Tontonan

sebuah rahasia – ABOUT ELLY –

220px-About_elly_xlg

About Elly

 ::: About Elly | Darbareye Elly :::
| 2009 | Memento Films | Directed by : Asghar Farhadi |
| Starring : Golshifteh Farahani, Shahab Hosseini, Taraneh Alidoosti |
| Genre : Drama, Mystery | Running Time : 119 minutes | Language : Persian |
| Rating ala Omnduut : 8.4/10 | Rating IMDB : 7.9/10 | Rating Rotten Tomatoes : 100-87 % |

Jauh sebelum Asghar Farhadi mengejutkan dunia perfilman dengan memenangkan Academy Award di kategori film asing terbaik melalui A Separation, ia terlebih dahulu membesut film About Elly yang juga berjaya di berbagai festival film internasional. Diantaranya meraih penghargaan sutradara terbaik di Berlin Film Festival dan The Best Narrative Feature di Tribeca Film Festival. Keduanya didapatkan di tahun 2009.

About Elly 3

Kebersamaan mereka

About Elly berkisah mengenai 3 keluarga muda yang memilih menghabiskan akhir pekan mereka di pinggir laut Kaspia. Amir (Haghighi) bersama Sepideh (Farahani) dan sahabat-sahabat mereka di suatu perkumpulan mengunjungi pantai untuk berlibur sekaligus mengadakan reunian. Sepideh mengajak Elly (Alidoosti) yang merupakan guru anak perempuannya untuk ikut serta ke dalam piknik ini. Ternyata, Sepideh bermaksud menjodohkan Elly dengan Ahmad (Hosseini) yang baru pulang dari Jerman.

Sebuah kecelakaan terjadi ketika Asash anak pasangan Peyman (Maadi) dan Naazi (Azadivar) tenggelam di bibir pantai. Kejadiannya begitu cepat dan Elly lah orang yang dititipi untuk menjaga anak-anak tersebut. Untung Asash berhasil diselamatkan walaupun sempat pingsan. Setelah kejadian itu, kepanikan yang lain muncul. Elly mendadak menghilang! Tidak ada satupun orang yang bisa memastikan dimana keberadaanya. Di hari sebelumnya memang, Elly meminta untuk kembali ke kota Taheran. Ibunya memang sedang sakit, namun karena proses penjodohan belum berhasil Sapideh melarang Elly untuk pergi.

Keseruan dan keceriaan lenyap seketika. Masing-masing orang mulai menyalahkan satu sama lain. Amir marah kepada Sepideh karena mengajak Elly ke acara keluarga ini. Peyman menyalahkan istrinya karena membiarkan Elly menjaga 3 anak sekaligus. Keadaan menjadi buruk dan mencekam. Pihak kepolisian laut dipanggil untuk membantu pencarian, namun sayang gelombang tinggi sehingga pencarian tidak maksimal.

about_elly_thumb_700x600

Kepanikan terjadi ketika Elly menghilang.

Jadi kemanakah Elly? Apakah ia terjun ke laut menyelamatkan Asash? Atau jangan-jangan dia kembali ke Taheran diam-diam? Semakin cerita bergulir, banyak hal-hal mengejutkan yang terjadi. Misalnya saja ketika Amir menemukan handphone Elly berada di tas Sepideh. Atau, kedatangan seorang laki-laki yang sangat dekat dengan masa lalu Elly.

about-elly

Apakah benar Elly tenggelam?

Asghar Farhadi atau juga sebagian besar sutradara Iran tetap setia dengan mengangkat tema-tema sederhana namun didukung dengan jalinan cerita dan akting yang mumpuni. Akting pemain di film ini semuanya bagus-bagus. Termasuk pelakon cilik yang walaupun bicaranya terbata-bata tetap saja bisa mengimbangi akting pemain dewasa. Tidak seperti A Separation yang memiliki ending menggantung, About Elly cukup memaparkan kondisi Elly yang sesungguhnya.

Ah, sekali lagi, film Iran mampu mencuri perhatianku. Sekali lagi, makasih mbak Yana 😉

Stt… cewek Iran cantik-cantik ya! 😀

Iklan

36 thoughts on “sebuah rahasia – ABOUT ELLY –

      • belakangan ini lagi males ulas movie, book, resto.. males aja.. soale kalu daku ulas movie, eh ternyata kebanyak nontonnya sama, dan baca ulasannyapun sama.. begitupun buku kalu lagi booming, jadi pengen ulas buku yang ga banyak dibaca aja, ehtapi kog kebanyak buku yang daku baca pun dibaca yang lain, jadi mo ngulas gimana gitu.. *lagi songong..

    • Haha, iya betul mbak Tin, aku juga merasakan hal yang sama. Banyak kok film yang aku tonton tapi nggak diulas karena beberapa hal. Termasuk yang mbak Tin sebutkan 🙂 Kalaupun aku ulas, aku jadiin untuk melatih nulis aja ^^

    • Nah soal ini pernah juga aku tulis di MP. Pembahasannya panjaaaaaang sekali (juga komen-komennya hihi), pada intinya, bagaimanapun tindakan donlot/beli bajakan bukanlah tindakan yang dibenarkan. Hanya, terkadang agak susah untuk menemukan rental atau penjual dvd asli yang punya koleksi film-film seperti ini. Untuk di Palembang, bisa aku pastiin nggak ada ^^ Tapi aku mendukung kok program anti pembajakan. Aku sendiri banyak film original walaupun harus nunggu diskon dan filmnya tidak bervariasi. 🙂

      • sebenernya banyak cara untuk murah, ga mesti melanggar gitu toh.. ehtapi soal langgar melanggar kan sudut pandang, kalu donlotan gratis ya kenapa tidak, toh ga ada yang rugi.. emang sapa dong yang rugi, wong gratis?
        daku kalu mo gratis mending nonton aja di tv kabel, suka ditayang ulang kog.. ato dapat tiket gratis dari sodara yang punya bioskop, tapi daku kudu review film barunya, dan biasanya ga pernah ku posting deh, reviewnya ntar masuk satu majalah metropop..

    • Waaah, mauuuu punya saudara pemilik bioskop 🙂 Asyik bener mbak Tin ^^
      Iya banyak jalan. Setuju 🙂 Soal dirugikan atau tidak sangat relatif. Bagi produser jelas iya, tapi bahkan oleh beberapa orang disebutkan jika itu untuk promosi juga haha. Tapi sekali lagi, walaupun masih terjerat DVD bajakan, aku tidak membenarkan kebiasaan itu 😉

    • Iya filmnya bagus mas 🙂
      Nah iya, di sini juga susah nyari film non hollywood. India aja susah, apalagi Iran. Mudah2an nemu dvd ini di Amazon 🙂

  1. sepi dehhhh … tanpa kamu wkwkwkwk

    btw ini genrenya triller ya

    kenapa ya film iran yg cewek model rambutnya kayak mbak tutut semua ? apa aslinya di iran emang gitu cewe2nya

    • Iya! Aku deg-degan tiap kali mereka berkumpul bersama dan mulai menyalahkan satu sama lain. Apalagi ketika datang si lelaki Elly, tambah ‘rame’ lagi 🙂

      Nah, aku belom nemu film Indonesia kayak gini. Hmm, jarang nonton juga sih ^^ Dulu pernah nonton The Photograph yang diperankan oleh Shanty. Suka! tapi kan bukan thriller 🙂

    • Nah, aku udah ninggalin game sejak SMA mas Rifki haha. Menurutku game sekarang gak seasyik game zaman dulu *generasi Sega dan Nintendo* hwhwhwhw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s