Big Blog Exchange

[BBE] Pertukaran Blogger Dunia : Mari Berandai

bbbwww

The Big Blog Exchange

Pengumpulan suara dalam rangka Pertukaran Blogger Dunia/The Big Blog Exchange berakhir hari ini, 16 April 2013 (harusnya 15 April 2013 namun diperpanjang satu hari karena mendadak situs BBE terkena serangan hacker yang mengakibatkan banyak blog yang mendadak lenyap –termasuk blogku). Ada banyak cerita yang terurai dari kompetisi ini. Yang pasti, melalui kompetisi ini aku makin banyak mengenal blogger hebat lain di luar sana.

Satu bulan lebih, bekerja keras mengumpulkan dukungan, aku berharap perjuangan itu bisa berakhir manis 🙂 Terima kasih atas semua dukungan yang telah diberikan, ya! Dukungan itu makin diperkuat dengan adanya doa-doa dan harapan-harapan yang disampaikan kepadaku. Komentar-komentar seperti, “semoga berhasil!” atau, “sukses ya!” walaupun sederhana, tapi sangat terasa berarti.

Nah, sekarang… jika boleh berandai. Negara mana yang ingin aku datangi? Memang terlalu dini untuk bicara hal ini. Apalagi peserta yang ikutan jumlahnya lebih dari 1000 orang. Terkadang ada rasa tak percaya diri. Aku tak suka menyebut hal itu dengan kata ‘pesimis’ tapi lebih tepatnya aku ‘mengukur diri’. Untuk blogger dari Indonesia saja, banyak sekali yang sudah memiliki pengalaman mumpuni. Sudah berkelana kemana-mana, ikutan banyak organisasi atau juga sudah banyak mendapatkan penghargaan. Jika dibandingkan dengan mereka, berjalan beriringan dengan mereka pun rasanya aku belum pantas. 🙂 Tapi, sekali lagi, ini mengenai rezeki. Tidak ada yang tidak mungkin jika Tuhan sudah berkehendak, bukan?

Mengenai negara tujuan… Sebentar, aku akan bercerita dulu mengenai paspor yang aku punya. Hmm begini, dulu, aku mendadak ngebet bikin paspor karena terinspirasinya oleh tulisan ini. Tanpa tahu kapan paspor itu akan digunakan, aku tetap saja meyakini diri bahwa aku harus memiliki paspor. Benar-benar modal nekat dan rasa percaya bahwa suatu hari paspor itu akan digunakan. Ternyata benar saja apa yang dikatakan Paulo Coelho atau Prof. Yohannes Surya bahwa, “alam semesta akan mendukung setiap mimpi.” Jika bukan karena rezeki dari Tuhan, bisa jadi paspor yang sudah dibikin 1,5 tahun lalu itu belum terpakai juga.

Setelah punya paspor, lalu mau dipakai untuk pergi ke negara mana?” itu yang biasa teman dan keluarga tanyakan kepadaku. Apa jawabku? “Ke negara mana saja boleh. Bahkan ke Irak, Afghanistan atau Zimbabwe pun aku mau,” jawabku setengah bercanda. Tapi sesungguhnya, aku mau saja jika diajak ke negara-negara tersebut. Bagiku, pengalaman pertama berpergian ke luar Indonesia bisa dilakukan di negara manapun. Tidak harus ke negara-negara maju yang menawarkan kenyamanan. Ketika bisa bertemu warga lokal, melihat bagaimana mereka menjalani aktifivas sehari-hari dan bisa melihat objek wisata setempat apapun dan bagaimanapun keadaannya. Itu sudah sangat berharga!

victoria-falls-zimbabwe

Dimana ini? Asia? Eropa? Eh jangan salah. Air terjun Victoria yang cantik luar biasa ini ada di Zimbabwe, Afrika!

Semenjak mendapatkan berbagai informasi dari berbagai Kedutaan Besar, keinginan untuk mengunjungi negara ini-itu makin mencuat. Mungkin terkesan maruk karena rata-rata semua ingin aku kunjungi. Bahkan jika ditanya sekarang, negara mana yang nggak ingin didatangi? Mungkin aku tidak bisa menjawab pertanyaan itu. Haha.

5 besar amerika

5 Besar Blogger dari Regional Amerika

Kompetisi Pertukaran Blogger Dunia/The Big Blog Exchange ini pun diatur sedemikian rupa untuk memberikan efek kejutan-kejutan bagi pesertanya. Termasuk negara tujuan yang akan ditempati selama proses pengenalan budaya. Daftar negara tersebut sangat tergantung dengan ke-16 blogger yang nantinya akan terpilih. Beberapa negara cukup mendominasi regionalnya masing-masing. Di regional Amerika misalnya, negara Brazil mendominasi 25 besar regional Amerika. Disusul di tempat ke-2 dan ke-3 yakni Amerika Serikat dan Kanada.

5 Besar Eropa

5 Besar Blogger dari Regional Eropa

Di regional Eropa, negara-negara yang bersaing sangat beragam. Namun yang menduduki posisi puncak sekaligus menjadi negara dengan wakil 25 besar terbanyak ditempati oleh Hungaria disusul Perancis dan Spanyol di tempat ke-2 dan ke-3. Negara-negara besar seperti Inggris dan Rusia ternyata malah tidak terlalu mencolok keberadaannya.

5 besar afrikaa

5 Besar Blogger dari Regional Eropa & Timur Tengah

Negara Afrika Selatan sangat mendominasi lebih dari 80% di regional Afrika & Timur Tengah. Luar biasa, ternyata cukup banyak blogger aktif yang berasal dari Afrika Selatan. Namun, posisi puncak regional Afrika & Timur Tengah malah ditempati blogger asal Maroko. Sesungguhnya suara yang dikumpulkan oleh masing-masing blogger dari regional Afrika & Timur Tengah ini tidak terlalu banyak. Dengan mengumpulkan 38 suara pun sudah bisa berada di posisi 25 teratas.

5 besar asia

5 Besar Blogger dari Regional Asia Pasifik

Regional mana yang berisi persaingan paling sengit? Yup, benar sekali. Asia Pasifik! Ada perasaan salut dan bangga karena ternyata di regional ini Indonesia sangat mendominasi. Ada belasan blogger Indonesia yang berhasil menempati posisi 25 besar regional ini. Bahkan, untuk pertarungan secara umum, peraih suara terbanyak di kompetisi ini berasal dari Asia. Tepatnya dari India. Hebat sekali, dukungan yang ia dapatkan bahkan mencapai 2000 lebih suara!

Sayangnya, di regional Afrika dan Asia, walaupun Afrika Selatan dan Indonesia mendominasi posisi 25 besar di tiap regional, posisi tertinggi di regional ini ditempati oleh negara yang bahkan hanya memiliki satu wakil yang berada di 25 besar, yakni Maroko dan India. Bisa jadi hal ini dikarenakan blogger-blogger lain dari negara tersebut berusaha untuk mendukung blogger dengan posisi teratas dari negara mereka sehingga perolehan suara mereka bisa mendominasi. Kompak, bukan?

posisi omnduut

Posisiku 13 besar regional Asia, dan 31 besar dunia. 13-31, angka yang keren, ya? walaupun katanya 13 adalah angka sial, tapi bisa jadi kali ini akan jadi angka keberuntungan 😉

Nah, dari pemaparan ini, sepertinya negara-negara yang akan dijadikan tujuan sudah mulai terlihat. Aku sendiri, JIKA terpilih bersedia ditempatkan di negara mana saja. Namun, satu harapanku, yakni negara tersebut mempunyai perwakilan duta besar di Indonesia. Akan menjadi lebih sulit untuk mengurus visa jika negara tersebut tidak memiliki kantor perwakilan duta besar. Misalnya saja Israel. Terlepas dari kontroversi negara ini, dari berapa kali tayangan di The Amazing Race, Israel adalah tempat yang sangat memungkinkan untuk dikunjungi. (Aku menuliskan hal ini karena segala kemungkinan bisa terjadi.)

Baik itu negara maju atau pun negara berkembang sama saja. Jika aku berkesempatan ditempatkan di negara berkembang, untuk beradaptasi bisa jadi terasa lebih mudah karena Indonesia pun seyogyanya masih terus mengembangkan berbagai macam aspek kehidupan (sosial, ekonomi, budaya dan sebagainya). Jika ditempatkan di negara maju, tentu saja pengetahuan akan segala sesuatu yang lebih baik dapat aku saksikan secara langsung. Selain itu, aku juga bisa membandingkan, diantara kemajuan yang mereka capai, aspek mana saya yang menjadikan Indonesia lebih unggul dari negara maju tersebut.

Sekali lagi, aku siap ditempatkan di negara mana saja. Walaupun jujur, tentu dari banyaknya negara yang ada, tentu ada beberapa negara yang sangat ingin aku kunjungi. Seperti Jepang, India, Republik Ceko ataupun Arab Saudi. Untuk Jepang, aku kenal dari keberadaan komik-komik Jepang yang menemani masa kecilku. Begitupun India. Film-film Bollywood sempat mendominasi tontonan masa kecilku dulu. Sedangkan Arab Saudi? Ah, muslim mana yang tak ingin menginjakkan kaki ke tanah suci, kan? Sedangkan Republik Ceko… maaf, lagi-lagi tayangan di The Amazing Race itulah yang membuat aku cinta mati dan sangat berharap bisa berkunjung ke negara ini.

Czech

Republik Ceko. Lihat saja, saking inginnya bisa mendatangi tempat Republik Ceko, gambar ini aku gunakan untuk tampilan blogku.

Mari berandai… mari merajut mimpi. Menggoreskan mimpi dalam dalam bentuk tulisan dan mengendapkannya terus menerus di dalam hati tentu adalah salah satu cara untuk meraih apa yang sudah diharapkan sejak lama. Walaupun sekali lagi aku katakan bahwa sesungguhnya niatku menuliskan hal ini bukanlah sebagai gambaran rasa percaya diri yang berlebihan karena aku dapat ‘mengukur diri sendiri’. Aku mendukung semua teman-teman dari Indonesia yang berjuang di kompetisi ini walaupun ada beberapa orang yang jika pun aku belum beruntung pada kompetisi ini di tahun 2013, aku harap dia yang terpilih dan mewakili Indonesia 🙂

Terakhir…
Sekali lagi, terima kasih atas semua dukungan dan doanya 😉

Iklan

46 thoughts on “[BBE] Pertukaran Blogger Dunia : Mari Berandai

    • Makasih ya adik *Alid, sok muda banget sih? hehe*
      Jika bicara temen, harusnya dukungan untukku bisa ngalahin India tuh, tapi yaaa… nggak bisa memaksa, kan? 🙂

    • Wah padahal aku udah sering banget koar-koar mas 🙂 Ayo daftar sekarang mas Bimo. Ada 2 orang yang akan dipilih walau tanpa satu dukungan suara satupun. 2 orang ini akan dinilai langsung sama juri.

  1. Aish sampe berada di posisi 31 world wide! Kerennya!!!
    Semoga terpilih Yan! Make ur dream come true…
    Bisa jadi sumber inspirasi org banyak kalo itu terwujud.
    *gw kok feeling lo lolos ya :D* (di aminkan saja ya)
    Aamiin

    • Aduh jadi merinding baca komennya Ancha. Makasih ya Ncha. Ya, jika terpilih mudah-mudahan bisa menginspirasi orang lain. Minimal banget keluarga 🙂

      Makasih ya Ncha. Amin ya Rabb…

  2. kereen, aku liat selama ini kamu dimudahkan Yan untuk menemukan jalan mewujudkan impian2mu ke luar negeri, manfaatkan dengan sebaik2nya.
    kalau boleh membandingkan juga, aku juga merasa belakangan ini Allah telah menunjukkan n memberi kemudahan bagiku untuk mewujudkan impian2ku di dunia literasi. apa yang dulu aku impikan atau ‘irikan’ (istlah apa ini) pelan-pelan mulai mewujud.
    kalo dah sukses, keep humble ya Yan. dan kalau mau nulis buku travelling jangan sungkan hubungi Mozaik he3 *modusnya teteup*

    • InsyaAllah Wan. Allah Swt kasih jalan masing-masing untuk kita raih apa yang diingin 🙂
      Makasih banyak ya Wan doa-doanya. Keep humbe InsyaAllah 🙂 Gak ada yang bisa disombongin juga sih hihihihi.

      Semoga juga Mozaik makin jaya ya! makin sukses, berkembang dan maju. Aku tinggal menunggu beberapa saat lagi untuk Mozaik makin dikenal seantero Indonesia 😉

      • lolos auidisi trip ke thailand, blog masuk 31 besar dunia itu hebattt lo Yan, aku aja ga bisa n mupeng.

        Aamiin, semoga dikabulkan Allah doamu buat Mozaik. meski kadang ada rasa ‘ngeri’ melihat doa n ekspektasi orang ama Mozaik, bisa ga ya mewujudkannya.

  3. Aku baru baca tulisan ini …
    Wah Yan, mengikuti “perjuangan”mu selama mengikuti ajang ini adalah hal yang menyenangkan sekaligus menginspirasi.
    Apa yang didapat tidak hanya tentang angka vote, tetapi juga silaturahim yang semakin erat dengan orang2 di sekitar.
    Semoga rencana ke Ceko bisa segera terwujud yaaaa 😀 *mau nitip salam buat Wicak*

    • Iya, apalagi kalo di twitter lebih seru hahaha 🙂

      Amin. Kalo mau ketemu Wicak Wicak di dinding artinya harus ke Belanda nih hihihi. Amiiiinnn…

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s