Pelesiran

Thailand : Negeri Pagoda dengan Sejuta Pesona

objek wisata Thailand

Salah satu sudut keindahan Bangkok, Thailand

Ketika akan menuliskan hal ini, saya jadi teringat dialog belasan tahun lalu ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Dialog-dialog yang terurai beserta keriuhannya ini terjadi ketika jam istirahat. Waktu yang tepat untuk jajan dan bermain bersama teman. Salah satunya bermain tebak-tebakan.

Apa julukan negara Amerika Serikat?”
”Negeri Paman Sam”
”Maksudnya negara itu kepunyaannya Paman Sam gitu? Siapa dia?”

Kalo julukan negara Jepang apa?”
”Ah itu gampang, di sana, kan, ada bunga Sakura. Jadi negeri Sakura dong jawabannya!”
”Jepang juga disebut negeri Matahari Terbit!”

”Nah negeri gajah putih julukan negara apa?”
”Mana ada gajah warna putih!”
”Di Thailand sana ada kok!”
”Dimana-mana gajah itu warnanya gelap tauk!”
”Pokoknya ada. Titik!”

Hihi. Siapa yang ngotot bilang bahwa benar ada gajah berwarna putih itu? Tentu saja saya. Belakangan, ketika internet tak ubahnya ’wabah’ bagi kehidupan manusia, saya akhirnya mengetahui bahwa benar saja, tak pernah ada gajah berwarna putih. Gajah yang aslinya berwarna coklat lembut kemerahan itu disebut gajah putih hanya sebagai penggambaran dan penamaan semata.

Dulu, di negeri Siam (sekarang kita kenal dengan Thailand), gajah putih (chang phueak ; ช้างเผือก) dijadikan sebagai simbol kekuasaan kerajaan. Semua gajah ’putih’ yang ditemukan, harus diserahkan kepada Raja dengan upacara khusus. Keberadaan gajah putih juga diyakini akan memperkokoh kekuasaaan dan berdampak bagi keberkahan kerajaan. Dikarenakan tradisi inilah kini Thailand kondang dengan nama Negeri Gajah Putih.

35.232

Sejarah Gajah Putih. Diambil dari situs wikipedia

Minat yang besar terhadap keberagaman budaya (lokal dan internasional) yang sudah tertanam sejak kecil, menjadikan saya sebagai sosok pemimpi ulung yang berharap suatu hari bisa menjelajahi negeri-negeri jauh yang selama ini hanya dikenal melalui buku, majalah dan tayangan di televisi. Salah satunya negeri sejuta pagoda : Thailand.

Hingga beberapa waktu lalu, mimpi itu hanyalah mimpi semu yang tak pernah tahu kapan akan terwujud. Sebongkah asa ternaung melalui #KuisTripBarengCK  #Bangkok yang diselenggarakan oleh Claudia Kaunang -pecinta traveling yang telah ’melahirkan’ berbagai macam buku perjalanan dengan jargon khasnya ’Traveling is Possible’

IMG00464-20130126-0734

‘Kitab suci’ traveling yang ditulis Claudia Kaunang. Pelopor jalan-jalan murah dengan jargonnya, “traveling is possible!”

Melalui akun @ClaudiaKaunang dan FanPage Claudia Kaunang, CK (Panggilan akrab Claudia Kaunang) bekerja sama dengan @WisataThailand (FanPage Wisata Thailand) mengadakan lomba melakukan perjalanan tak terlupakan ke negeri Thailand! Tentu saja, sebagai penggiat lomba dan pemimpi amatir yang memiliki banyak harapan, aku harus berusaha memperoleh kesempatan itu.

CK mencari 2 orang yang masing-masing dipilih dari twitter dan fanpage di facebook. Beruntung, aku terpilih sebagai nominator yang diambil dari fanpage. Aturannya sederhana sekali. CK hanya meminta anggota fanpage untuk menuliskan 3 tempat yang ingin dikunjungi di Bangkok dan alasan mengapa ingin ke Bangkok bersama Claudia Kaunang dan Wisata Thailand.

Apa yang aku tulis sehingga terpilih menjadi nominator? Ini dia… (untuk versi lengkap silahkan dibuka FanPage Claudia Kaunang) [DETAIL KLIK DI SINI]

3 (tiga) tempat yang sangat ingin saya kunjungi di Bangkok.

1. Pulau Rattanakosin : dengan mengunjungi Rattanakosin, saya juga bisa berkesempatan menatap Grand Palace secara langsung! Sekali ‘dayung’, berapa ‘pulau’ terlampaui. Di sana saya bisa melihat Wat Phra Kaew, Wat Pho, Wat Arun, Emerald Buddha, National Museum, City Pillar Shrine dan banyak lagi. “Rattanakosin Isle is the core of historical Krung Thep (the capital of Thailand)”

2. Sebelum Museum Madame Tussauds Jakarta selesai dibangun, pasti menyenangkan bisa mengunjungi Museum lilin tersohor ini di Bangkok. Beruntungnya jika bisa ‘bertemu’ dengan Presiden Soekarno.

Soekarno

Patung Ir.Soekarno di museum Madame Tussauds Bangkok.

3. “Jika kau ingin melihat kehidupan masyarakat sebuah bangsa, datangilah pasarnya,” lupa siapa yang pernah berkata seperti itu. Yup, terlepas dari image belanja, saya ingin mengunjungi pasar-pasar yang ada di Bangkok. Seperti pasar Chatuchak yang diklaim sebagai pasar terluas di dunia. Pasar Samchuk juga menarik, soalnya disinyalir telah berdiri lebih dari 100 tahun lalu dan memenangkan UNESCO Asia-Pasific Award of Merid 2009 untuk usaha pelestarian konservasi budaya oleh masyarakat.

Alasan saya begitu ingin mengunjungi Thailand.

Beberapa tahun lalu, kami dihadiahi sebuah tshirt bergambar Gajah Putih oleh-oleh kerabat yang baru melakukan perjalanan ke Thailand. Gawat, tshirt itu menjadi rebutan dua adik saya, namun dengan ego-nya, kaos itu berhasil saya rebut. Nah, jika berkesempatan ke Thailand, ingin rasanya menebus keegosian itu dan menghadiahkan oleh-oleh (tak hanya kaos) kepada 2 adik dan kedua orang tua. Jika beruntung mendapatkan merchandise murah di pasar Pratunam, bisa jadi keluarga besar akan kecipratan kenang-kenangan juga.

IMG00465-20130126-0750

Tshirt yang jadi rebutan. Berhasil saya menangkan karena ukurannya besar dan memang pas untuk saya 😀

Saya ingin berinteraksi langsung dengan masyarakat Thailand. Melihat bagaimana mereka berkomunikasi, memilih pakaian untuk kegiatan sehari-hari, mencari hal-hal unik dari mereka sambil ‘menyelami’ kebudayaan yang tersebar di penjuru kota. Bila beruntung, bisa menemukan tempat istimewa non turis yang selama ini ‘tersembunyi’ dari radar wisatawan.

Jika saya terpilih, ini pertama kalinya saya melancong ke luar negeri (langsung ke negeri eksotis Thailand pula!), membayangkan paspor saya yang ‘bersih’ akan ‘terkotori’ oleh stempel visa negeri Thailand, ah menyenangkan sekali… dan itu berkat CK dan Wisata Thailand.

Copy of paspor

A ‘virgin’ passport. Setahun lebih paspor ini dibuat dengan sebuah modal keyakinan bahwa suatu hari akan digunakan. Semoga ini kesempatannya!

Kini kesempatan itu tinggal setengah langkah lagi… Kalau saya menang #KuisTripBarengCK #Bangkok, saya akan….  menjelajahi tempat-tempat indah di bawah ini…

grand-palace-bangk_1291211c

Grand Palace di malam hari. Belum sah datang ke Bangkok jika tidak mengunjungi istana megah ini.

wat_pho_bangkok_thailand

Wat Pho, candi dengan lanskap yang indah. Tempat patung Buddha tidur berada.

Patung Buddha Tidur

Patung Buddha tidur yang berada di Wat Pho.

www.richard-seaman.com

Wat Phra Krew. Dianggap candi Buddha paling suci.

Wat Arun

Wat Arun. Pagoda yang dibangun Raja Taksin dari Cina yang kemudian diperbesar raja ke 2 Thailand hingga memiliki ketinggian 66 meter.

The city pillar shrine

Bangunan megah lain. The city pillar shrine.

Temple of the Emerald Buddha

Emerald Buddha

Pasar Terapung Damoen

Pasar Terapung Damnoen, tempat James Bond kejar-kejaran 🙂

pratunam

Pasar Pratunam. Disebut CK dalam bukunya sebagai pasar yang tepat untuk belanja oleh-oleh

Sungai Chao Phraya

Sungai Chao Phraya. Pingin bandingin dengan sungai Musi.

nationalmuseum

Museum nasional di Bangkok

Chatuchak-market-Bangkok - travelingguideinfo

Pasar Chatuchak yang diklaim sebagai pasar terluas di dunia

1204299006

Pasar Samchuk juga menarik, soalnya disinyalir telah berdiri lebih dari 100 tahun lalu dan memenangkan UNESCO Asia-Pasific Award of Merid 2009 untuk usaha pelestarian konservasi budaya oleh masyarakat

”Bermimpilah, maka seisi jagat raya akan mendukungmu,” –Paulo Coelho. Saya dalam tahap memupuk keyakinan akan wejangan Paulo Coelho itu. Semoga ini adalah sebuah jalan demi menapaki mimpi-mimpi saya.

Ketika sudah berkesempatan untuk ’bertarung’ memperebutkan mimpi menjelajahi Thailand ini pun senang sekali. Entah apa yang bisa saya lakukan untuk menyiram mimpi-mimpi saya jika tidak memfollow @ClaudiaKaunang dan @WisataThailand serta menjadi anggota FanPage mereka di Claudia Kaunang dan Wisata Thailand

Berbagai kesempatan menjelajahi dunia saya dapatkan hanya dengan memfollow kedua twitter dan fanpage itu. Senang sekali jika bisa ke Thailand dan merasakan langsung sejuta pesona yang ditawarkan. Berbagai macam cerita dan kata-kata akan terurai secara lisan maupun di berbagai media komunikasi… seperti… tentu saja di blog kesayangan ini. 🙂

Oh ya, dapatkan juga berbagai informasi mengenai perjalanan di www.claudiakaunang.com dan www.wisatathailand.com

Jika ini keberuntungan saya, semoga gelak pada event serupa jadi keberuntungan teman-teman semua! Semoga 😉

UPDATE : Berkat rezeki dari Allah SWT, dan mungkin karena dibantu tulisan ini, aku terpilih untuk menjelajahi Bangkok. Tunggu catatan perjalanan dariku ya 🙂

Iklan

47 thoughts on “Thailand : Negeri Pagoda dengan Sejuta Pesona

    • Amiiin 🙂 Iya, jangankan ke Thailand. Di kota manapun itu kalo berkesempatan bisa ke pasarnya asyik sekali. Pasti bakalan nemuin hal-hal baru. “Berapa harga itu?” “Seribu lima ratus” (jawaban normal) kalo di Sungai Liat Bangka jawabnya, “Seribu lime” (Rp.1500) kirain dengan uang Rp.1000 bisa dapat lima hahaha

  1. Wah Oom, kita samaan loh. Stempel pertama di paspor kita sama2 stempelnya Thailand dan kota di LN pertama yg dikunjungi juga Bangkok #Tooossssss

    Baidewei, tulisanmu memang baguuuuussss, pantas saja terpilih sebagai pemenang 😉

    Eh eh eh baca travelove juga ternyata, pasti juga gak terlewat membaca tentang ………………. 😀

    • Hei hei hei, ada apa dengan Travelove??? 😀 *kepo* Itu buku aku baca sepanjang liburan karena dibawa terus 😀 eh btw makasih atas pujiannya. Balik-balik soal rezeki aja sih 🙂

    • Mutasi ke Palembang? Atau liburan? harus kopdar ya! hehe 🙂 Jiaaah tuh kan pamer tiket haha. Jangan lupa, harus beli kartu pos di sekitaran Grand Palace, jangan kayak aku yang nyesel sejadi-jadinyaaaaa huaaaaaaaaa.

    • Saya lebih mengenal Jepang ketimbang Thailand bisa dibilang. Karena sejak kecil, ketertarikan akan negeri Matahari Terbit itu lebih terlihat saking senengnya nonton anime 🙂 hanya, tulisan ini dipersiapkan untuk kepentingan lomba.

  2. Wah asik ya Om dapat jalan-jalan gratis..
    Saya juga bulan lalu dapat tawaran jalan-jalan ke Thailand dari KNPI atas penghargaan pemuda berprestasi, tapi sampai sekarang belum ada kabar lagi kelanjutannya bagaimana. Membaca artikel Om Ndut menjadi referensi buat saya seumpama saya jadi berangkat ke sana. Terima kasih ya Om buat share pengalaman di sini. Sukses selalu buat Om Ndut dan blog ini 🙂

    • Wah tuh lebih keren mas 🙂 pemuda berprestasi euy ^^ semoga nanti ada tindak lanjutnya ya sehingga bisa jalan-jalan ke Thailand. Amin, sukses juga buat mas Pangeran hehe

  3. Amin.. yarobbal alamin..
    Thailand memang salah satu destinasi wisata yang paling saya minati selain Jepang, Om.. tempat yang ingin saya kunjungi di Thailand Pucket, Chiang Mai, dan Pattaya. Ya walaupun banyak isu negatif tentang Pattaya tetapi tidak memupus keinginan saya untuk berkunjung ke sana.
    Semua objek wisata di mana pun saya rasa memiliki sisi positif dan negatif kan..

    Oke Om terimakasih sekali lagi ya..

    • Iya mas. Semua tempat kalo mau dicari sisi negatifnya pasti nemu aja 🙂 tergantung orangnya masing-masing.
      Semoga bisa kesana dalam waktu dekat ya ^^ amin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s