Pelesiran

Mengintip Neraka di Haw Par Villa Singapura

Saya pertama kali mengetahui keberadaan tempat ini dari Mbak Molly yang dulu pernah komen di tulisan Kuil Kaki Langit –Chin Swee Caves, yang ada di Genting, Malaysia. Dimana, di kuil itu terdapat diorama berupa siksaan-siksaan yang akan didapati oleh manusia saat menghuni neraka. Kata Mbak Molly, di Singapura tempat serupa juga ada, yakni di Haw Par Villa ini.

Nah, komen itu terngiang di benak saya hingga kemudian, saat saya dan para sepupu memutuskan untuk berlibur ke Singapura, saya bela-belain untuk datang dan melihat langsung diorama yang dimaksud. Beruntung, sebagai pengguna STP (Singapore Touist Pass), kami dapat puas menggunakannya di berbagai macam moda transportasi untuk mengakses ke banyak tempat.

Apalagi, untuk masuk ke Haw Par Villa ini nggak dibutuhkan biaya masuk alias gratis. Nah, kalau yang gratis-gratis semacam Chinese Garden atau Marina Barrage kan nggak boleh dilewatkan begitu saja wakakak. Maklum, kami pelancong kere yang keluar negeri modal tiket pesawat promo hehe.

Sekilas Tentang Haw Par Villa

Haw Par Villa ini sebetulnya taman hiburan yang berisi lebih dari 1000 patung dan 150 diorama raksasa yang menggambarkan cerita rakyat, mitologi Tiongkok, legenda, sejarah dan ilustrasi konfusianisme. Ialah Aw Boon Haw dan Aw Boon Par, 2 saudara keturunan Cina-Burma (Myanmar), pengembang Tiger Balm yang kemudian memindahkan bisnis mereka dari Burma ke Singapura pada tahun 1926.

Suasana di Haw Par Villa

Ia memilih lokasi yang terletak di sepanjang jalan Pasir Panjang ini karena secara fenshui dianggap bagus. Makanya lokasi ini ia beli pada tahun 1935 dan mulai membangun taman ini sebelum kemudian pertama kali dibuka pada tahun 1937 dan di tahun kematiannya 1954 barulah taman ini dinyatakan sebagai milik umum.

Ntah ini maksudnya apa

Yang datang ke taman ini setidaknya 1 juta orang loh pertahun. Bahkan, di antara tahun 1950 hingga 1960, taman ini merupakan objek wisata rekreasi populer di Singapura. Pada tahun 1986, Internasional Theme Parks Pte Ltd memberikan invesrasi sebesar $ 30 juta untuk memodernisasi taman ini. Puncaknya, pada tahun 2018, beberapa bagian taman direvitalisasi dan dibangun bangunan tambahan yakni museum dan sebagian kawasan bertema unik lainnya.

Diorama 10 Pengadilan Neraka

Untuk menuju Haw Par Villa ini mudah banget. Pengunjung hanya harus mencapai stasiun MRT Haw Par Villa. Begitu keluar, belok kanan sedikit maka gerbang pintu masuknya sudah langsung kelihatan. Saat saya dan adik ke sana, suasana sudah mulai ramai. Banyak wisatawan yang berkunjung ke taman ini sambil asyik berfoto.

Pintu gerbang masuk Haw Par Villa

Ya, seperti yang saya infokan sebelumnya, ada banyak sekali patung di sini. Kerennya lagi, pose patungnya unik-unik sehingga lumayan asyik untuk foto-foto.

Terdapat juga sebuah kolam besar yang berisi puluhan atau bahkan ratusan kura-kura beraneka ukuran. Di tengah danau terdapat sebuah bangunan khas Tiongkok dimana di sebelahnya terdapat menara yang di atasnya terdapat patung Buddha berukuran besar yang tengah bersila.

Kura-kuranya banyak banget

Namun, yang menjadi daya tarik utama tempat ini ialah keberadaan goa dimana di sanalah diorama 10 Pengadilan Neraka berada. Menurut kepercayaan Tionghoa, semua dosa yang diperbuat di bumi ini akan mendapat ganjaran di dalam neraka dimana hukumannya terbagi dalam 10 kelompok. Untuk gambaran jelas dosa dan hukumannya apa dapat dilihat di sini, ya.

Keadaan di neraka πŸ™‚

Pengadilan dan eksekusi

Ini juga serem

Ngeri-ngeri sedap sih liat diorama ini haha. Tapi di sisi lain, karena jalan sama sepupu-sepupu yang kadang urat becandanya salah tempat, diorama ini bisa dibuat bahan becandaan.

β€œNah tuh kamu suka berbohong, ntar dihukum kayak gini di neraka.”

Atau…

β€œKamu kemarin ambil makanan aku kan? Tuh hukuman si pencuri tangannya digergaji.”

Hehe, ya kurang lebih begitulah. Terus terang, apa yang saya lihat melalui diorama ini ya tak ubahnya gambaran surga-neraka di buku bergambar yang saya baca dulu saat masih kecil hahaha. Intinya sih, saya percaya bahwa semua perbuatan di dunia ini akan ada balasannya nanti. Bagus sih datang ke tempat seperti ini buat bahan renungan πŸ™‚

Cakep ya. Asyik buat foto hehe

Kawasan Bertema Lainnya

Puasa berada di goa 10 Pengadilan Neraka, kami beranjak ke kawasan lain. Nah di bagian luar goa, kami menjumpai taman-taman bertema lainnya. Ada yang menceritakan kisah Perjalanan ke Barat ala serial Kera Sakti. Ada juga yang memperlihatkan kisah legenda Siluman Ular Putih.

Tokoh-tokoh sejarah seperti Jiang Ziya, Su Wun dan Lin Zexu serta 12 hewan zodiak juga ada di Haw Par Villa ini, termasuk sebuah monumen yang didedikasikan untuk Aw Bersaudara.

Salah satu bangunan bertema lain di Haw Par Villa

Taman Haw Par Villa ini sekarang memang tak sepopuler tempat wisata lainnya di Singapura. Hmm, apalagi kalau mau dibandingin sama wisata belanja di Mustafa hahaha. Jelas di sana lebih ramai walau perbandingannya nggak orange to orange. Yang jelas, jika kamu suka mendatangi tempat wisata yang unik kayak gini, boleh banget mempertimbangkan untuk mengunjungi Haw Par Villa di perjalanan ke Singapura kamu selanjutnya.

Lupa diorama ini tentang apa. Rada ngeri sebetulnya.

Biar kata banyak orang bilang Singapura membosankan dan nggak ada apa-apanya, menurut saya kebalikan. Banyak hal menarik di negara kecil ini. Untuk wisata gratisannya saja tidak semua dapat saya kunjungi dalam satu kali kunjungan. Nah, jika punya dana lebih, bisa nyobain wisata berbayarnya yang juga tak kalah banyak.

Intinya, selalu ada tempat-tempat menarik di satu tempat. Apalagi jika tempat/negara itu Singapura. Negara yang menyadari bahwa gak punya banyak potensi wisata terutama alam, namun dapat mengemas sedemikian rupa objek wisata yang mereka punya untuk mendatangi wisatawan dari seluruh dunia. Mantul bener, kakak!

Sampai jumpa di lain waktu πŸ˜€

  • Haw Par Villa

  • 262 Pasir Panjang Road, Singapore 118 628

  • Situs resmi : http://www.hawparvilla.sg

  • Buka pukul 9:00 sd 19:00, kecuali goa 10 Pengadilan Neraka hanya buka sampai pukul 6 sore.

  • Biaya gratis

  • Akses paling mudah naik MRT ke stasiunHaw Par Villa

46 thoughts on “Mengintip Neraka di Haw Par Villa Singapura

  1. Baru tahu hahaha. Klo kesini jadi ingat ingat dosa. Ngeri ngeri sedeppp.

    Singapura membosankan? Hmmmmm m mau jawab iya tapi kok menyenangkan juga. Tapi jujur Najin klo ke Singapore ogah kecuali diajak masuk ke universal studio dan emaknya masih blm sanggup. Hahaha

    • Mungkin kalau yang nyari wisata alam, Singapura ini gak ada apa-apanya. Tapi aku termasuk kerasan sama kota/negara ini. Pengen balik lagi karena masih ada beberapa tempat wisata yang dulu gak sempat aku datangi hehe

  2. beberapa kali ke daerah Pasir Panjang ke tempat temen, turun di Haw Par Villa MRT Station. Lihat taman ini, tapi blm sempet lihat dalamnya..Jadi tau setelah lihat postingan masnya. hehe.

  3. Kayaknya tempat ini cocok untuk orang2 penuh dosa macam aku ini… semoga jadi auto tobat om… apalagi biaya masuk nerakanya gratis.. πŸ˜‚

  4. Om, itu yang pakai jilbab pink siapa namanya? Sepertinya cantik. Eh maaf salah fokus.

    Paling enak kalo begini ada guide atau keterangannya gitu ya. Nggak kosong melompong. Tapi apa mungkin ini masih jadi tempat ibadah jadinya dibiarin tanpa keterangan?

    Baru tahu lho kalau Budha juga ada neraka. Soalnya biasanya yang diceritakan ya nirwana. Wkwkwk

  5. SUMPAH SUMPAH DIORAMANYA SEREM BET SUMPAAAH! Aku lemah banget liat replika serem yang dilucu-lucin gitu, malah tambah serem. Sayang banget lagi renov, bulan depan ke sana. Padahal siapa tau aku jd rajin solat setelah ke sini wkwk

  6. Ping-balik: Mengintip Neraka di Haw Par Villa Singapura | Napsu Jalan

  7. td aku buka link yg ttg jenis2 hukumannya mas, dan sukses ngiluuuu… sereem yaa. ga jauh beda ama hukuman yg srg kita baca di komik neraka dulu sih yaaa, tp ini lbh detil :D.. yg gini nih, yg bikin lgs kepikiran tobat, tp kmudian suka lupa lg 😦

  8. Ping-balik: Ngegembel di Singapura, Emang Bisa? | Omnduut

  9. Waduuh mendadak ngilu dibarengi pegal lihat siksaan neraka seperti itu 😦 …
    Datang ke tempat ini kita kayak disadarin buat menebar banyak kebaikan.

    Omndut sekarang kelihatan slim ya πŸ™‚ ?.
    Udah ngga ndut lagi kayak dulu hehehe ..

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s