Pelesiran

Serunya Virtual Travel ke Lokasi Syuting Drama Korea Melalui VIU

Wajar banget kalau ada orang yang kepincut traveling ke satu kota/negara karena udah pernah lihat tempat itu melalui film. Saya sendiri kan berkali-kali ke India ya karena penasaran ke tempat yang dulunya saya hanya dapat lihat di bollywood movie haha. Alhamdulillah, dari beberapa kali kunjungan saya berhasil ke beberapa tempat.

Misalnya saja ke Golden Temple di Amritsar ke tempat syuting film Rab Ne Bana Di Jodi. Atau bela-belain ke Chand Baori di Abhaneri dan Marhangarh Fort di Jodhpur demi napak tilas film hollywood The Fall. Intinya, gambaran-gambaran yang sebelumnya saya lihat melalui film itu kemudian “bersekongkol” dengan semesta sehingga saya bisa mendatanginya!

Saya gila nonton! Gak hanya film bollywood atau hollywood saja yang saya tonton. Film Perancis, Spanyol, Jepang, Iran bahkan Korea, semua saya tonton. Nah, Korea kan lagi hits banget ya dikarenakan serbuan K-Pop dan Drakornya. Gak heran jika jumlah wisatawan yang ada di sana meningkat.

Sepupu saya sendiri wishlistnya ya ke Korea. Dia sampai bikin paspor agar bisa ke sana. Sayang, covid-19 ini harus menunda impiannya. Nah, saya sendiri melahap banyak judul film dan serial asal Korea. Beberapa ada yang sangat berkesan dan kalau berkesempatan ke sana, ingin rasanya mengunjungi lokasi syutingnya. Ke mana saja, kah? Ini dia!

1.Korean Folk Village Tempat Syuting Jang Geum

Jang Geum sendiri adalah tokoh utama serial The Jewel In The Palace yang tayang tahun 2003 lalu. Ini adalah serial terbaik Korea Selatan versiku sejauh ini yang menceritakan tentang kisah tukang masak istana yang kelak menjadi tabib wanita pertama yang berhasil melakukan tindakan operasi di zaman dinasti Joseon (1392-1897) ini.

Jang Geum si tukang masak istana. Sumber kholic.id

Salah satu lokasi syuting Jang Geum. Sumber visitkorea.or.kr

Nah, bagi yang penasaran pingin lihat langsung tempat syuting serial ini, bisa datang ke Koeran Folk Village yang berada di kawasan Yangjoo Culture Valley di Provinsi Gyunggi. Desa seluas 6600 meter persegi ini memiliki 23 bangunan yang memang digunakan untuk syuting. Bangunannya terdiri dari gerbang istana, istana, bangunan penjara dan juga dapur-dapur tempat Jang Geum memasak. Waah, mupeng!

2.Banjiha, Kawasan Kumuh di Film Parasite

Parasite adalah film pemenang Oscar di kategori film terbaik. Film yang mengangkat tema ketimpangan strata sosial ini memang keren banget dan menohok banyak penonton. Nah, diceritakan keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho) diceritakan tinggal di sebuah kawasan kumuh pinggiran Seoul yang dikenal dengan nama Banjiha.

Salah satu adegan memorable di Parasite. Sumber bbc.com

Kawasan Banjiha. Sumber bbc.com

Saya memang agak unik selera tempat wisatanya. Nggak melulu yang bagus, tapi jika tempatnya biasa atau bahkan kumuh pun saya rela datang jika saya dapat melihat gambaran keseharian warganya. Tentu dengan mengedepankan etika bertamu ya. Bukan bermaksud saya untuk mengekploitasi kemiskinan di sana. Hanya, pasti menarik mendapati ada kawasan seperti itu di antara gedung pencakar langit kota Seoul. Miriplah dengan kawasan kumuh Dharavi yang ada di film Slumdog Millionaire.

3.Pulau Nami yang Ada di Serial Winter Sonata

Hehe, generasi sekarang tahu gak ya kalau dulu ada serial yang ngehits banget dan bikin baper semua penontonnya. Yup, Winter Sonata yang dibintangi oleh Bae Yong Joon ini bercerita tentang pemuda yang “dicuci” otaknya agar melupakan gadis yang dia suka pasca sebuah kecelakaan terjadi.

Winter Sonata. Sumber tirto.co.id

Keindahan Pulau Nami. Sumber blog.trazy.com

Pulau Nami atau Namiseom adalah pulau yang berbentuk setengah bulan yang berada di Chuncheon, Provinsi Gangwon. Dinamakan demikian sebagai bentuk penghormatan kepada Jendral Nami, yang dituduh berkhianat pada pemerintahan Raja Sejo, raja ke-7 Dinasti Joseon. Jendral ini meninggal di usia yang sangat muda yakni 28 tahun. Hmm, latar belakang namanya cukup kelam namun yang jelas tak dapat menutupi keindahan pulau ini. Saya berharap bisa ke Nami Island saat musim gugur. Pasti tjakep!

4.Kota Sokcho di Serial Encounter

Song Hye Kyo adalah salah satu aktris favorit saya. Tadinya, saya ingin memasukkan rumah tepi pantai-nya Han Ji-eun di daftar ini. Tapi, saya khawatir rumah tersebut sudah nggak ada lagi hehe. Jadilah, saya memasukkan Sokcho yang jadi salah satu daerah tempat syuting serial Encounter yang juga dibintangi oleh Song Hye-kyo.

Salah satu adegan romantis di Encounter. Sumber asianwiki.com

Suasana kota Sokchi. Sumber wallpaperflare.com

Ceritanya sih klise, ya. Tentang cinta manager hotel dengan salah satu pegawainya. Namun, yang saya suka sinematografi serial ini kece. Untuk luar negeri, mereka syuting di Havana, Kuba. Nah, untuk di Korea Selatannya sendiri, selain Seoul, mereka syuting di kota kecil Sokcho yang berada di tepi laut. Saya kepincut juga mau main ke Taman Nasional Seoraksan. Nah, jika mau ke sana, pintu masuknya ya kota Sokcho ini. Ada yang mau bareng gak ke sana? Hehehe.

5.Seoul di Serial Designated Survivor: 60 Days

Bicara Korea Selatan ya pasti gak akan terlepas dari Seoul yang jadi ibukotanya. Ada banyak sekali serial ataupun film yang melakukan syuting di Seoul. Nah, mumpung terakhir saya nonton drakor itu Designated Survivor:60 Days, saya mau mengaitkan Seoul melalui serial ini aja. Kisahnya sendiri berpusat pada menteri lingkungan hidup yang diperankan oleh Ji Jin-hee yang mendadak diangkat jadi presiden selama 60 hari karena presiden dan semua jajaran menteri tewas terbunuh.

Adegan penting di serial Designated Survivor:60 Days. Sumber passthepopcorn.my

Keindahan Seoul. Sumber timeout.com

Filmnya sih agak thriller dan aksi gitu. Tapi, yang saya suka mereka melakukan pengambilan gambar di sudut-sudut Seoul yang cantik. Emang jago sih ya ini sineas Korea Selatan mengemas drama Korea menjadi salah satu media untuk promosi wisatanya. Intinya sih, kalau nanti berkesempatan ke Korea Selatan, pasti saya akan sediakan waktu khusus ubek-ubek ibukota Lee Min-ho ini hehe.

Cukup Nggak Virtual Travel Saja?

Kalau ditanya gitu sih jawabannya tentu nggak cukup. Jelas aja dong mau berkunjung langsung ke lokasi syuting film/drama Korea yang jadi favorit kita ya, kan! Tapi, masa pandemi kayak gini ya apa boleh buat. Sementara virtual travel aja sebanyak-banyaknya melalui film/drama Korea sambil terus menambah referensi.

Ada banyak situs/aplikasi yang bikin kita betah nonton seharian sampai lupa waktu haha. Misalnya saja melalui Viki, Netflix, Iflix, JTBC Now atau juga VIU. Nah, di VIU, mereka banyak menampilkan tayangan yang berasal dari Asia seperti Jepang, Tiongkok, nonton drama Thailand, Indonesia dan tak ketinggalan Korea Selatan.

Serial yang jadi cikal bakal saya suka drakor haha. Sumber korea.net

Khusus tayangan Korea, VIU ini lagi booming banget ya, kan! soalnya banyak serial baru yang ditayangkan di sana. Dan, saya pun gak mau ketinggalan menjajal VIU untuk nonton serial/film Korea yang diinginkan dan lagi hepening.

Ada banyak film/serial yang dapat disaksikan secara gratis melalui aplikasi VIU. Namun, beberapa serial lagi yang tergolong produksi anyar dan hangat dibicarakan para penonton baru dapat diakses jika pengguna sudah mendaftar dan memanfaatkan fitur premium-nya.

Yang asyik lagi, jika mau berlangganan dan mendapatkan akses premium, caranya mudah sekali. Cukup dengan menggunakan GoPay yang ada di aplikasi Gojek, maka kita sudah mendapatkan promosi yang memang tersedia selama Ramadan, tepatnya berlangsung dari tanggal 23 April sd 22 Mei 2020. Promo cashback-nya hingga 70% loh! Trus gimana caranya melakukan pembayaran langganan VIU menggunakan GoPay? Aha ini dia caranya.

Mudah banget, bukan! Bagi kamu pengguna baru GoPay, promo Google Play dengan GoPay ini bahkan berlangsung hingga 31 Mei 2020, loh. Lumayan banget promonya. Nah, untuk reedem kode promonya bisa dilihat di sini

Sebagian orang suka memperolok kegemaran orang lain. Misalnya pas ketahuan suka dangdutan, nonton film India atau jadi bucin-nya drakor haha. Tapi, menurut saya, sah-sah saja kalau mau cari hiburan, mah. Apalagi pas lagi “dikerangkeng” di rumah gini kan asyik banget kalau nonton drama Korea, ya nggak?

Share dong judul film/drama Korea favoritmu!

26 komentar di “Serunya Virtual Travel ke Lokasi Syuting Drama Korea Melalui VIU

  1. Waini dapat premium VIU 5 tahun ini wkwkwkwkw.

    Drama Korea favorit banyak sih, tapi aku merekomendasikan Reply 1988 untuk ditonton karena drama seputar kehidupan sehari-hari dengan setting tahun 88. Gak ada tuh adegan mainan hape, hanya radio dan tv sebagai hiburan.

  2. Aku sudah ke Nami ‘pulo kemaro’nya Seoul tapi cakepan Nami sih. Oh iya, aku pernah juga ke tempat syuting drakor goblin, Kak. Di sebuah sekolah dengan bangunan klasik gitu

  3. baru tahu soal VIU se lengkap ini dari Yayan. Soal drama Korea, di rumah selalu ada. Untung beberapa Lokasi pernah ku datangi Meski baru beberapa Yang umum ajaaa. Btw ke Korea itu (menurut ku yaaa) lebih murah ketimbang jepang 😉 dan rute kereta api mya mudah dipahami ketimbang Jepang 😉

  4. aku bukan tipikal yang suka nonton drakor sampe update banget gitu sih.
    dari semua yang ditulis ini, cuma pernah nonton Jang Geum. dan uniknya ada adik kelasku dulu pas SMP sempet dimiripin sama dia. tapi ya menurutku agak mirip emang hahahaha

  5. Asiiiiik aku dpt referensi Drakor keren lagiiiiii:p. Aku baru namatin Drakor ttg cucunya Jang Geun, yg nurunin bakat moyangnya jago masak :D. Lucu juga dan bikin ngiler sih masakannya :p.

    Kalo aku sbnrnya ga terlalu merhatiin lokasi film apapun yg aku tonton. Kecualiiiiiii ceritanya seram mas :p. Sampe skr ini, yg baru bikin aku kepengiiiiiiin banget liat lokasi film yg aku tonton, itu cm hotel Taj Mumbai dan Oberoi Mumbai, yg jd tempat teroris waktu itu. Udh msk bucket list pokoknya hrs coba nginep di hotel itu :p. Pgn radain napak tilas teroris yg datangin kafe Deket hotel pertamakali,stasiun, baru hotel pastinya . 🙂

    Agak serem pastilah.. apalagi kalo dpt kamar yg pernah jadi saksi kebrutalan terorisnya, kebayang aja kalo sampe “diganggu” ato gimana. Tp aku ttp penasaran pgn rasain stay di sana, at least semalam juga gpp.yg ptg ngerasain aura saat kejadian . Untungnya si Raka jg kepengin.klao dia ga mau, susah akunya, Krn stay sendiri aku bakal ga beraniii hahahah

    • Aku gak sabar baca pengalaman Mbak Fanny kelak saat menginap di Taj Mumbai. Aku juga penasaran pengen nginap di sana. Ngene-ngenes sedep gitu kayaknya haha.

      Haha ya untung tuh Mas Raka mau juga, kalau sendiri ya PR juga mbak hwhw

  6. Di Korea ada banyak banget lokasi syuting yang dijadikan tempat wisata setelah syuting-nya berakhir, mas Yayan 😄 sampai-sampai ada paket tour khusus untuk ke lokasi syuting, karena pemerintahnya juga sangat aktif dan mereka tau kalau lokasi syuting itu bisa jadi asset untuk peningkatan ekonomi mereka di kemudian hari ~

    Lately, yang lagi hits itu lokasi syuting Itaewon Class dan CLOY 😁 meski saya pribadi sebenarnya jarang ke lokasi syuting apalagi kalau drama / movie-nya nggak saya tonton sama sekali, alhasil saya baru mampir kalau nggak sengaja lewat di lokasi 😆 Hehehe.

    • Ooh jadi macam tur yang di Jogja pasca AADC2 meledak ya haha. Temen-temen dari Malaysia banyak yang buka Open Trip berembel-embel AADC2 ini 😀

      Itaweon Class aku maju mundur mau nonton. Ada yang bilang bagus, ada yang bilang bosen haha. Tapi pengen nonton sih ntar.

  7. Tahun ini seharusnya saya ikutan salah satu trip travel agent ke lokasi-lokasi drama di Korsel. Walaupun masih autumn ntar, tapi kok sepertinya bakalan batal akibat covid ini. Sedih rasanya.

    Apalagi sya langganan VIU tiap bulan, semakin pengen ke Korsel hahahha…

  8. Aku-aku dong udah langganan Viu via Google Play, langsung dibebankan ke biaya pulsa bulanan karena dulu belum punya GoPay. Sekarang udah ada pilihan alternatif ya, bolehlah dicoba.

    Omnduut ga mau ke Itaewon? aku setelah nonton Itaewon Class jadi pingin ke sana. Oh ya sekalian Gangnam juga, biar bisa TikTokan joget oppa gangnam style wkwkwk 😀

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s