Gadget

ASUS ROG Phone 8: Smartphone Istimewa Bagi Para Gamer

Sumber foto: ASUS

Ada masanya dulu saya begitu tergila-gila dengan game console. Kalau udah akhir pekan tuh bahagianya bukan main, sebab bisa main game sepuasnya tanpa harus “berantem” dan dimarahi sama ibu karena suka lupa waktu hehehe. Untungnya dulu masih bisa mengamankan nilai di sekolah. Jadi, buat healing dan melupakan sejenak dari tugas sekolah, main game salah satu yang saya lakukan selain baca komik atau main sepeda bareng teman.

Sekarang, dengan canggihnya peralatan elektronik, ya nggak perlu lagi harus pakai peralatan elektronik berukuran besar. Pakai ponsel pun udah bisa! Bahkan, dengan adanya internet, kini main game pun bisa dilakukan tandem/bersamaan dengan orang yang rumahnya jauh, beda provinsi, beda benua bahkan zona waktu.

Adik dan sepupu yang tinggal masih satu kota namun beda kecamatan aja kadang suka janjian di WAG, “ntar  jam 8 malam mabar, ya!” Jika sudah begitu paling ngeliat dia heboh ke ponselnya. Dan, begitu ngelag mulai deh pada misuh-misuh.

“Aduh ini hape cepet banget panas. Langsung ngelag deh.”

Atau, “Yah, baru juga main sebentar, udah mau habis aja baterainya.”

Desain oleh Haryadi Yansyah

Nah jika sudah begini, yang tadinya mau healing eh kok malah esmosing eh maksudnya emosian hahaha. Ya, pantes aja sih, mereka pakai hape biasa yang dari segi kemampuan kurang mampu menopang kegiatan bermain game ini.

“Trus kalau mau enak main game pakai apa?”

“Ya, tentu saja ASUS ROG Phone 8!”

Memang apa saja sih kelebihan ASUS ROG Phone 8 ini sehingga rasanya wajib para gamer memilikinya? Aha, simak penjelasan saya, ya!

Performa yang Jagoan

Kalau Sherina dan Sadam dulu bertanding siapa paling jagoan, nah ROG Phone 8 sih nggak perlu banyak bacot-lah ya. Dengan adanya Snapdragon® 8 Gen 3 Mobile Platform, lalu didukung dengan RAM LPDDR5X 8522 Mbps, kinerja dan performa ROG Phone 8 ini secara otomatis langsung mengungguli perangkat ponsel lainnya.

Sumber foto: ASUS

Kalau ngegame pakai ROG Phone 8 juga gak harus khawatir ponsel cepat panas. Sebab, ROG Phone 8 didukung dengan desain  Rapid-Cooling Conductor revolusioner yang menjadi bagian desain termal GameCool 8 yang akan mengalirkan panas langsung melalui procesor ke penutup belakangnya. Canggih bener, kan!

Lalu, ada pula pendingin clip-on AeroActive Cooler X terbaru dengan 29% ukuran lebih kecil namun efisiensi termal-nya 1,2 kali lebih tinggi sehingga dapat mengurangi temperatur penutup belakang hingga 26°C. Bayangin, ponsel mana yang punya kecanggihan semacam ini?

Selain andal dalam mengatur suhu ponsel, ROG Phone 8 dilengkapi pula dengan UFS 4.0. “Apa  sih UFS itu?” Nah, UFS (Universal Flash Storage) adalah teknologi yang digunakan pada smartphone dan menjadi standar memori flash. Dan ROG Phone 8 udah pakai versi 4.0 sehingga dapat menopang kinerja jauh lebih baik.

Sumber foto: ASUS

Apa masih kurang jagoan? Nih, ROG Phone 8 pun sudah memenuhi standar IP68 yang merupakan indikator suatu smartphone tahan terhadap debu dan air. Kalau saya kepoin nih ya, smartphone dengan standar IP68 itu mampu dibawa menyelam di kedalaman 1,5 hingga 2 meter selama 30 menit.

Jadi, kalau cuma kena cipratan air hujan aja mah ROG Phone 8 nggak perlu takut! Dan, hebatnya, ROG Phone 8 adalah ponsel gaming pertama di dunia yang memilikinya!

Ultra-bright Display bikin Layar Kian Bening

Kebayang gak kalau main game yang kaya akan warna itu tapi yang dilihat mata jadinya burem, butek dan gelap? Ultra-bright Display ROG Phone 8 sih dijamin nggak begitu. Sudah dilengkapi dengan panel terbaru AMOLED fleksibel 6,78 inci. Jadi, mendukung kecepatan refresh adaptif dengan teknologi LPTO yang dapat menyesuaikan kecepatan refresh secara langsung dari 1 hingga 120 Hz tergantung pada penggunaan ponsel sekaligus mengurangi konsumsi daya.

Sumber foto: ASUS

Maksimalnya sih hingga kecepaan refresh 165 Hz sehingga main game semakin lancar. Didukung lagi kecepatan sampling hingga 720 Hz untuk respons instannya.

Tingkat kecerahan ROG Phone 8 dapat dimaksimalkan menjadi 2500 nits sehingga kalau main game dan nonton film langsung di bawah sinar matahari, maka nggak akan terganggu sama sekali. Apalagi, untuk tampilan visualnya udah berkolaborasi dengan perusahaan visual terkemuka Pixelworks® sehingga tampilan warnanya sangat prima dan nggak tertandingi!

Ekspresi Lewat AniMe Vision

Coba lihat logo Aura RGB Lighting (ROG Phone 8) dan layer Mini-LED Anme Version (ROG Phone 8 Pro/Pro Edition) ini? Kece kan? Sebab elemen unik ini dapat disesuaikan dan sangat memungkinkan bagi pemiliknya berekspresi kreatifitas mereka.

Secara ya, AniMe Vision ini merupakan layar dengan 341 elemen yang mampu menampilkan animasi yang dibuat oleh penggunanya. Selain itu, bagi pengguna ROG Phone 8 Pro/Pro Edition lainnya, dapat saling membuka kunci animasi rahasia dengan menempelkan punggung kedua ponsel.

Sumber foto: ASUS

Saya ngebayangin itu kayak di film Avatar, saat orang-orang suku Na’vi berhasil mengkoneksikan dirinya dengan ikran si mountain banshees, mahluk menyerupai kuda yang dapat terbang hanya dengan menempelkan “ekor” USB antara orang suku Na’vi dan ikran ini. Nah, di ROG Phone 8 bahkan gak harus menyambungkan dengan kabel apapun. Cukup menempelkan kedua punggung ROG Phone 8 saja!

Artificial Intelligence yang Kian Menyempurnakan Fitur-fiturnya!

Jadi inget 15 tahun lalu saat saya nyusun skripsi, sistem/program kecerdasan buatan/artificial intelligence (AI) mulai marak. Dan sekarang, sudah sedemikian pesat perkembangannya. Dan, tentu saja sebagai smartphone, ROG Phone 8 tidak mau ketinggalan dengan memakai AI ini untuk kian menyempurnakan fitur-fiturnya.

Nggak hanya satu atau dua, tapi langsung empat fitur AI yang ada pada ROG Phone 8 ini. Misalnya saja Background Mode yang dengan cepat dapat mengalihkan game ke latar belakang. Atau, bisa gunakan X-Capture untuk menangkap momen penting. Jelas ini diperlukan oleh para gamer biar pengalaman bermain game-nya pun dapat terasa di tingkatan yang lebih tinggi.

Sumber foto: ASUS

Ada pula AI Grabber yang intuitif untuk menangkap teks langsung dari game menggunakan teknologi Machine-Learning Recognition dan X-Sense serta X-Capture yang dapat memberikan tips dan bantuan saat bermain game. Bayangin deh, saat serunya bermain dan ada kesulitan, trus ROG Phone 8 ini bisa kasih kemudahan bantuan yang berguna berkat teknologi AI Pattern Recognition-nya.

Tak hanya sebatas itu, fitur-fitur lain yang didukung oleh AI termasuk pula Semantic Search yang menggunakan bahasa alami di Galeri, Launcher, dan Setting. AI Wallpaper yang menggunakan teknologi Stable Diffusion juga dapat membuat wallpaper menjadi lebih menakjubkan.

Trus, yang biasanya jadi perhatian orang kalau ngegame tuh adalah kebisingannya. Hebatnya ROG Phone 8 ini punya teknologi AI noise-cancellation yang mampu meredam kebisingan dari dua arah dan menghasilkan suara sejernih kristal dalam pangglan suara, panggilan video atau komunikasi dalam game.

Tentu kualitas panggilan ini berpengaruh pada lingkungan, kondisi jaringan operator juga sih ya. Tapi setidaknya AI noise-cancellation ini menjadikan ROG Phone 8 kian sulit dikejar kehebatannya dari smartphone lainnya.

Sumber foto: ASUS

Terpukau dengan AI Kamera Tingkat Pro

Di awal saya udah bahas tentang healing. Selain main game, baca buku atau nonton film, saya tuh juga suka banget traveling dan memotret. Pernah ada pembahasan, “coba deh sesekali traveling tanpa sibuk foto. Pasti nikmat banget.”

Nah, saya pernah coba, tapi yang ada malah tersiksa. Sebab, saya datang ke satu tempat, ya karena ingin menjajal kemampuan fotografi saya. Apalagi kalau datang ke satu kota dengan bangunan-bangunan tua atau modern yang memperlihatkan kehebatan dunia arsitektur. Bahagianya luar biasa!

Hasil foto REG Phone 8 di siang hari tanpa edit aja sebening itu! Sumber foto: Pandu | techijau.com

Nah ini hasil foto ROG Phone 8 versi malam. Juga tanpa edit. Cakep banget! Sumber foto: Pandu | techijau.com

Dan, hari gini pelesiran mah gak usah repot bawa kamera segede baskom hahaha. Pakai hape pun udah cukup! Nah, masih ngomongin AI, di ROG Phone 8 sudah tersedia tri-camera system yang mampu mengajak penggunanya menjelajahi kemungkinan fotografi tanpa batas!

Kamera utamanya menggunakan sensor gambar Sony 50 MP terbaru sehingga gambarnya jauh lebih jernih. Dengan sudut lensa lebar 24 mm, untuk ambil gambar di jalan tuh jadinya semakin dinamis. Udah gitu, mode zoom 2X itu kemampuannya setara lensa utama 50 mm yang enak banget kalau mau foto makanan, mainan, atau benda yang butuh pengambilan lebih khusus.

Bagi yang punya usaha kuliner, dipakai buat foto produk kayak gini juga hasilnya aduhai cakepnya! Sumber foto: Pandu | techijau.com

Sumber foto: ASUS

Dengan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer 3.0, jika ambil foto atau video maka akan lebih mulus dan bebas guncangan ketika diambil alam keadaan bergerak. Buat rekam video kecanggihan teknologi OZO Audio mampu meredam suara angin loh sehingga hasil suaranya lebih jernih. Selama perekaman video, kamera telefoto menggunakan EIS adaptif untuk menghasilkan hasil yang stabil hingga zoom 10X.

Kalau lagi di tempat yang kurang cahaya, perkembangan stabilisasinya pun sudah mendukung mode pemotretan standar. Belum lagi jika menggunakan mode Night Photography. Stabilitas video terjadi sebab adanya hardware anti-guncangan OIS dan algoritma software EIS yang telah ditingkatkan dengan penggunaan data giroskopis sehingga mampu mendeteksi getaran dan menyesuaikannya secara dinamis dalam bidang pandang sehingga video tetap stabil.

Beberapa waktu lalu, saya sempat datang ke salah satu taman nasional di Sumatra Selatan dan stres karena kamera saya rusak dan ponsel saya kemampuan zoomingnya jelek banget. Nah, kebayang kalau saya bawa ROG Phone 8 yang sudah menyertakan lensa telephoto 3X sehingga kalau ambil foto objek yang jauh, hasilnya tetap jernih dan tajam sebab sudah dilengkapi pula dengan OIS internal.

Sumber foto: ASUS

Bagaimana dengan file mentahannya? Teknologi ASUS HyperClarity, tetap gunakan file jenis RAW di mana file jenis ini tetap mempertahankan setiap detail dalam foto, memberikan gambar yang lebih jelas bahkan pada zoom hingga 30X.

Pernah nggak kalian pas motret trus ngerasain fenomena ketidakakuratan lensa saat menangkap objek foto sehingga gambar yang dihasilkan mengalami lengkungan di bagian tepi? Nah itu nama distorsi lensa. Untungnya ROG Phone 8 sudah dilengkapi kamera ultrawide 14 MP dengan lensa free-form & algoritma canggih yang dapat mengurangi distorsi dan gambar tampak lebih natural.

Sumber foto: ASUS

Trus pernah juga nggak pas mau selfie ramean atau swafoto, hasilnya kurang oke? Ntah jadi mepet gambarnya dan ada noisenya? ROG Phone 8 pun udah ada kamera ultrawide 32 MP di bagian depan yang punya Field of View/bidang pandang yang telah ditingkatkan dari 73° menjadi 90° sehingga jelas kalau mau swafoto grup tuh terasa lega! Lalu untuk mengurangi noisenya, ROG Phone 8 sudah dilengkapi sensor RGBW sehingga hasilnya akan sempurna!

Ya ampun, ROG Phone 8 kok kamu kecenya kebangetan dah ya! Pengen punya. Trus berapa sih harganya? Aha, ini dia!

Harga & Ketersediaan ROG Phone 8
– ROG Phone 8 (12/256) Phantom Black – Rp. 10.999.000
– ROG Phone 8 (12/256) Storm Grey – Rp. 10.999.000
– ROG Phone 8 Pro (16/512) Phantom Black – Rp. 14.999.000
– ROG Phone 8 Pro Edition (24/1T) Phantom Black – Rp. 19.999.000

Lewat kolaborasi bersama dengan PUBG Mobile, ROG menyelenggarakan event launching ROG Phone 8 bersamaan dengan 6th Anniversary atau perayaan ulang tahun ke-6 dari PUBG Mobile yang juga bertepatan dengan peluncuran update terbaru PUBG Mobile Versi 3.1: Skyhigh Spectacle. Akan ada banyak acara menarik dalam peluncuran ini antara lain : PMIC (PUBG Mobile Influencer Championship), Jawara Tournament By Tangerang Community, WOW Tournament, Cosplay Competition, kehadiran guest star spesial BTR Ryzen, BTR7 dan Coach Justin, juga terdapat Giveaway berhadiah ROG Phone 8 dan banyak quiz lainnya!

Trus selain harga di atas, ada promonya juga. Ini dia. First Sale Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000. Promo berlaku mulai tanggal 20 Mar hingga 30 Apr 2024 di semua partners penjualan resmi ASUS Offline dan Online.

Online : Eraspace, Tokopedia, Blibli dan Asus Online Store
Offline : Erafone, Urban Republic, ROG Store, Asus Exclusive Store dan Asus Authorized Partners.

Consumer Launch Sales Promo : Dapatkan Free Aero Cooler Fan + Free Exclusive merchandise kolaborasi ROG X PUBGM + Luckydraw dengan berbagai macam hadiah menarik untuk setiap pembelian ROG Phone 8 dengan harga mulai dari Rp. 10.999.000.
Promo hanya berlaku di offline event Consumer Launch ROG 8 di FX Sudirman dari tanggal 20 Mar hingga 23 Mar 2024.

Bentar lagi mau lebaran. Uang THR masuk dan bayangin kamu bisa pamerin ROG Phone 8 ini saat kumpul keluarga. Trus ajakin tuh sodara mabar. Dan liat, ketika sepupumu heboh karena ponselnya ngadat, kamu bisa main game dengan lancar tanpa kendala dan secara otomatis kamu udah berhasil pamerin segala keunggulan ROG Phone 8 ini. Dijamin semua akan sirik! Hahaha.

Tulisan ini diikutsertakan dalam ASUS ROG 8 Phone Blog Competition di Blog Travelerien

52 komentar di “ASUS ROG Phone 8: Smartphone Istimewa Bagi Para Gamer

  1. Suara di luar ruangan suka masuk makanya voice over solusinya. Kalau pakai hp Asus ROG phone aman bisa di redam dan tidak kerjaan dua kali, nge shot dan voice over

  2. Satu hal yang nyebelin main game di HP itu, kalau HPnya jadi ngelag ya 😀

    Tapi, kalau pakai ASUS ROG Phone 8 ini, bakalan bebas ngelag, bisa main game sepuasnya. Anak saya bakalan happy nih kalau dibeliin ini 😀

    Dan mamaknya juga happy karena punya ponsel yang kece banget hasil fotonya

  3. percaya kok, meski untuk hiburan, nge-game biar makin nyaman dan tetap produktif dengan ponsel idaman ya ROG Phone 8 saja. Kualitas tidak diragukan lagi. Kameranya oke punya. Performanya kekinian.

  4. Aku gak paham ye soal perangkat teknologi. Apapun itu bentuknya. Tapi satu yang pasti aku ngeh adalah soal gerak cepat ASUS melahirkan produk-produk baru yang high-tech dan memenuhi kebutuhan para konsumennya. Termasuk seri ROG Phone ini. Luar biasa pokoknya. Kalo kata temen yang sempat beli ROG Phone sebelum ini, main game itu jadi ketagihan hahahaha. Apalagi pas dipegang tuh mantab nian. Salut lah pokoknya ASUS.

    • Bener yuk. Dan honestly, top mind aku kalo ponsel gaming ya cuma ROG. Aku gak kepikiran merek lain, bahkan aku gak tahu ponsel lain itu keluarin seri khusus gaming atau nggak di ponsel mereka. Jadi, emang jempolan ASUS ini.

  5. Saya sangat penasaran dengan harganya, Mas. Jadi nunggu dulu rilisnya ya. Soalnya keceh benar ponselnya. Tidak sekadar fokus pada gaming saja, tapi sangat mendukung berbagai aktivitas.

  6. bener2 banget ponakan2ku juga sering gitu…aku mo mabar nanti jam segini..hebohhh deh kalo sudah mabar gitu..memang ya generasi sudah berbeda hehe…

    btw klo ASUS ROG sie gak perlu dipertanyakan lagi deh sepertinya, kemampuan nya yang mumpuni buat ngegame belum ada tandingannya sepertinya..eh tapi kok ternyata hasil bidikan kamera nya juga cantik juga yaaa…hhmm jadi paket komplit nie bisa buat ngegame sekalian foto2 juga klo pas traveling jadi ringkes deh 🙂

  7. walaupun daku bukan gamer sejati, setuju banget itu kalo lagi main game lewat hape gampang panas sehingga butuh ponsel yang punya AeroActive Cooler X kayak ROG phone 8 ini.

    Pasalnya kalau hape gampang panas gitu kan, bikin dag-dig-dug ya takut meledug. kalau punya sistem pendingin yang ciamik, mau nge-game kapan aja bisa santuy.

    • Trus pas dipasang Aero Active Coolernya tuh makin kelihatan gagah. Kayak pake apa ya, baju perang gitu haha. Keren banget emang ROG Phone 8 ini.

  8. Perkembangan smartphone gaming  saat ini selaras dengan semakin banyaknya pilihan mobile game yang berkualitas, penuh tantangan sekaligus menyenangkan. Pastinya sangat mendambakan perangkat seperti ASUS ROG Phone 8 yang fiturnya bahkan udh dilengkapi teknologi AI jadi bisa berikan pengalaman bermain games lebih seru

  9. hehehe baca tentang ibu yang ngomel jadi inget saya yang suka ngomel lihat anak-anak saya gaming sejak bangun pagi hingga tidur di malam hari

    Tentu saja cuma bisa di hari libur dan mereka harus mengeluarkan perangkat khusus untuk gaming. Beda dengan sekarang.

    Karena ASUS paham banget dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang masuk peringkat 3 dalam aktivitas gaming

    Gak sabar nunggu kedatangan ASUS ROG Phone 8 di Indonesia, pastinya keren banget ya?

    • Dulu zaman nintendo atau sega, sampe disembunyiin sama ibu dan aku gak bisa main hehe, ya abisnya aku kebablasan sih ya. Akhir pekan malah semangat bangun subuh demi main game ini wakakakak.

  10. kualitas kameranya cakep banget sih. Wajib punya buat para content creator. Apalagi bisa zoom buat jarak jauh, jadi kualitas gambar ga pecah kalo mau diambil buat konten blog. Aku penasaran sama harganya nih

  11. Inii HP bener2 gaharrr speknya yaa, jadi naksir berat. Gak hanya asyik buat ngegame tapi juga bisa buat ngonten. Bismillah moga bisa pake yang RAM 24.

  12. Aduhai ASUS….bisa santuyyy sebentar gak sehhh

    kok selalu bikin inovasi yg membahana.

    pastinya jd mupeng maksimal ya kan.

    apalagi buat para kreator konten digital.

  13. wihhh mantap asus rog phone 8 phone game ini… ngonten atau ngegame gaspol

    penasaran sama harganya hihi

  14. Asus kalau bikin inovasi Produk nggak main-main

    dan selama ini kalau hape bisa dibawa nyelam pun nggak bisa lama-lama, lah si Asus Rog 8 ini bisa dibawa nyelam lumayan lama,meskipun ga dalem-dalem banget

    hasil kamera mantapp, bener juga sih kalau traveling ga perlu bawa kamera segede baskom kalau udah pake ini ya.

    Yaampunn aku jadi inget waktu ke Bangkok bawa kamera SLR, tasku terasa berat cuman sama kameranya aja hahaha, ampun ampun sebenernya tapi kadung kebawa juga

  15. Canggih dan mantep banget spesifikasi HP nya, beneran deh gamers dan content creator bakalan jatuh cinta sama fitur dan spek yang luar biasa komplit.

    ASUS ROG Phone 8, punya gimbal stabilizer juga..jadi buat aku yang suka take video, enggak worry video nya gredet-gredet atau ga smooth karena ada gimbal nyaa, ga ngaruh deh tremor saat pengambilan video. The best sih ini, part yang bikin naksir berat sama ASUS ROG Phone 8. Bismillah, 3 bulan lagi kebeli HP nya 😇.

  16. omg, ini ponsel gaming terbaru dari ASUS ROG phone ya kak

    spesifikasinya emang mantep banget ya

    sangat memanjakan para gamer ya

    ngegame pake ASUS ROG 8 ini pasti seru

  17. Desember lalu aku kan niat cari hp baru mas, dan sbnrnya rog serial sebelumnya udh masuk dlm bucket listku. Tapi sayangnya kamera dia msh so so. Kalo dibandingin yg 8 ini yaa.

    Makanya aku batal beli Asus, dan pilih brand lain. Ga nyesel juga sih, tp Asus rog inj memang menarik kalo cari hp yg batrenya awet. Secara aku kan suka traveling dan kdg di saat winter batre suka drop. Makanya butuh bgt yg bisa awet kayak Asus rog ini 😄

    tapi ya sudahlaah. Blm rezeki punya. Udh terlanjur beli yg lain juga. Ntr kalo udh waktunya ganti hp, liat lagi Asus rog selanjutnya, kali lebih canggih 😄

  18. Kalau ngaku gamer emang mesti punya sih
    ASUS ROG Phone 8 , soalnya mumpuni dan mendukung games yang kita mainkan. Ga ada alasan HP kentang lagi kalau pakai ini. Auto Win

  19. Akutu kagum banget sama keluaran ASUS.

    Gak laptopnya, gak HPnya yang buat gaming nih selalu menarik perhatian banget. Yang bikin penasaran kan, sehebat apa yang dibilang gadget gaming ini dibanding dengan gadget biasa non-gaming.

    Ternyata memang secakep itu yaa..dengan fitur-fitur yang cuma ada di ASUS ROG Phone 8, layak banget para gamers yang ingin cemerlang karir gamesnya buat ngantongin gadget ini.

    Handling-nya pun kerasa ga licin yaa, Omduut…
    Jadi gaperlu pakein case lagi.

  20. Hape yang super duper keren sih ini. Gak hanya jago buat diajak maen games, tapi juga stylish. Jadinya bisa menunjang aktivitas apapun. Huhu, walopun bukan gamers, aku mupeeeeeng. Kepengen banget deh ih punya. Buat gantiin si jadul yang udah mati mulu. Hehehe. Aamiin Semoga kebeli. 😁

  21. Spesifikasinya keren banget memang Mas, jadi bener-bener istimewa banget ya, bakal jadi smartphone impian dan diincar banyak gamers, apalagi desain dan teknologinya menggunakan yang terbaru, makin slim enak banget buat diajak kerja seperti buat foto, video terutama main games pastinya

  22. Pengen iniiiiii… buat ngonten, buat nonton dan buat nge game bakalan asik, ngga ada ngelag, ngga kenal stuttering…

    Trus sudah AI noise canceling juga ya jadi ngga ada tuh bocor suara abang putu lewat, atau kang paket teriak “paket”

Jika ada yang perlu ditanyakan lebih lanjut, silakan berkomentar di bawah ini.