisengan itu berjalan ialah, “aku bakalan nulis tentang India di sini nih.”

Hah? Kok bukan nulis di blog seperti biasa?

2

Cara Bikin FP 2 : Lalu pilih halaman sesuai kebutuhan.

Oh, nulis di blog mah tetep atuh, demi dapur mengebul –if you know what I mean, eh demi tetap tersandangnya gelar “blogger” di dadaku maksudnya. (nganu, soalnya ada selebTwit yang ngakunya blogger tapi nulisnya setahun 2 kali. Siapa? Auk ah). Jadi, nulis harus tetap jalan. Apalagi dengan menulis  uneg-uneg yang ada di kepala dapat tersalurkan. Menulis itu juga terapi jiwa, toh? Asal jangan nulis mantra santet buat dik Chelsea Islan aja.

Oke, balik lagi tentang India.

Jadi, selama perjalanan 3 minggu di India, aku menghasilkan lebih dari 1500 foto dari kameraku aja (belom lagi digabung sama foto yang ada di kameranya Ahlan –travelmate). Nah, gak mungkin dong ya semua objek foto diposting di blog. Lagian ada foto-foto yang kayaknya gak cocok ditulis di blog. Niat awalnya sih aku mau posting di catatan FB aja tapi kok ya gak jadi-jadi.

3

Cara Bikin FP 3 : Kalau untuk blogger, pilih kiri bawah

Makanya, begitu keisenganku kumat kemarin, dan begitu proses pembuatan fan page sudah separuh jalan (seperti cintaku ke dia huhuhaha), aku kepikiran buat nulis (semacam) kolase kisah perjalananku selama di India. Terdengar menarik, kah?

Tapi, setelah fan pagenya jadi, ya tentu saja tidak terbatas tentang ke-INDIA-an atau juga ke-OMNDUUT-an. Aku bisa menulis banyak hal di sana. Apaaaa aja asalkan bermanfaat bagi pembaca. Minimal banget, bisa menghibur atau ada secuil informasi yang didapatkan pembaca takkala melihat dan membaca postinganku di fan page nanti.

Harapannya begitu sik (masih pake “K” –gelenggeleng). Makanya, doakan ya temen-temen, semoga fan pagenya dapat bermanfaat. Boleh banget loh kalau mau add aku di FB dan like fan page Omnduutnya 🙂

4

Hurray, Fan Pagenya udah jadi!

FAN PAGE OMNDUUT KLIK DI SINI

Jadi inget zaman-zaman suka ikutan lomba bikin esai dulu. Sik sik, (kalo ini emang harus pake “K”), aku coba menganalisis, kira-kira pentingnya punya fan page itu apa sih?

Pertama : Branding

Jelaslah ya, sedikit banyak jadi agak kerenlah kalau punya fan page pribadi. “Wah wah, si Omnduut punya fan page. Blokir aaah” hahaha, jangan dooong, di like atuuuhh. Nah kan keren tuh kalau punya fan page sendiri. Sekali lagi, dengan catatan asal fan pagenya bermanfaat ya. Kalau bikin fan page buat menebar kebencian, mending langsung daftar masuk neraka saja sanah (kali ini pake “H”).

Kedua : Investasi

Sama seperti blog, sekiranya tulisan dan foto dan…apapunlah yang nanti bakalan diposting di fan page, akan jadi investasi memori bagi penulisnya. Yang jelas, apa yang terunggah di fan page akan tersimpan dengan rapi. Gak kayak wall pribadi yang isinya gundah-gulana-gak-jelas (walaupun sekarang di FB ada fasilitas memori ‘lihat kenangan Anda’ juga ya). Ya namanya juga memori, siapa tahu setahun, sepuluh tahun akan datang, tulisan di fan page bisa jadi kenangan yang maha dahsyat.

Ketiga : Unggul Secara Teknis

Banyak hal yang membuat fan page unggul secara teknis dari akun FB biasa. Misalnya aja tidak ada jumlah batasan teman (kalau FB Cuma 5000 orang kan, trus si pemilik akun akan ubah namanya jadi Si Anu Full hwhw). Fan page juga dapat terindex di search engine. Truuss trus yang penting itu kan Ge-Ege-Er-Ara-Ti-It is. G(E)-RA-TIS.

Keempat : Bisa Dapet Duit

Duh, yan, belom apa-apa sudah ngomongin duit haha. Maklum, sejauh ini beli nasi padang di warung sebelah belom bisa dibayar pake senyum(ku) yang manis mempesona ini.  Biar kata udah kenal lama sama uda-nya, kalau mau beli nasi padang ikan kembung bakar kesukaanku, tetap aja kudu bayar pake duit.

Naaaah, kalo fan page sudah sangat mentereng banget, tentu saja bisa dijadiin tempat buat nerima klan. Atau Jadi buzzer kayak SelebTwit yang followersnya banyak BOT itu juga bisa. Contoh suksesnya sebut saja bernama Jojon yang berhasil mengubah Kebencian Jadi Uang (kayaknya dia harus nulis buku tentang itu. Judulnya : How To Make Stupid Followers to Buy Our Products. Opss!).

Eh tapi, aku masih jauhlah dari tahapan itu. Beneran deh! Niatku itu tulus untuk membahagiakanmu (ngomong sama gebetan tembok). Eh maksut (kali ini pake “T”) nyah (pake “H”), aku gak sebegitu money oriented-nya lah. Belom apa-apa sudah ngomongin duit. So, jangan jadi jengah dan batal untuk like fan page-ku yaaaa! –kedipkedip.

Selain itu, gak menutup kemungkinan juga fan page Omnduut jadi jalan rezekinya banyak orang. Misalnya saja dengan informasi seputar lomba atau apalah. Atau juga bisa bikin Giveaway nanti 🙂 doakan saja!

Kelima : Bisa Dapetin Gebetan

Asli, ini alasannya sudah sangat terlihat putus asa banget ya ngawur. Tapi bisa jadi loooh. Bisa jadi banget kalo nanti nulis sesuatu yang mengharu-biru (kayak kaki lebam-lebam dan berdarah-darah di Hong Kong dulu misalnya), ada emak-emak yang baca, trus iba, trus ngenalin anak ceweknya yang cakep. Bisa jadi kan? Hahaha. Kayaknya namaku harus ditambah menjadi Haryadi Ngawur Yansyah, ini :p

Udah ah, itu aja analisis abal-abalnya. Semoga tulisan ini ada manfaatnya ya. Kalau ada temen blogger yang mau bikin fan page juga, yuk mariii. Kita ramaikan jagat per-fan page-an dengan konten-konten yang bermanfaat dan bebas dari unsur penyebaran kebencian.

PS : Kalau ada yang mau beliin aku nasi padang, jangan lupa kuahnya dibanyakin. Mikiciiihhh (pake “H”).

Iklan

51 thoughts on “Fan Page Omnduut : Seberapa Penting Punya Fan Page Blog di Facebook?

  1. Calon di like mah fans page yang kayak gini ini om hehehehe
    Loh om nduut punya blog 2? Mana satunya? Kasih lihat dooong hehehe
    Btw, semoga laku keras fans pagenya ya om, siapa tau bisa kenalan sama Chelsea Islan gegara fans page hehehe 😀

  2. Oooom! Aku dong udah punya fanpage tp yg buat jualan hahaha. Tp gpp deh kan pake nama ndutyke juga. Sblomnya ga kepikiran buat promo’in FP ku di blog krn toh 1) nggak ada hub-nya ama blogging 2) jualannya lagi cuti liburan ples cuti hamil cuti melahirkan zzz …..

  3. Aku udah likee FP Omnduut.
    Aku dulu juga sempat maju-mundur bin ga pede Yan bikin FP, aku mah apa atuuh. Trus dapat pencerahan dari para blogger tentang kegunaannya akhirnya aku bikin deh. Trus dulu juga pengalaman bikin fp buku MwS lumayan sukses. Tapi fp Keluarga Biru ini aku kurang maksimal manfaatinnya, habis ini aku coba tingkatin deh. Makasih udah mengingatkanku.

  4. Saya juga tidak begitu sering menulis, tapi blog saya tidak terisi, ah gelar blogger tak begitu pentinglah bagi saya Om, yang penting saya bisa menulis di blog :hehe. Depang anake ngadanin aelah ya :haha, biarkan orang menilai :p. Semoga sukses dengan fanpage-nya Om :hehe.

  5. Kok sama kayak saya, punya Twitter tapi sampe lumutan jarang ditengok. Lha emang the real battlefield masih FB juga. Makanya Jojon bela2in bikin FP dengan bantuan mesin biar pengikutnya banyak. Twitter kelihatan seru karena memang datanya muda dikeluarkan sama servernya, bisa dibandingkan hashtag satu dengan lainnya. Nah FB? Mereka pelit sekali mengeluarkan data. Tapi yg jelas, 90% pengguna internet (manusia, bukan bot) yang jumlahnya 1,5 miliyar di Indonesia (di Asia kedua tertinggi setelah India), punya akun Facebook.

    BTW: sukai FP Om Ndut ahhhhhhhhh 😀

  6. Wiiih selamat ya Mas Yan.. Kece bingits laah pokoknya. Semoga barokah yaa rumah barunya. Kapan nih undangan housewarming-nya? Hehehehe… 😀
    Idenya oke yaa.. tapi sebelum bikin fanpage mau benerin blognya dulu ah haha.. Sama ngumpulin fansnya dulu. LOL.

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s