Tontonan

nyanyian si burung pipit – THE SONG OF SPARROWS –

d

The Song of Sparrows

::: The Song of Sparrows | Avaze Gonjeshk-ha :::
Chasing Dreams. Finding Hope.
| 2008 | Majid Majidi Film Productions | Directed by : Majid Majidi |
| Starring : M. Amir Naji, Maryam Akbari, Kamran Dehghan, Hamid Aghazi, Schabnam Akhlagi  |
| MPAA Rating : PG | Running Time : 96 minutes | Gross : $115.927) |
| Rating ala Omnduut : 8.2/10 | Rating IMDB : 7.7/10 | Rating Rotten Tomatoes : 98 – 82 % |

Di pinggiran kota Tehran-Iran, Karim (Amir Naji) sehari-hari bekerja di sebuah peternakan burung unta untuk menopang kebutuhan hidup istri dan ketiga anaknya. Haneyeh –anak pertama Karim mempunyai permasalahan dalam pendengaran sehingga harus menggunakan alat bantu dengar. Suatu hari, ketika menyaksikan adiknya –Hossein, membersihkan sebuah kolam dekat rumah, naas, alat bantu dengar itu tercebur ke dalam kolam dan sehingga menjadi rusak.

Kesialan juga menimpa Karim di tempat kerja. Dikarenakan kelalaiannya lupa menutup pintu kandang, seekor burung unta berhasil menyelinap dan lari ke bukit. Akibat kesalahannya ini, Karim harus dipecat karena tidak bisa membayar ganti rugi. Hidup terasa kian sulit. Karim harus tetap memenuhi kebutuhan rumah tangga sekaligus memperbaiki alat bantu pendengaran Haneyeh sebelum waktu ujian tiba.

avaze gonjeshkha (14)

Burung unta yang kabur itu…

Karim lalu datang ke kota Tehran dan berharap ada seseorang yang bisa memperbaiki alat bantu dengar itu. Betapa kecewanya Karim karena alat bantu dengar tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi karena sudah rusak total. Untuk membeli yang baru Karim belum punya uang. Hatinya sedih jika mengingat alat bantu dengar tersebut sangat dibutuhkan putri sulungnya.

Ketika akan kembali ke rumah, secara tak sengaja seseorang pengguna jalan mengira Karim adalah tukang ojek sehingga minta diantarkan ke suatu tempat secara terburu-buru. Awalnya Karim menolak karena dia akan pulang ke rumah. Namun, pada akhirnya orang tersebut tetap ia antar dan Karim menyadari ada potensi untuk ia mendapatkan uang di sini.

Di sisi lain, obsesi Hossein dan teman-temannya untuk membersihkan kolam semakin menjadi-jadi. Hossein berencana untuk membuat ternak ikan untuk menghasilkan uang. “Ayah, jika aku berhasil, aku akan jadi jutawan,” ujarnya semangat. Sayangnya, niat baik Hossein ditentang keras oleh Karim. Berapa kali emosi Karim berada di puncak mendapati Hossein berada di sisi jalan berjualan ini itu dimana uangnya akan digunakan untuk membeli bibit ikan.

The_Song_Of_Sparrows_La_cancion_de_los_gor451542169-large

Hossein dan temannya. Di kolam harapan…

Selama menjadi tukang ojek, berbagai kejadian menarik terjadi kepada Karim. Mulai dari persaingan antar sesama tukang ojek, diberi uang lebih atau juga pernah sama sekali tidak dibayar. Ketika mengantar sebuah mandor ke lokasi pembangunan, Karim mendapati banyak sekali barang bekas sisa pembongkaran gedung. Ia lalu membawa satu persatu barang tersebut ke rumah sehingga rumahnya kini tak ubahnya seperti penampung barang rongsokan. Ketika istrinya berbaik hati memberikan sebuah pintu ke tetangga yang membutuhkan, Karim murka dan hubungan ia dan tetangga menjadi sedikit goyah. Syukurlah, dikarenakan bencana kecil menimpa ia –Karim tertimpa tumpukan barang rongsokannya sendiri, hubungan ia dan tetangga kembali baik.

Songof Sparrows11

Kolam kecil di depan rumah ini mengingatkan pada Children of Heaven 🙂

Lebih dari satu dekade ketika akhirnya The Song of Sparrows dibuat oleh sutradara Majid Majidi pasca karya besarnya Children of Heaven menyentak dunia perfilman. The Song of Sparrows film adalah yang menyentuh dan menyoroti kehidupan masyarakat Iran dengan apa adanya. Ending yang digunakan pun menggantung seperti film Iran kebanyakan. (A Separation misalnya). Namun, menurutku ending film ini terlalu menggambang sehingga apa yang terjadi di kehidupan Karim setelah ini sangat tergantung di benak masing-masing penonton (walaupun di adegan akhir ada sebuah adegan kiasan yang menuntun imajinasi penonton).

Walau begitu, tetaplah menjadi suatu yang menarik jika bisa menonton film Iran ditengah mendominasinya film Hollywood, Bollywood ataupun Korea 🙂 Setidaknya, perfilman Iran sudah bisa unjuk gigi di ajang sekelas Oscar. Indonesia? Mudah-mudahan nggak lama lagi. *tetap optimis* 😉

Oh ya, terima kasih lagi kepada mbak Yana atas kiriman film ini. 🙂

00143-movie-sparrows

Karim yang sedang menyamar sebagai burung unta 😀

Iklan

22 thoughts on “nyanyian si burung pipit – THE SONG OF SPARROWS –

  1. keren kan film iran itu, ga ada duanya.. apa adanya.. halus.. sejak children of heaven daku jadi sering nonton film iran, banyak yang kerenkeren walupun bukan disutradarai majidmajidi..

    • Maksudnya? Film pertama yang ditonton gitu?
      Aku kalo liat ada tayang ulang Children of Heaven, selalu usahain untuk tonton sampe habis. Sayang jarang nongol sekarang….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s