Tontonan

berjuang melawan perompak – CAPTAIN PHILLIPS –

captain-phillips-poster-405x600

Captain Phillips. Poster diambil dari situs Collider,

::: Captain Philips :::
| 2013 | Michael De Luca Productions | Directed by : Paul Greengrass |
| Starring : Tom Hanks, Barkhad Hadi, Barkhad Abdirahman, Faysal Ahmed |
| MPAA Rating : PG-13 | Running Time : 134 minutes | Genre : Action |
| Rating ala Omnduut : 8.8/10 | Rating IMDB : 8.1/10 | Rating Rotten Tomatoes : 94-93 % |

Richard Philips (Hank) adalah kapten kapal Maersk Alabama, kapal kargo Amerika yang pada hari itu ditugaskan untuk mengirimkan air dan makanan untuk daerah-daerah bantuan di benua Afrika. Kapal diberangkatkan dari Oman. Awalnya perjalanan lancar. Sebagai kapten, Philips diperlihatkan cukup aware dengan mekanisme keselamatan dan juga prosedur keamanan jika terjadi pembajakan. Hal ini menjadi perhatian utamanya, mengingat banyak kejadian pembajakan di semenanjung Somalia beberapa waktu belakangan.

Benar saja, di tengah perjalanan, kapalnya diikuti oleh kawanan perompak yang datang secara berkelompok. Situasi menjadi menegangkan. Berbagai upaya dilakukan untung menghalau kedatangan perompak tersebut. Dari menambah kecepatan kapal, merubah arah laju kapal untuk menciptakan arus gelombang besar (sehingga bisa menghalau perompak) hingga membuat laporan palsu ke US Navy dan seolah-olah angkatan laut US segera bersiap menghadang perompak tersebut.

Berhasil! Kelompok perompak menjadi terpecah. Ada yang langsung memutar haluan, namun sebagian lagi tetap mengejar Maersk Alabama dikarenakan miskomunikasi antara para perompak itu sendiri. Untunglah, di tengah kejar mengejar itu, mesin perahu perompak mati sehingga untuk sementara Maersk Alabama bisa selamat dari perompak Somalia itu.

Film Review Captain Phillips

Muse (kedua dari kiri) bersama komplotannya. Foto diambil dari situs Twincities.

Sebagian awak kapal mengkhawatirkan jika perompak yang sama akan datang kembali. Benar saja, 4 perompak yang menggunakan perahu kecil terlihat bernyali besar mendatangi Maersk Alabama. Kawanan perompak ini dipimpin oleh Muse (Barkhad Hadi). Sayang, Maersk Alabama tidak dilengkapi persenjataan. Pompa air yang digunakan untung menghalang perompak tidak membantu banyak. Akhirnya ke-4 pembajak laut itu mampu naik ke Maersk Alabama dan menyandera Kapten Phillips. Di waktu yang bersamaan, kapten Philips –sesuai prosedur keselamatan, memerintahkan awak kapal untuk bersembunyi. Jadilah, adegan menegangkan terus menerus diperlihatkan dimana Muse menyandera Kapten Philips sambil berusaha menelusuri kapal untuk menemukan awak. Bagaimana nasip kapten Phillips?

Captain Phillips adalah film terbaru besutan Paul Greengrass. Sutradara yang terkenal luas di dunia berkat besutan Jason Bourne seriesnya. Untuk endingnya sendiri, sebetulnya mudah saja ditebak. Mengingat Captain Phillips ini diangkat dari kisah nyata pembajakan pesawat kargo Amerika pertama (sejak 200 tahun lalu) yang terjadi pada tahun 2009 lalu. Aku sendiri, walaupun sudah mengetahui bahwa Kapten Phillips selamat namun tetap memutuskan menonton film ini karena kredit para reviewers yang positif.

930353-captain-phillips

Kapten Phillips disandera. Foto diambil dari situs mydailynews

Benar saja, sesuai gaya pengarahan Paul Grengrass, film ini menegangkan dari awal hingga akhir. Walaupun ya, kadar ketegangannya nggak yang terlalu istimewa karena disesuaikan dengan keadaan sebenarnya. Paul bisa saja menambahkan unsur-unsur lain agar film ini menjadi lebih menegangkan (selaiknya Jason Bourne) namun itu tidak bisa dilakukan karena ini kisah yang diangkat dari kejadian nyata.

Tom Hanks bermain bagus di film ini. Terlebih lagi keempat perompak yang diperankan langsung oleh orang Somalia (namun tinggal di US hehe). Apalagi Barkhad Hadi. Para reviewer hampir semua sepakat berkata bahwa akting Barkhad sangat bagus. Dan aku pun setuju! Sebagai aktor debutan, aktingnya sangat meyakinkan.

film-captain-phillips

“Kapten Phillips” dan Kapten Phillips. Foto diambil dari situs nydailynews

Captain Phillips film yang keren! Aku jadi tahu bagaimana tindakan pengamanan jika terjadi pembajakan seperti itu. Juga, disaat yang bersamaan, aku juga bisa melihat bagaimana kerja angkatan laut AS dalam menangani kejadian semacam ini. Sayangnya, film ini juga menuai kontroversi. Seperti yang dilansir wikipedia bahwa di kejadian nyata, awak kapal menganggap pembajakan itu bisa terjadi karena Kapten Phillips tidak mengindahkan peringatan adanya bahaya perompak. Wah, jadi sangat berbanding terbalik ya antara di film dan kejadian nyata. Karena, di film Kapten Phillips digambarkan sebagai kapten yang sangat berdedikasi.

Namun, terlepas dari kontroversi itu, Captain Phillips adalah film yang ‘berisi’. Aku tidak merasa rugi mengeluarkan sejumlah uang untuk menonton film ini. Setidaknya, rasa kangen dengan film-film besutan Paul Greengrass sedikit terobati. Good Job om Paul!

Iklan

25 thoughts on “berjuang melawan perompak – CAPTAIN PHILLIPS –

  1. Kalo aku lebih milih film ini ketimbang gravity om. Ada satu film lagi yang mau kutonton; Prisoners Plan *bener gak yah?, hahaha, katanya film itu juga bagus, kan jadi penasaran. Jarang-jarang nih aku buang-buang duit buat nonton di bioskop 😀

    • Sama aja, 22nya suka 🙂 *artian gak merasa rugi beli tiket haha*
      Memang lebih menikmati nonton film ini, tapi pas nonton Gravity ada perasaan yang gimanaaaaaaa gitu 🙂

      Nah, Prisoners dan Escape Plan. 22nya aku juga pingin nonton >.<

Yakin gak mau komen? aku (hampir) selalu BW & komen balik, loh! :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s