Tontonan

Perjalanan Cita Rasa – THE HUNDRED FOOT JOURNEY –

hundred-foot-journey-poster-405x600

The Hundred-Foot Journey. Source : collider dot com

::: The Hundred Foot Journey :::

| 2014 | Sikhya Entertainment | Directed by : Lasse Hallstrom |

| Starring : Helen Mirren, Om Puri, Manish Dayal, Charlotte Le Bon, Amit Shah |

| Rating MPAA : PG| Running Time : 100 minutes | Genre : Drama |

| Rating ala Omnduut : 8.9/10 | Rating ala IMDB: 7.3/10 | Rating ala Rottentomatoes : 68%-81% |

Sebuah kejadian buruk yang mengakibatkan kematian bagi istrinya, membuat papa Kadam (Om Puri) mengambil keputusan untuk meninggalkan kehidupan lama mereka di India dan memilih untuk pindah ke Eropa. Sempat menetap di Inggris, papa Kadam kembali mengajak keluarganya untuk pindah karena merasa tidak ada kemajuan berarti dalam usaha mereka di negeri ratu Elizabeth tersebut.

Sial, dalam perjalanan menyusuri dataran Eropa, mobil yang mereka tumpangi bermasalah dan hampir kecelakaan di sebuah desa indah bernama Saint Antonin Noble Val yang berada di selatan Perancis. Untung ada Marguerite (Charlotte Le Bon), gadis cantik yang bersedia menderek mobil papa Kadam dan membawa keluarga Punjabi ini untuk mencari tempat bermalam.

om-puri-in-the-hundred-foot-journey-movie-5

Salah satu adegan epic di film ini 🙂 source : richardsreckons dot wp dot com

Kebaikan Marguerite langsung menarik perhatian Hassan (Manish Dayal), anak tertua papa Kadam yang juga salah satu koki terbaik restoran keluarga mereka dulu. Pucuk dicinta ulampun tiba, keesokan harinya papa Kadam menemukan sebuah bangunan tua dan berminat membelinya dengan harapan dapat direnovasi dan dijadikan restoran khas India.

Walau begitu, langkah papa Kadam untuk membuka restoran tidak semudah yang dibayangkan. Dia harus menghadapi Madame Mallory (Helen Mirren), wanita tua pemilik restoran terbaik di sana yang lokasinya tepat berada di depan restoran papa Kadam. Jadilah, 2 orang dengan karakter yang sama keras kepalanya, bersaing merebut perhatian penduduk kota sambil terus berupaya menyajikan sajian terbaik. Siapa yang akan menang?

2014-08-16-OneHundredFootJourney3-thumb

Bumbu rahasia dari India. Source : huffingtonpost dot ca

Di sisi lain, belakangan Hassan mengetahui bahwa Marguerite adalah orang yang bekerja di restoran pesaingnya. Di satu sisi, Hassan berusaha mendekati Marguerite namun di sisi lain Hassan menyadari bahwa Marguerite adalah kompetitornya. Dua koki muda ini juga bersaing menyajikan makanan terbaik. Beruntung, Hassan memiliki bumbu masakan rahasia warisan ibunya yang dapat ia gunakan demi mendapatkan hidangan yang spesial. Namun apakah itu cukup? Hassan berusaha untuk menjadi koki terbaik dan apakah hal tersebut dapat ia raih dengan terus bertahan di restoran keluarganya? Kegamangan makin mencuat takkala madame Mallory berminat memperkerjakan Hassan di restorannya. Apakah papa Kadam mengizinkan?

Perjalanan Cita Rasa

Film dengan tema keluarga seperti The Hundred Foot Journey ini adalah genre film yang paling aku suka. Terlebih film ini menampilkan deretan masakan, teknik pengolahan makanan, kebudayaan (India) hingga sederet konflik yang dikemas lucu dan menarik yang menjadikan film ini semakin spesial.

Akting para pemainnya mumpuni. Terutama Om Puri dan Helen Mirren yang sepanjang film bersitegang namun bekalangan mulai mencair takkala kesepakatan-kesepakatan mulai didapati 🙂 Dua pemilik restoran ini bersaing dari yang secara sehat hingga saling menyabotase satu sama lain hehe.

Akting pemain muda Manish Dayal dan Charlotte Le Bon juga menarik. Tanpa adegan romantis yang berlebihan, penonton (baca : aku) dapat merasakan bahwa diantara mereka terjalin ikatan yang cukup erat. Film ini menjadi sedemikian indah karena elemen-elemen yang ada di dalamnya menunjang satu sama lain. Cerita yang menarik (diangkat dari novel best seller berjudul sama), sinematografi yang aduhai serta musik oleh A.R Rahman, komposer kampiun yang telah memenangi penghargaan Academy Award.

hundred-foot-journey-helen-mirren-1

Madame Mallory memeriksa mutu makanan. Source : dreamworksstudios dot com

Sutradara dan Produser Keren

Orang banyak boleh mengidolakan Christopher Nolan, Martin Scorsese, James Cameron atau sederet sutradara kenamaan lainnya sebagai sutradara favorit. Bagiku, jauh sebelum Lasse Hallstrom membesut film ini, aku sudah sejak lama jatuh hati dengan sutradara asal Swedia ini sejak menonton film What’s Eating Gilbert Grape. Hingga kemudian aku penasaran dengan karya lainnya dan makin jatuh hati setelah menyaksikan beberapa film lain besutannya seperti An Unfinished Life, Chocolat, Dear John, Something to Talk About serta Hachiko.

Hal lain yang tak dapat dilepaskan dari film ini ialah keberadaan 2 sosok penting yang menduduki kursi produser yakni Steven Spielberg dan juga Oprah Winfrey. Jelas sudah The Hundred Foot Journey adalah film yang sayang untuk dilewatkan. Bisa jadi ini bukan film bertema keluarga atau masakan terbaik yang pernah aku tonton, namun film ini meninggalkan kesan yang sangat dalam apalagi aku baru saja mengunjungi India dan mencicipi langsung beberapa makanan India yang ada di film ini. Keren!

Selamat menonton  trailernya  🙂

Iklan

59 thoughts on “Perjalanan Cita Rasa – THE HUNDRED FOOT JOURNEY –

    • Haha nggak juga ya sepertinya. Soalnya di film lainnya gak fokus ke makanan sih 🙂 cuma memang rata-rata film keluarga yang nggak terlalu ribet ditonton. Selain film ini aku suka An Unfinished Life 🙂

  1. eh…aku juga udah nonton nih. Tapi menurutku aksi mengolah makanannya agak kurang. Terutama di akhir-akhir, bagaimana dia mengolah makanan sehingga bisa jadi chef international ? ga terlalu digarap.

    Btw…ada TV series Jepang yg tentang chef juga, Yan. The Emperor’s Cook. Lagi happening dan seru juga.

    • Iyaa betul banget 🙂 sepakat. Aku juga ngebayangin pas nonton adegan masaknya lebih epic kayak serial Jewel in The Palace hahaha. Atau minimal Julie and Julia-lah 🙂

      Hwaa makasih infonya mas, aku coba cari ah serial itu. ^^

  2. Saya belum pernah menonton film ini, tapi kayaknya bagus :hehe. Film yang memadukan budaya India dan barat selalu jadi sesuatu yang menarik, contohnya Bride and Prejudice dan The Best Exotic Marigold Hotel, bagus sekali, ceritanya “berisi” tapi tidak berat, terus adegan cintanya juga bukan yang tipe erotis-erotis begitu, masih ada budaya ketimurannya :hehe. Apalagi ini menyangkut soal makanan, suka banget banget! Wajib ditonton :hihi.

  3. Wah, suka banget sama film ini, saya nonton taun lalu di BBC chanel kayaknya, lupa. Beneran keren nih filmnya. Persaingan bisnis yang berdarah-darah hahaha..
    Si bapak tua yang keras kepala namun gigih, sy suka karakter” yg kuat di film ini. Sy jg suka seting tempatnya serta memasukkan unsur timur dan barat dalam sebuah film itu keren bgt.

    • Iya rasanya gak enak aneh mbak hehe. Ada lagi cemilan yang rasanya manis kami makan di Jammu kalau gak salah. Kayak mint gitu dan berbentuk butiran beras tapi lebih kecil.

    • Waah baru tahu ada blog sukakucing 🙂 pas banget, lagi demennya sama kucing nih kami sekeluarga 🙂 makasih sudah mampir ke blog omnduut.

      Lasse Hallstrom itu cukup beragam filmnya 🙂

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s