Serba

Hari Gini, Kuliah Mah Online, Aja!

“Bu, kuliah penggantinya jadi hari apa?” tanyaku.

“Hari Jumat jam 3 aja, Bu!” saran teman-teman yang lain.

“Wah jangan Jumat ya, ibu ada kuliah?”

Dialog ini terjadi beberapa bulan tahun lalu saat aku masih duduk di bangku kuliah. Gak mau kalah dong aku sama Doel. Emang Doel aja yang bisa jadi anak sekolahan-rajin sembahyang dan mengaji? –busungdada. Hwhwhw. Nah ceritanya, di zaman itu (duh maaf, masih nggak tega nyebut tahun kuliah) dosen-dosen aja sudah diharuskan untuk meraih gelar master kalau mau tetap mengajar di kampus.

Jadilah, dosen-dosen itu mengajar sambil kuliah. Ya wajar sih, rasanya agak gimanaaa gitu jika dosen lulusan S1 mengajar mahasiswa S1 juga. Walaupun jam terbang tentu nggak bisa dibohongin. Problemnya adalah, gimana caranya para dosen ini tetap mengajar (dapur harus ngebul cuy!) sekaligus menjadi mahasiswa pasca sarjana untuk meraih gelar master. Atau bagaimana solusinya bagi calon mahasiswa S1 yang sudah harus bekerja atau sibuk dengan kegiatan lain tapi mau meraih titel sarjana?

Solusinya ada di kuliah online!

Kata siapa kuliah harus selalu datang ke kampus? Di era digital seperti sekarang ini, kita dapat kuliah online. Kuliah online itu memangnya seperti apa sih? Kuliah Online itu sama saja seperti kuliah pada umumnya, kita tetap belajar, mendapatkan materi dan berdiskusi. Bedanya, kita melakukan semuanya melalui internet.

Maklum sob, zaman makin canggih. Bayi aja mainannya gadget sekarang trus kebencian dan menebar hoax sudah jadi tren bisnis terbaru. Masa iya bidang pendidikan tidak ada terobosannya, kan?

untitled

Nih kece ya kuliah sambil nyantai eh nyantai sambil kuliah. Source : http://bulc.binus.ac.id/

Ibaratnya lagi nih ya, jangan mau kalah sama Dijah Yellow yang femes di jagat dunia maya. Kita juga bisa dapetin ilmu bahkan gelar sarjana melalui internet! Ajib nggak tuh!

Tidak bisa dipungkiri kan kalau kita sering kali memiliki keterbatasan waktu untuk kuliah karena kesibukan sehari-hari. Apalagi yang kayak aku gini. Harus kerja, jalan-jalan, belanja, makan dan pemotretan –dikeroyokmassa, kita bisa saja mengikuti kuliah kelas karyawan atau pun kuliah malam hari.

Namun kita harus tetap datang ke kampus dan mengikuti pembelajaran di kampus setiap saat. Salah satu cara agar kita dapat kuliah dan tidak perlu datang ke kampus setiap saat yaitu dengan kuliah online.

Untuk kuliah online pun kita perlu memilih Universitas penyelenggara yang dapat di percaya dan berkualitas tentunya. Kualitas ini mencangkup kegiatan belajar serta interaksi mahasiswa tersebut.

Dewasa ini, memang belum banyak Universitas yang dapat menyelenggarakan sistem kuliah online yang terpercaya dan berkualitas. Untuk itu, Binus Online Learning  hadir memberikan kemudahan pendidikan untuk anda. Sistem Binus Online Learning ini juga sangat Fleksibel, Dalam kegiatan belajar, mahasiswa dapat melakukan interaksi dengan dosen tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Kehadiran dalam tatap muka di ruang kelas tetap akan dilakukan, tetapi terbatas pada kegiatan yang bersifat pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah,dan pada saat mengikuti ujian.

Interaksi dengan dosen dan praktisi sangat di utamakan untuk mendapatkan dan meningkatkan kemampuan dan wawasan mahasiswa dalam kegiatan praktis dan pengambilan keputusan yang nyata. Metode ini sangat cocok untuk pekerja professional dan entrepreneur bahkan ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan studi S1 tanpa terkendala dengan waktu dan tempat. Nggak ada ceritanya lagi deh alasan nggak ada waktu buat kuliah, iya, kan?

Untuk kegiatan belajar mahasiswa, Binus Online Learning sudah mempersiapkan dan memperhitungkan agar mahasiswa mendapatkan hasil yang berkualitas.  Mahasiswa dapat fokus belajar dengan jumlah mata kuliah yang terbatas di tiap periode/semester, sehingga hasil yang didapatkan lebih maksimal. Mahasiswa Binus Online Learning juga akan mendapatkan Pembelajaran Global, dimana mahasiswa Binus Online learning tidak saja akan diajar oleh dosen dari kota lain seperti Jakarta, tapi juga dengan dosen-dosen yang ada di luar negeri.

Huaaa gimana nggak kece tuh! kalau biasanya dosen kamu tipikal om-om atau tante-tante gitu hwhwhw, siapa tahu dapet dosen luar yang mukanya kayak mbak Julia Robert kan? atau om George Clooney? hahaha.

Binus Online Learning menggunakan LMS (learning management system) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interakasi antara mahasiswa dengan mahasiswa (stt, jangan khawatir gak dapet gebetan haha), mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis. Dengan demikian mahasiswa online learning dipastikan mempunyai kualitas yang sama dengan mahasiswa yang melakukan sistem perkuliahan pada umumnya.

Untuk metode perkuliahan, setiap mata kuliah akan diterima dalam beberapa bentuk seperti, diskusi di forum, tugas individu / kelompok, video confrence, video pembelajaran. Semua ini dilakukan secara online. Namun untuk awal masuk perkuliahan, dan ujian setiap mahasiswa harus datang ke BULC atau kampus BINUS.

CIMG5280

Saat masih kuliah. Aku yang ada di sisi kanan, lumayan tangannya keliatan, biar gak disangka hoax 😀

Binus University Learning Community atau yang dikenal sebagai BULC sudah hadir di beberapa kota, diantaranya Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi. Dengan adanya BULC ini jika mahasiswa Binus Online Learning sedangada tugas keluar kota dan bertepatan dengan waktu ujian ataupun perkuliahan Face to Face, maka dapat datang ke BULC terdekat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Dengan progam EES (Employabiity & Entrepreneurial Skill) yang dimasukkan kedalam mata kuliah, Binus Online Learning tidak saja menyiapkan lulusannya untuk siap bekerja, tetapi juga menciptakan lapangan pekerjaan. Saat ini Binus Online Learning juga telah menghasilkan lebih dari 300 lulusan terbaik yang tersebar di berbagai instansi dan perusahaan baik nasional maupun multinasional.

Tentunya Dengan metode pembelajaran secara Online, Anda dapat #MajuTanpaBatas karena dapat kuliah kapan saja, dimana saja. Tidak ada lagi batasan untuk Anda Kuliah, sekarang Anda dapat melakukannya sambil bekerja, mengejar passion, mengurus bisnis, bahkan travelling ke luar negeri.

Sudah siap untuk #MajuTanpaBatas?

  • BULC PALEMBANG
    Rukan Taman Harapan Indah Jl. Letda Abdul Rozak No. B3 & B5 Palembang
    +62 0711 – 5626222
Iklan

50 thoughts on “Hari Gini, Kuliah Mah Online, Aja!

    • Betul, ada plus dan minusnya ya. Minusnya gak bisa nilep duit jajan #eh hahahahahaha. “Yah bagi duit kuliah.” | “Buat apa? lha ongkos kagak, makan kagak” hahahahaha

  1. Aku baru aja subscribe kuliah online gratis dari Harvard untuk belajar Islam 😀 lumayan walaupun gak bisa masuk Harvard at least bisa dapat ilmu dari dosen sana hehe

  2. Dulu sebelum kuliah, sempat ikutan Coursera, lumayan lho banyak yang bisa dipake buat bekal kuliah sekarang… Klo personally, gue lebih suka belajar konvensional, yang datang di kelas, dengerin dosen dll… Lebih hidup dan bisa berinteraksi dengan orang real life, dimana dapat meminimalisir misunderstanding…

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s