Bacaan

keseruan dan kehebohan – ANAK KOS DODOL RETURNS –

AKD 5 Returns - Full

::: Anak Kos Dodol Returns :::
| 2013 | Penulis : Dewi ”Dedew” Rieka | Penyunting : fLo dan Tka |
| Perancang Sampul : Ellina Wu| Ilustrasi : K.Jati |  Tata Letak : Techno |
| Penerbit : Gradien Mediatama | ISBN : 978-602-208-118-0 |
| 326 Hal | Harga Rp. 54.000,- | Skor ala Omnduut : 8.0/10 | Rating GR : Not Yet |

Lho, kok Anak Kos Dodol nongol lagi? Katanya sudah tamat? Apa ini cerita ngocol Dedew yang udah jadi ibu kos? ” (Hal.11)

Yihaaa, Anak Kos Dodol kembali menyapa para penggemar kisah seru ‘dodol legit’ ala Djogja! Hihi. Huaa senangnyaaaa. Masih segar di ingatan ketika tahun 2011 aku tersedu-sedu menatap Anak Kos Dodol Tamat yang telah aku baca. Huaa sungguh tega dikau mbak Dedew telah menghentikan dengan semena-mena keseruan, kegokilan dan kesialan para penghuni Puri Cantika II yang unyuk-unyuk itu. 😀 Padahal kan, penggemar kisah mbak-mbak fenomenal penghuni kos kinyis-kinyis itu masih bertaburan di seantero Indonesiaah. Hiks. Rasanya pingin nyoba jadi tante Kathy Bates di film Misery deh *siap-siap nyulik mbak Dedew* Alhamdulillah, niat pyscho itu urung terlaksana karena sekarang sudah ada Anak Kos Dodol Returns. Yeeaaay ^_^ *sumringah*

So, apakah buku ini hadir karena mbak Dedew sempat ditodong pisau dan bazoka oleh para penggemarnya, gitu? Nggaaaaak. Ternyata ide melanjutkan kisah Anak Kos Dodol ini bermula dari reuni akbar tokoh-tokoh yang sudah menghiasi Anak Kos Dodol dari seri pertama hingga seri keempat. Reuni yang menyenangkan namun di sisi lain mengenaskan itu berlangsung di Yogya, lho! Lho kok mengenaskan? Niihhh “Semua tergelak. Lobi hotel pun berasa jadi tempat arisan ibu-ibu. Ngerumpi dan ketawa tanpa henti meski orang-orang yang lewat pada melirik, dan para suami memendam rasa malu dalam-dalam.” Hal 25. Hahaha, tuh lihat, ternyata yaaa mbak-mbak kosan yang demen pake bulu mata anti ranjau itu pada merayu sekaligus memaksa para suami untuk mengantar mereka ke acara reunian ini! Gak tanggung-tanggung, ada yang sampe lintas provinsi loh! *lirik mbak Dedew* hwhwhw.

Copy of Copy of AKD 5 Returns - Full

Ini nih si emak dodol aka mbak Dedew ^_^

Anak Kos Dodol Returns (AKDR) ini sih sebetulnya tepat juga kalau mau dibilang sebagai prekuel. Ya, gak hanya film yang bisa di-prekuel-in. Buku pun bisa kookkk 🙂 kenapa aku bilang begitu? Soalnya, di AKDR ini pembaca dikasih tahu gimana proses awalnya mbak Dedew tersasar di Yogyakarta. Hihihi. Idiiih, bukan tersasar sih, karena emang dari sononya mbak Dedew udah kepincut sama Djogja. Hmm, mungkin ada misi khusus sowan ke rumahnya Duta Sheila On 7 kali ya? Hehe. Jadilah, pasca kelulusan SMA dan melewatkan porm night mbak Dedew berkelana menuju Djogja. Tenang, nggak sendiri kok. Tapi dikawal sama mama tercinta 🙂

Niatnya sih cuma untuk kursus persiapan SPMTN. Soalnya si mama pinginnya mbak Dedew kuliah di Bandung ajah. Tapi, ya mungkin sudah takdirnya jadi penghuni Puri Cantika II dan kenalan sama lelaki ganteng di sana kali ya *pak Say* sehingga keterusan sampe jadi sarjana. Sebelumnya, perjuangan nyari kos juga gak gampang. Apalagi pake standar 5K ala mamanya mbak Dedew. Keamanan, Kenyamanan, Kebersihan, Ketertiban dan Kemurahan hehehe. Apalagi di beberapa kos sebelumnya yang didatangi adaaaa aja hal-hal yang bikin gak sreg sehinga mbak Dedew khawatir makin sulit mendapatkan izin untuk kuliah di Djokdja. Misalnya aja pas lihat adegan mesra ala pilem Korea di jalan. “Tolong Dedew, ya Allah. Bukakanlah pintu hati emakku. Jadikanlah sejoli yang lagi motoran sambil nempel kayak lem uhu itu di invisible di mata emakku…” Hal 50.

Apa topik hangat yang sering diomongin sama anak kos? Yup, makanan! Bagi pembaca setia AKD tentu ingat beberapa topik seputar hal ini. Yang paling ngehits mungkin roti bakarnya Jeng Julia kali ya (baca komik AKD part 1 deh untuk liat betapa hebohnya hal ini hehe). Nah, di AKDR ini ada Rinto, urang awak yang sangat merindukan rendang ketimbang pelukan pacar *ish pacaran gak boleh peluk-pelukan* Jadilah, demi meredam Rinto yang terus uring-uringan, Dinda yang asli wong Plembang menawarkan diri untuk masak rendang yang bercita rasa minang. Hasilnya? Yup, percobaan sih berhasil ya hingga pada akhirnya Dinda ketahuan sudah memodifikasi rendang tersebut. Heh modifikasi pagimane? Dagingnya diganti sendal jepit gitu? Baca aja ndirik yak 😉

Topik lain yang tak kalah hangat (ngalah-ngalahin gosip Ayu Ting Ting bunting deh) dikalangan anak kos tentu saja perihal jodoh. *ini mau cari nilai atau cari suami?* Puri Cantika II sempat heboh ding gegara mbak Tere berniat memperkenalkan sepupunya yang tentara ke penghuni kos lainnya. Jiah, saking ngebetnya pingin dijodohin sama tentara tegap berdada bidang, para bidadari jarang mandi penghuni Puri Cantika II sampe bela-belain bikin foto bersama. Yup, foto bersama itu demi kepraktisan. Maklum anak kos. Ketimbang nyetak satu persatu foto mending foto bareng, kan? jebret!!! 😉 Hasilnya gimana? Apakah ada yang dipilih sama mas tentara? Hihihi, endingnya gokil deh! ^^

Aaaaaaa masih banyak banget cerita seru di AKDR ini. Misalnya aja cerita mbak Dedew yang ketiban sial T.O pake nama palsu. Ahaay, jadi inget dulu pas SMP aku juga sering pake nama palsu kalo ikutan T.O ding. Aku pake nama Doraemon euy hehe. Biarin, kalo nilainya jelek kan kagak ada yang tahu. Nah kalo nilainya bagus, pasti makin banyak yang penasaran sama siapa doraemon yang nilainya kinclong itu. Di cerita lain, kisah handuk keramat juga bikin shock. Hahay, nih ya akibat kalo pinjem barang gak bilang dulu. Yang punya sih gak marah handuk keramatnya dipake hanya… kasihan aja sama yang pake. Ih, sekeramat apa sih handuk itu? Yeey baca sendiri dong ah! 🙂 dan… seperti biasa. AKD itu gak melulu berisi cerita konyon bin mengenaskan kok. Kisah Kakak Asuh yang Cantik adalah salah satu kisah yang cukup inspiratif. Dimana anak-anak Puri Cantika II dikarenakan suatu kejadian mendadak dermawan dan melupakan kebutuhan tresier mereka. Bagooooosss 🙂

DSC_0537

Anak Kos Dodol Series

Anak Kos Dodol ini luar biasa euy! Bayangin, aku sudah mengenal kisah ini sejak aku duduk di bangku kuliah tahun 2008 silam. Artinya, sudah 5 tahun Anak Kos Dodol series mengisi hari-hariku. Dalam rentang waktu 5 tahun pula, mbak Dedew telah menelorkan *punya kebiasaan mengeram telor ya mbak? Hehe* 10 (sepuluh) kisah dari Anak Kos Dodol aja! Diantaranya 4 seri komik AKD dan satu lagi buku AKD yang ditulis secara keroyokan (Anak Kos Dodol Bareng Konco).

Nah, buku PeLit mana hayo yang bisa menyamai kesuksesan AKD ini? Sttt, AKD juga bakal difilmkan looooh. Kyaaaa, aku mau main film mbak Dedew. *casting dan berharap bisa berperan sebagai mas Bagus buahahaha dikeplak sama mas Bagus versi ori*. AKD Returns seperti biasa. Renyah euy. Ngalahin gorengan tempe abang-abang di depan lorong. Jadi, buku tebal ini aku selesaikan dalam sekejap napas aja *pinjem napasnya bang Henry Carvill* hehe. Finaly, selamat mbak Dedew atas Anak Kos Dodol Returns ini. Semoga akan ada AKD-AKD yang lainnya. *ambil lap dapur, mulai terisak nih aku. isakisakisak* 🙂 eh ya selamat juga untuk penerbit Gradien ya. Gradien berhasil euy mempertahankan ke-khas-an AKD ini. Dan, huaaaa bonus kartu posnya cakeeeeeeeeeppppppp. *kasihjempol*

Iklan

24 thoughts on “keseruan dan kehebohan – ANAK KOS DODOL RETURNS –

  1. I love all of Jati’s comics. Masih inget dulu pertama liat komiknya dari jaman indie, masih awal-awalnya seri Radical Comic. Yah sebenernya mah AKD bukan seri favorit saya (makanya saya lebih suka minjem Komik AKD sama temen yg punya daripada beli :D), karena saya lebih suka seri God You Must Be Joking yg mas Jati share di FB.

    • Wah, kira-kira komiknya mas Jati yang dijual bebas di tobuk apa aja ya mas?
      Aku baru kenal karyanya di AKD doang, itupun udah ngerasa takjub gitu hahahaha 😉

      • Setau saya mah cuman AKD yg ada di gramed (soalnya saya ngabisin waktu berhari-hari buat baca semua serinya di gramed :D, kecuali yg returns, baru rilis kan), kalo komik-komik mas Jati jaman baheula (sekitar taun 2004-an kalo gak salah) cuman ada di zine-zine indie (itupun karna keterlibatan mas Jati di scene hc/punk Jogja dulu), blom tentu sekarang rilisan fisiknya masih ada, malah beberapa yg saya simpen cuman format .jpg doang 🙂

    • Waaah pingin baca euy. Aku suka gaya komiknya,
      Nah yang Returns ini bukan komik mas, tapi PeLit (Personal Literature). Bisa jadi ntar diangkat ke komik juga sama K.Jati *lirik Gradien*

    • Hahaha itu bonus yang menyenangkan 🙂 Aku juga udah lama kepikiran kelak kalo punya buku sendiri *amin* bisa bikin kartu pos bergambar kaver buku hehehe.

  2. ku dapat kartupos dari dedew loohh..
    ini dulu jaman masih ada empi, ku menang buku ini, baca pertama kali udah ngakak, jadi kalu ada akd bertelor suka embat aja di tobuk.. eeaahh istilahnya kog bertelor ya.. ehtapi ku blom embat yang keroyokan deh.. ntar cari ah..

    • Gakpapa mbak Tin. Mbak Dedew itu kerjaan sampingnya memang mengerami telor kok hahaha 🙂 Yang keroyokan aku dapet dari mbak Haya. Alhamdulillah ada aja rezeki gretongan jadi gak kudu beli hihihihi.

  3. Ping-balik: Oouch! Saya Tersasar di Blog Omnduut | La Rêveur Vrai

  4. Iya, anak kost dodol mau di bikin film ya? Apa salah satu pemainnya Indra Perdana Sinaga *vocalist band LYLA itulohh* yg tau jawab yahh 😉

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s