Big Blog Exchange

[BBE] Perjalanan Menuju Ajang Pertukaran Blogger Dunia

Sejak bergabung di kompetisi Big Blog Exchange/Pertukaran Blogger Dunia pada tanggal 13 Maret yang lalu, aku awalnya sama sekali nggak kepikiran kalau bisa menembus posisi 25 besar regional Asia. Waktu itu, aku sempat melihat kalau di posisi pertama suara yang didapatkan sekitar 800 lebih suara –berasal dari India. Aku ragu, apakah bisa mendekati angka itu?

Ternyata, dukungan pada akhirnya datang dari sudut-sudut tak terduga. Setelah menghubungi beberapa teman di facebook, twitter dan kontak blackberry, dukungan secara drastis bertambah. Dalam waktu seminggu pertama saja, aku sudah bisa loncat ke 100 besar. Mendapati hal itu, aku jadi semakin semangat untuk memperoleh dukungan. Demi meraih mimpi, perjuangan harus diusahakan semaksimal mungkin, bukan?

bbbwww

Apakah Big Blog Exchange bisa menjadi salah satu jalan untuk mewujudkan mimpi saya?

Aku berasal dari keluarga besar. Ayah dan ibuku masing-masing memiliki 9 saudara. Bayangkan, cicit nenek dari sebelah ayahku saja jumlahnya mencapai 20 orang. Cucu? Lebih dari 50 orang! Tentu saja keberadaan mereka tidak boleh disia-siakan. Demi memperoleh dukungan dari mereka, aku lalu memutuskan untuk berkunjung dari satu rumah ke rumah saudaraku yang lain. Secara garis besar mereka tentu saja mau mendukung abang mereka yang keren gendut ini. Walaupun hampir sebagian besar selalu menyisakan ‘pesan cinta’, “kalau menang nanti ajak ya ke luar negerinya!”

Paman dan bibiku tentu saja semuanya tidak akrab dengan teknologi, apalagi internet. Bahkan tidak semua dari mereka memiliki handphone. 😀 Nah, untuk yang punya handphone? Tenang… emailnya akan aku bikinkan. Hahaha. Lebih seru itu ketika merayu sepupu-sepupuku yang masih remaja. Sepert halnya remaja kebanyakan, rata-rata mereka memiliki lebih dari satu email. Nah, tentu saja semua bisa dipakai untuk voting.

“Abang, aku sudah submit alamat email. Apa langkah selanjutnya?”  tanya mereka. “Oh, setelah itu buka pesan masuk di email,” jawabku. Beberapa saat kemudian, “kenapa emailku tidak bisa dibuka ya?”  sahut mereka bingung. “Mungkin kata sandinya salah?” jawabku. “Nggak mungkin salah. Email ini aku gunakan untuk facebook. Dan selalu bisa dibuka kok!”

Oouch, kejadian ini sering sekali aku alami. Kebanyakan email mereka hanya digunakan untuk facebook. Sedangkan email induk jarang dibuka sehingga kadang sudah tidak aktif lagi atau kata sandinya lupa. Hiks, jika sudah begini, mau bagaimana lagi. Tinggal relakan saja suaranya tidak terhitung.

Otakku terus berfikir agar dukunganku terus bertambah. Jika sebelumnya promosi hanya dilakukan melalui twitter dan facebook secara tersirat, aku lalu memutuskan untuk mengirimkan pesan secara langsung ke beberapa kontak yang benar-benar aku kenal. Waduh, ternyata dari 900 lebih kontakku di facebook, hanya sedikit sekali yang benar-benar aku kenal. Syukurlah, orang-orang yang aku kirim pesan itu tidak ada yang marah. Yang mengabaikan cukup banyak sih. Tapi tidak apa-apa. Karena itu hak mereka untuk mau membantu atau tidak. Aku tidak sampai hati jika harus memaksa mereka memberi dukungan.

Gambar : Sebagian kecil dukungan yang aku dapatkan 🙂

Oh ya, karyawan-karyawan yang bekerja di tempat kami juga harus dimanfaatkan. Haha. Untung kebanyakan karyawan di tempat usaha keluarga adalah remaja yang juga pengguna internet. Lumayanlah, dari mereka dukungan sedikit demi sedikit terus bertambah. Tapi, untuk mencapai posisi 25 besar regional Asia, aku masih butuh banyak suara. Cara apa lagi yang harus aku gunakan?

Belakangan, aku lalu punya ide membuat poster untuk meraih dukungan. Posternya sederhana saja yang aku bikin sendiri di atas kertas putih. Isinya antara lain informasi seputar Big Blog Exchange dan permohonan untuk mau memberiku dukungan. Setelah selesai, poster itu lalu aku cetak dalam jumlah yang banyak dan aku tempelkan di beberapa tempat yang banyak pengunjungnya.

poster

Poster sederhana yang aku bikin 😉

Sekali lagi, beruntung aku punya keluarga besar yang hampir semuanya pedagang. Masing-masing punya tempat usaha sendiri. Poster-poster itu aku tempel di toko mereka. Haha, lumayanlah, setidaknya makin banyak orang yang akan melihat, bukan? Namun, yang jadi prioritasku adalah salah satu bibiku yang punya warung pempek kecil di depan rumahnya. Warung ini terletak di daerah yang sangat strategis. Diapit oleh sekolah dan universitas besar. Sekolahnya dari SD hingga SMA. Universitasnya pun dari S1 hingga S2. Walaupun warung mini, namun ratusan anak sekolahan dan mahasiswa setiap harinya bertandang di warung ini.

Khusus di warung ini, poster aku tempel lebih banyak. Oh ya, untuk memudahkan orang-orang yang mau memberi dukungan, aku juga mencetak tata cara pemberian suara di kertas kecil. Sehingga, orang-orang malas mencatat bisa tetap memberi dukungan karena informasinya sudah tersedia dan bisa dibawa pulang. Hasilnya? Luar biasa! Posisiku mulai meningkat tajam bahkan sempat berada di 6 besar Asia dan 23 besar dunia. Haha.

DSC_0345

Kertas ini berisi petunjuk untuk memberikan dukungan di Big Blog Exchange

Kompetisi ini terus berlangsung hingga tanggal 15 April 2013. Persaingan kini semakin ketat. Blogger-blogger baru yang mempunyai amunisi penuh bisa langsung melesat ke posisi puncak. Walaupun masih berada di garis aman, posisiku sendiri makin hari makin tergeser, tidak menutup kemungkinan jika kelak bisa terhempas dari 25 besar. 😛

posisi 28

Sempat berada di posisi 23 namun sekarang terpental ke posisi 28 ^^

Dukung terus kami semua, blogger perwakilan dari Indonesia ya. Terutama aku, tentu saja 🙂 Caranya klik saja banner di bawah ini.

Iklan

71 thoughts on “[BBE] Perjalanan Menuju Ajang Pertukaran Blogger Dunia

  1. Keren Yan! Semoga kerja kerasmu berbuah manis. Menurutku kamu pantas kok menang kontes ini. Karena kamu udah terbukti jadi blogger yang rajin menulis. Hehe..

    • Haha, makasih ya Ri. Amin. Jikapun belum rezeki, tahun depan kan bisa ikutan lagi. (Kalau tahun ini bisa kepilih, itu lebih baik lagi hahaha *namanya juga usaha*) 😉

    • Makasih Bijo 🙂 Jangan lupa kalau sudah sampai di Oz, sampaikan salamku ke Kangguru. Siapa tahu kelak ‘diundang’ sama Kanggurunya hehehe 😉

  2. Wuuuiihhhhh perjuangannya serruuuu 😀

    Selain semakin mendekati angka 14 besar, ternyata perjuanganmu juga mendekatkan silaturahim dengan yang lain yaaaa *setor jempol*

  3. dimana ada usaha disitu ada jalan yang ga mungkin.. keren deh semangatmu itu.. banyak jalan menuju vote.. salutlutlut, daku mah ga kepikiran.. udah ku vote ya.. ntar ku galang laskar dogol.. iya banget mereka punya banyak akun..

  4. Makasih mbak Tin 🙂 Iya mbak, aku hanya semaksimal mungkin melebihkan usaha. Hasilnya terserah Allah Swt aja 🙂 Laskar dogol siapakah? hihi, btw, makasih mbaaak 😉

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s