Tontonan

menyingkap misteri pembunuhan – THE PAPERBOY –

ThePaperboy

The Paperboy

<<<<< The Paperboy >>>>>
A story about murder, sex and journalism
| 2012 | Millennium Films | Directed by : Lee Daniels | Starring : Matthew McConaughey |
| Nicole Kidman, Zac Efron, John Cussack, David Oyelowo |
| MPAA Rating : R | Running Time : 107 menit | Budget : $ 12.5 million |
| Rating ala Omnduut : 7.7/10 | Rating IMDB : 5.8/10 | Rating Rotten Tomatoes : 39%-38% |

SPOILER ALERT : Bisa jadi ulasan ini mengandung bocoran cerita.

Di sudut kota Florida, suatu malam seorang sheriff terbunuh pasca memergoki sepasang kekasih yang sedang memadu cinta di sebuah mobil. Tiba-tiba saja, dari arah belakang ia ditusuk orang tak dikenal hingga tewas. Sheriff tersebut adalah orang yang sangat diandalkan di kota kecil itu bahkan pasca kematiannya, penduduk membangun sebuah patung untuk mengenang keberadaanya.

Hillary Van Wetter (Cusack) didakwa atas pembunuhan itu. Ia tidak bisa mengelak dari berbagai bukti yang ditemukan di rumahnya. Seperti pisau dan baju yang berlumuran darah. Kini, Hillary tengah siap menghadapi hukuman mati di kursi listrik.

The_Paperboy_800b

Hillary yang dijadikan kambing hitam dalam kasus pembunuhan

Di lain pihak, Ward James (McConaughey) ditugaskan dari kantornya Miami Times untuk menyelidiki kasus pembunuhan ini. Dibantu adiknya Jack (Efron) dan teman negronya Yardley (Oyelowo) mereka bertiga bahu membahu menyelidiki kasus pembunuhan itu.

The_Paperboy-252796429-large

Trio Ward, Jack dan Yardley

Situasi menjadi ‘kacau’ ketika mereka bertemu Charlotte Bless (Kidman) yang merupakan kekasih Hillary. Dari dandanannya, sangat terlihat bahwa Charlotte ini wanita yang… katakanlah ‘binal’. Keberadaannya membuat trio ‘detektif’ sedikit demi sedikit mulai terpecah. Bahkan Jack sempat adu jotos dengan Yardley pasca mengetahui Yardley bercinta dengan Charlotte.

Berbagai macam cara mereka lakukan untuk menggali fakta demi meringankan hukuman Hillary. Benar saja, semakin digali, fakta bahwa Hillary tidak bersalah semakin kuat. Yang menjadi menarik adalah proses pertemuan keempatnya di dalam penjara. Dalam sebuah adegan, hubungan ‘liar’ Charlotte dan Hillary diperlihatkan cukup gamblang.

the-paperboy04

Salah satu adegan ‘gila’ di film ini.

Di sisi lain, Jack ataupun Ward ternyata memiliki rahasia hidup masing-masing. Terlebih dalam orientasi seksual mereka. Jack yang ditinggal pergi ibunya mendadak jadi pemuda yang sangat tertarik dengan wanita yang lebih dewasa. Ia begitu dekat dengan asisten rumah tangga mereka –Anita yang sepanjang film bernarasi sebagai sosok ‘serba tahu’ di film ini.

macy_gray_the_paperboy_film_still_a_l

Anita, sosok ‘serba tahu’ di film ini. Asisten rumah tangga yang dijadikan Jack sebagai sosok pengayom.

Jack pun pada akhirnya mengakui mencintai Charlotte. Jack sangat yakin bahwa Charlotte sesungguhnya tidak mencintai Hillary. Bagaimana dengan orinetasi seksual Ward? Di sebuah adegan yang penuh pertumpahan darah hal itu akan terjawab dengan sendirinya.

Hillary akhirnya bebas! Namun, kebebasan Hillary ternyata membawa masalah lain di hidup Ward, Jack dan Charlotte. Hillary memang tidak bersalah dalam pembunuhan sheriff namun, dengan mentalnya yang tidak stabil, tingkah laku Hillary membuat repot Jack, Ward dan Charlotte. Kini mereka berusaha melepaskan diri satu sama lain.

Dengan tema yang sudah sering digarap, The Paperboy bisa jadi terlihat sebagai film yang biasa saja. Namun, ternyata The Paperboy mampu menancapkan taringnya ketika dinominasikan Palm d’Or (Best film) di ajang Cannes Film Festival 2012. Salah satu faktornya adalah berkat kejelian Lee Daniels (yang 2009 lalu berjaya melalui film Precious) memilih para aktor yang tepat bermain di film ini.

John Cussack pas sekali memerankan tokoh penjahat. Begitupun Nicole Kidman yang total berperan sebagai wanita ‘nakal’ namun disisi lain mampu menghadirkan sosok keibuan terhadap tokoh Zac Efron. Dan hey, Zac Efron tak hanya menjadi pemanis di film ini. Dia bermain cukup baik, bahkan bisa mengimbangi akting Matthew yang di film ini berperan sebagai kakaknya.

cess-on-set-the-paperboy-lee-daniels-01-h

Jack, Charlotte dan Ward

Film ini penuh dengan dialog kasar. Sedangkan untuk konten seksualnya masih cukup aman karena tidak ada adegan full frontal. Adegan-adegan ‘percintaan’ pun disajikan dengan tempo yang cepat dan tampilan gambar yang tidak terlalu jelas karena memang jualan utama film ini bukan adegan percintaan, tapi sisi drama dan kehidupan para tokoh-tokohnya.

Iklan

7 thoughts on “menyingkap misteri pembunuhan – THE PAPERBOY –

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s