Pelesiran

Mengintip Keindahan Jailolo

378552_394924100577964_1307782076_n

Teluk Jailolo. Pahatan indah dari Sang Pencipta.

Tulisan ini diikutkan dalam Jailolo, I’m Coming!” Blog Contest yang diselenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo

Entah ini memperlihatkan ketidaktahuan saya atau di saat yang bersamaan menunjukkan bahwa sebegitu besarnya Indonesia, saya mendelik aneh begitu mendengar bahwa ada daerah di Indonesia bernama Jailolo. Hah? Jailolo? Di mana itu? Terus terang, ada sesuatu yang menggelitik ketika mendengar nama itu. Lolo dalam bahasa Palembang berarti bodoh. Jadi, Jailolo adalah tempat dimana orang bernama Jai (yang bodoh) tinggal, kah? Tentu saja tidak! Sungguh itu pemikiran saya yang sangat dangkal.

208821_449093195161054_1538399307_n

Jailolo terletak di Maluku Utara

Jailolo atau yang dalam bahasa setempat juga disebut Gilolo ternyata adalah nama lain dari Pulau Halmahera yang berada di Provinsi Maluku Utara. Di sini, karya besar Tuhan sang pencipta diperlihatkan. Tidak berlebihan jika banyak yang bilang bahwa Jailolo adalah satu sudut surga di Indonesia.

moluccas-blaeu-1640

Peta tua si Pulau Rempah-rempah*

Setiap tahunnya, di pulau seluas 2.775 Km² ini diadakan Festival Teluk Jailolo. Di tahun 2013 ini Festival Teluk Jailolo mengusung tema “The Treasure of Spice Islands” dimana perhelatan akbar ini akan akan diawali dengan ritual pembersihan laut yang dalam bahasa lokal disebut Sigofi Ngolo. Sebuah perwujudan komitmen masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan laut.

Bersyukurlah bagi masyarakat Jailolo. Mereka disuguhkan pemandangan luar biasa setiap harinya. Di mana gunung Jailolo berdiri gagah ditemani pantai dan laut bening yang menyimpan kekayaan jutaan biota di dalamnya. Luar biasa! Selain itu, berbagai macam kegiatan akan dilaksanakan di festival ini. Misalnya saya lomba dayung, pergelaran seni budaya selaiknya pertunjukan tarian Cakalele atau mengunjungi Desa Gamtala untuk melihat proses kerajinan tangan khas Jailolo.

313406_441094982627542_1385022495_n

Keelokan Jailolo 🙂 Silahkan pandangi dengan lekat pesonanya.

Sebuah pertunjukan drama musikal bertajuk Sasadu on The Sea pun tengah dipersiapkan oleh-oleh tangan hebat sekelas Dimas Lesimana, Oleg Sanchabaktiar dan Eko Supriyanto (tentu kalian ingat bahwa Eko Supriyanto ini pernah menjadi penarinya Madona, bukan?). Drama ini pun dipersiapkan dengan megah dan melibatkan 250 murid dari masing-masing sekolah untuk menyajikan tarian tradisional yang mewakili 4 suku besar yang berada di Halmahera Barat yakni suku Sahu, Tobaru, Wayoli dan Gamkonara.

529936_442064022530638_1172555285_n

Berharap bisa berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat 🙂

Festival_teluk_jailolo_2012

Salah satu pertunjukan yang disuguhkan dalam Festival Teluk Jailolo

76229_386720641398310_1288694096_n

Gendang ditabuh, mendadakan kemeriahan Festival Teluk Jailolo sudah dimulai 🙂

Oh ya, pada kesempatan ini juga akan diadakan “Jailolo Underwater Film Festival” hadiahnya juga gak sembarangan lho. Stt… total hadiahnya hingga 60 juta! Melalui festival ini, Jailolo akan dipenuhi oleh penyelam dan pembuat film handal. Bagi kalian yang ingin menyaksikan festival besar ini, bisa mengikuti turnya yang dengan informasi lengkap di sini.

69266_435028783234162_909746054_n

Jailolo Underwater Film Festival.

Tak cukup sejumput kata untuk menggambarkan bahwa betapa saya ingin mendatangi Jailolo. Saya ingin membuktikan bahwa pemandangan yang ditawarkan jauh berlipat lebih indah dari foto-foto yang saya lihat. Pastilah menyenangkan bila dapat berinteraksi dan terlibat langsung di perhelatan budaya ini. Saya ingin merasakan ‘nafas’ Indonesia yang sebenarnya. Ingin rasanya ‘merekam’ setiap momen-momen yang ada dan menceritakannya lagi melalui tulisan agar lebih banyak masyarakat yang mengenal Jailolo. Bahkan, dunia pun patut memperhitungkan kemegahan alam Jailolo.

Besar harapan saya agar bisa menyaksikan langsung salah satu festival budaya kebanggaan Indonesia ini. Semoga, melalui event  ini, saya bisa menapaki Jailolo sebagai salah satu tempat di Bumi Indonesia yang indah. Salah satu teman saya –Febry yang tahun lalu berkesempatan menyaksikan Festival Jailolo bahkan berkata, “Again, I really miss this place. I Love the colorful of the culture. I Love the magnificent scenery it gives everyday. My best work place ever. Such on of place that you must visit before die.

427243_435102216560152_1355640787_n

Visit Halmahera Year 2013

Catatan :

– Sebagian besar foto yang ada di tulisan ini saya ambil dari akun facebook Festival Teluk Jailolo.

– Foto peta tua si pulau rempah-rempah saya ambil dari sini.

– Bagi yang ingin ikutan Blog Contest “Jailolo! I’m Coming” silahkan klik ini. Semakin banyak yang ikut artinya semakin banyak pula yang baca tentu makin dikenal luas pulalah Jailolo.

UPDATE (17 April 2013)

Setelah menunggu berjam-jam dari waktu yang dijanjikan, hasilnya ternyata aku belum berjodoh dengan Jailolo tahun ini 😀 semoga bisa bertemu Jailolo tahun depan 😉

Ini dia dua tulisan blogger yang memang pantas jadi pemenang.

1. Menanti Fetival di Teluk Timur Indonesia oleh Ken Arox

2. Sepucuk Surat Untuk Wallace oleh Wira Nurmansyah

dan ini adalah tulisan dari dewan juri yang memuat alasan mengapa mereka bisa terpilih 🙂

Selamat untuk dua pemenang (yang memang blogger spesialis jalan-jalan ^^ keren euy!)

Iklan

39 thoughts on “Mengintip Keindahan Jailolo

    • Aku juga maju mundur mau ikutan mbak 🙂 Beberapa temen WP bikin tulisan yang keren banget. Ya sudah, karena kepingin ke sana dan belom pernah keluar Sumatera dan Jawa, jadi menyemangati diri buat ikutan 🙂 Amin. Makasih mbak Noni ^^

  1. dulu punya temen kos namanya lulu orang jailolo, jadi kita manggil dia lolo..
    ini lomba boleh ambil foto dari yang lain? buat promosi kali ya.. kirain dikau yang motomiti..

    • Itulah uniknya keragaman Indonesia ya mbak Tin 🙂 Satu kata bermakna kurang baik di daerah lain bisa jadi artinya baik di satu tempat ^^ Kalo panggil orang Lolo di Palembang bisa-bisa kena sambit kapal selam hahaha.

      Nggak, aku kan belum pernah ke Jailolo, jadi sementara hanya bisa lihat keindahan Jailolo melalui foto-fotonya dulu. InsyaAllah Mei nanti bakalan lihat langsung *modal PD banget nih ^^*

    • Wah terima kasih atas apresiasinya ya 🙂 Mudah-mudahan dengan reblog ini makin banyak yang baca dan tahu informasi mengenai Jailolo terlebih Festival Teluk Jailolo 2013 ini 🙂

    • Iyaaa… mbak Maya bisa nyelam gak? ikutan aja ^^ Gilak hadiahnya 25 juta! baaah… uang semua itu ya? bisa keliling Eropa tuh duit segitu hahaha.

      • nyelam mah bisa.. citil… bisa muncul lagi di permukaan apa gak itu yang jadi pertanyaan hehehehe 😀

        WOW!!! 25jt… bisa ke Tanjung Kelayang sama ke raja ampat kalo punya duit segitu…. #pikirannya gak jauh2 dari Pantai…

        Semoga menang ya Yan.. *nari pompom*

      • *goyang hula-hula* Makasih ya ^^ Semoga bisa kenalan nanti sama yang ikutan lomba underwater film itu. Yaaa siapa tahu kan duitnya mau dipake jalan-jalan. Trus kenapa? ya gak kenapa-kenapa siiih *mintilin ujung baju*

      • hahahahaha….

        eh, tapi kalau kamu kenalan sama yang ikutan lomba underwater film, aku kenalin ya.. siapa tau aku diajak, jadi kru gak papa deh.. kan bisa ikutan gratis ke Jailolo … (ngarep dan gak mau rugi 😀 )

    • Kalo festivalnya diadakan tiap tahun, nah trip gratisnya yag gak tahu hihihi. Kayaknya baru diadakan tahun ini ^^

      Makasih ya Cecil, amin amin amiiiin 😀

  2. Ping-balik: Keseruan Selama Berada di Tidore – Bagian 1 | Omnduut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s