Uncategorized

Top Ten Kuliner Bogor Favorit

dua badai

Mas Aldi aka DuaBadai

Sebulan berlalu, eh jumpa lagi dengan swap blog. Ajang saling ‘bertukar’ blog terhadap 8 finalis kompetisi The Big Blog Exchange beberapa bulan silam. Nah, edisi bulan Desember ini, blog Omnduut kedatangan blogger keren sekaligus fotografer handal asal Bogor yang mau bercerita mengenai 10 makanan maknyus yang ada di kota hujan. Dialah mas Aldi, si pemilik blog DuaBadai dan juga DISGiOVERY yang kece aduhai itu. Eh btw, kalau aku ke Bogor kayaknya kudu icip semua ini hihihi. Apa saja makanan menggoyang lidah yang ada di Bogor? cekidot gais! eh ya untuk baca tulisanku mengenai kuliner di Palembang, klik ini ya ^^

* * *

food - asinan bogor

Asinan Bogor

Rasanya tak ada yang tak mengenal asinan, entah itu asinan sayur, asinan buah, atau asinan campur.  Satu yang saya paling suka dari asinan Bogor adalah kuahnya yang semi kental bercita rasa manis asam pedas.  Selain bahan baku utama sayur-sayuran atau buah-buahan tadi, terdapat pula kacang tanah goreng, irisan tahu kuning dan oncom bandung, serta kerupuk.  Dan air liur saya meleleh sembari mendeskripsikan asinan ini.  Asinan Bogor paling populer yang kerap menjadi oleh-oleh khas adalah asinan Gedung Dalam dan asinan Ny. Yenny.

food - bubur buah

Bubur Buah

Kalau ada teman atau kerabat yang berpesiar ke Bogor, saya pasti mengajak mereka untuk menikmati bubur buah yang merupakan sajian khas Kafe Rahat.  Bubur buah ini terdiri atas potongan buah segar yang disiram kuah kental perpaduan es krim dan yoghurt.  Hal inilah yang membedakannya dengan sop buah.  Selain bubur buah, ada pula es buah salju.  Yang membedakan hanya potongan buah yang tidak disiram kuah apapun, namun diberi topping es krim vanilla. Wow!

food - sop buah

Sop Buah

Sop buah ini terdiri atas potongan buah segar (anggur, pear, apel, jambu biji, melon, mangga, markisa, stroberi, hingga anggur, alpukat, dan kelapa kerok) yang disiram kuah susu atau air jeruk bersama potongan es batu.  Salah satu yang terkenal di Bogor adalah sop buah pak Ewok (meskipun asalnya dari

Bandung).  Sempat menjadi jajanan favorit saya sekitar tahun 2008-2009, namun seiring semakin populernya nama ini, saya malah merasa ada penurunan kualitas. Buah potongnya menjadi kurang beragam, dan terkadang yang disajikan malah buah potong yang sudah beku.

food - doclang

Doclang

Hidangan sederhana murah meriah yang kerap menjadi jajanan saya sejak zaman kuliah.  Terdiri atas irisan ketupat/lontong, tahu goreng, telur rebus, kentang rebus yang digoreng, kerupuk, dan emping tangkil kemudian disiram bumbu kacang dan kecap.  Sebagai hidangan khas Bogor, beberapa pedagang doclang pun masih fanatik menggunakan kecap merk Zebra produksi Bogor. Selain pedagang pikulan, doclang yang terkenal enak terletak di kawasan Jembatan Merah.

food - dodongkal

Dodongkal (Awug)

Berbahan dasar tepung beras, gula aren, dan kelapa parut, penganan gurih-manis ini hampir sama rasanya dengan kue putu (hanya saja ia tidak berwarna hijau melainkan putih).  Jika kue putu berbentuk silinder, maka dodongkal ini biasanya berbentuk tumpeng karena pengolahannya yang menggunakan dandang berbentuk kerucut.  Saya cuma tahu satu penjual dodongkal yaitu di jalan Suryakencana (depan Indomaret).

food - mie glosor

Mie Glosor

Makanan khas Bogor yang cuma lazim ditemui sebagai takjil/hidangan buka puasa.  Mie glosor sebenarnya adalah mie goreng dalam versi lebih sederhana  dengan bahan baku utama mie kuning (bukan mie telur).  Biasanya disantap dengan sambal kacang dan aneka gorengan.  Saya sendiri belum menemukan tempat/pedagang yang menjual mie glosor yang enak, kecuali buatan ibunya teman saya, hehehe.

food - roti unyil

Roti Unyil

Tampaknya inilah salah satu oleh-oleh paling praktis dan populer dari kota Bogor.  Roti-roti mungil dengan tekstur lembut dalam banyak pilihan rasa/topping: coklat, pisang keju, sosis keju, sosis, srikaya, selai nanas, abon, daging asap, dll.  Tapi favorit saya adalah roti dengan topping jagung susu. Nom nom nom!  Satu-satunya produsen roti unyil yang masih eksis sejak 90-an hingga kini adalah Venus.

food - soto kuning

Soto Kuning (Stoto Bogor)

Ada banyak penjual soto kuning khas Bogor yang bertebaran di sepanjang jalan, namun yang terkenal adalah soto kuning pak Yusup dan pak Salam di jalan Suryakencana.  Soto Bogor ini biasanya terdiri atas potongan daging/jeroan/kikil yang disiram kuah santan berwarna kuning (dari kunyit). Jika tak menyukai santan, pembeli juga bisa memilih kuah bening.

food - sangu tutug oncom

Sangu Tutug Oncom

Hidangan ini konon berasal dari Tasikmalaya, namun kemudian populer sebagai masakan khas Pasundan. Sangu tutug oncom adalah nasi yang ditumbuk bersama oncom bakar dan bumbu rempah di dalam sebuah dulang kayu, kemudian disajikan lengkap dengan lauk pauk, lalap, dan sambal.  Oncom sendiri adalah juga bahan makanan khas Pasundan yang berasal dari fermentasi bungkil kedelai/kacang tanah. Sangu tutug oncom ala Bogor yang saya suka adalah di Kafe Rahat dan Saung Kiray.

Review sangu tutug oncom Saung Kiray

food - toge goreng

Toge Goreng

Hidangan yang aneh karena walaupun namanya toge goreng tapi faktanya sama sekali tidak digoreng melainkan direbus.  Hidangan menggiurkan ini terdiri atas potongan ketupat, tahu rebus nan lembut, mie kuning, dan rebusan toge yang kemudian disiram dengan kuah oncom-tauco.  Paling nikmat disajikan panas-panas ditemani kerupuk kemplang.

Review toge goreng Mang Undja.

About the writer:

Penulis #SwapBlog bulan ini adalah Badai yang bisa ditemui di http://duabadai.wordpress.com atau website travelnya http://disgiovery.com

Sebagai penikmat kuliner yang tinggal di Bogor tentu saja membuat #SwapBlog kali ini menjadi kesempatan emas untuk berbagi kuliner khas Bogor.  Tentu faktanya ada lebih dari 10 macam ragam kuliner yang bisa dinikmati, namun tulisan ini cukup merangkum yang menjadi terfavorit saja.

Note: Foto-foto diunduh dari google.com dan sebagian koleksi pribadi. Jika ada yang kurang berkenan fotonya dipasang disini please let us know so we will remove it.

Thank you Omnduut for being a great swap partner this month!

^^

Iklan

61 thoughts on “Top Ten Kuliner Bogor Favorit

  1. Yang belum dicobain bubur buah nih. Kalau pulang ke Bogor lagi cari aahh…
    Kebiasaan kalo pulang ke Bogor cuma ngendon di rumah buat istirahat ngurus anak 😀

  2. Yan. bubur buah itu bukan sejenis puding, tapi semacam es buah yang disiram paduan es krim + yoghurt, jadi kuahnya kental 🙂

    Kalo es pala, berasal dari manisan buah pala yang dicampur es batu, rasanya asem manis segar

  3. Ping-balik: #SwapBlog Project | duaBadai

  4. Terima kasih Bang sudah mengulas kuliner kota kelahiran saya. Kebetulan akhir bulan ini saya mau pulang ke Bogor setelah 7 tahun lamanya bersemedi di hutan Kalimantan. Pasti banyak yang berubah di sana. Tetapi melihat bacaan di atas saya rasa masih banyak yang belum disebutkan dan rasanya tidak kalah enak daripada yang telah disebutkan. Beberapa di antaranya adalah karedok, bakmie sahabat, tauco, laksa, dan…. errgh ngomongin makanan jadi lapar. Nanti deh kalau saya sudah sampai Bogor saya posting semua kuliner khas Bogor yang enak-enak. Atau Abang mau jalan2 ke Bogor bareng saya? 🙂

  5. Mie glosor…belum pernah nyobain aslinya di Bogor,tapi duplikasinya my sister rasanya ueenak pake banget.Dapet kiriman mie nya dari Bogor diolah di Bandung.heeheehee

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s