Tontonan

Bad News is Good News? – NIGHTCRAWLER –

nightcrawler-mr

Nightcrawler. Gambar dari shortlist dot com

 ::: Nightcrawler ::: | 2014 | Bold Films | Directed by : Dan Gilroy | Starring : Jake Gyllenhaal, Michael Papajohn, Rene Russo | Rating MPAA : R | Running Time : 117 minutes | Genre : Drama, Thriller | Rating ala Omnduut : 9.3/10 | Rating ala IMDB : 8.0/10 | Rating ala Rottentomatoes : 95% |

“Filmnya bagus.” Itu komentar beberapa teman.

Ketika mengetahui bahwa film ini berkisah mengenai pencari berita, aku membayangkan bahwa tokoh utamanya berusaha “membuat” berita untuk diliput. Tidak menemukan sesuatu yang oke dijadikan berita, maka dia “membuatnya”. Bad news is good news, bukan? Aku juga teringat salah satu cerita di komik detektif Conan, dimana ada pembunuh yang membunuh seorang jurnalis karena ternyata jurnalis ini sengaja membakar sebuah apartemen untuk mendapatkan foto yang “bagus”.

Ternyata….

Ini kisah “biasa” mengenai Louis Bloom (Jake Gyllenhaal) yakni seorang pengangguran yang tidak sengaja menyaksikan sebuah kecelakaan dan bertemu dengan tim pencari berita independen yang ternyata hasil liputan tersebut dapat dijual di televisi. Terdesak kebutuhan dan juga merasa dia mampu melakukannya, Louis mulai menjual sepedanya untuk ditukarkan menjadi sebuah handycam. Berbekal peralatan sederhana itu, Louis mulai melakukan pencarian berita perdananya. Namun sayang, bukan hal yang mudah bagi Louis karena dia hampir selalu terlambat ke lokasi kejadian. Misalnya saja ketika berniat meliput kebakaran, begitu datang api sudah padam.

Nightcrawler-11

Sedekat ini meliput kejadian. Gambar dari craveonline dot com

Ada satu kelebihan Louis dari tim peliput independen saingannya. Louis berani mendekat sedemikian rupa mengarah ke korban dan lokasi terjadinya sebuah peristiwa. Walaupun berhadapan dengan pihak kepolisian harus dijalanina. Hasil liputan pertamanya menarik minat Nina (Rene Russo), produser TV berita yang membeli dan memuji hasil liputannya itu. Berbekal uang tersebut, Louis berinvestasi dengan membeli kamera video yang lebih layak dan mulai mencari seorang asisten.

jake-gyllenhaal-rene-russo-nightcrawler

Setelah berhasil menjual hasil liputan pertamanya. Gambar dari blackfilm dot com

Lalu, apakah Louis adalah orang yang aku ceritakan di paragraf awal? Yakni orang yang sengaja “membuat” berita agar dibayar mahal? Untungnya tidak. Penulis skenario sekaligus sutradara film ini (yang ternyata juga menulis naskah The Bourne Legacy dan The Fall, dua film favoritku) tidak terjebak dengan tema sesederhana itu. Dia membangun film ini menjadi lebih kompleks, utuh dan juga bikin greget :p Bahkan sampai di akhir film, menurutku Louis tetap berada di grey area. Orang bisa menganggap ia baik dan jahat di saat yang bersamaan.

Film yang SANGAT keren! Acting Jake Gyllenhall juara di film ini. Lupakan bodi kotak-kotaknya karena di film ini dia tampil tirus dan kerempeng. Namun, dengan begitu tatapan matanya menjadi lebih hidup dan… akuilah, kadang-kadang terlihat mengerikan. Ambisi sangat terpancar nyata dari sorotan matanya.

Ini adalah film perdana Dan Gilroy. Dan… sepertinya aku akan suka dengan sutradara yang satu ini. Tidak menutup kemungkinan kelak akan lahir ide dan film baru dari dirinya. Good job Om Dan!

Iklan

28 thoughts on “Bad News is Good News? – NIGHTCRAWLER –

  1. Kayaknya Bad New is Favourite News. Apalagi kalau Gosip News, Dasar Emak2. Aku dah lama nggk nnnton Film Hollywood dan Bollywood. Tapi kalau dengar cerita dalam film tentang petualangan tau mind game. Langsung dah nonton.

  2. Udah lihat film ini, dan selalu berani menyebut film itu bagus jika saya bisa hanyut dalam akting aktornya hehehe. Boleh dong ulas The Book Thief atau birdman? *kayak apa aja minta-minta reviewin* hahaha 😀

  3. Memang kalau sudah niat kuat dan tekad bulat, apa pun dilakoni ya Om :hehe. Dan apa yang dilakoni dengan tekad dan niat sebegitu jarang yang tidak berhasil :)).
    Dan sepertinya saya pernah tuh baca Detektif Conan yang bagian bakar-membakar apartemen :hihi.

    • Kalo pembaca setia Conan pasti inget hehe. Jadi si fotografer berhasil mengabadikan uluran tangan seorang ibu yang memberikan bayinya ke petugas pemadam kebakaran.

      • Yep, dan itu semua disengaja, yang fotografernya memenangkan penghargaan itu kan Mas yak? :hehe.

    • Iya beneeer 😀
      Gilak banget kan, sengaja membuat berita. Orang lain jadi korban. Koleksi Conan-nya Gara lengkap nggak? kalo gak sengaja kebaca lagi, kasih tahu no berapa ya hahaha aku mau baca ulang.

      • Nggak lengkap Om, soalnya dulu kebanyakan aku nyewa di taman bacaan :malu. Tapi kalau saya kebetulan bump into topik itu, pasti akan saya informasikan :hihi.

    • Aku dulu lengkap, setelah satu demi satu hilang, aku stop dan pinjem aja. Tapi mulai ngumpulin lagi 30 nomor dari seri sekarang dan aku jaga baek-baek hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s